Friday, July 15, 2016

Jaga Anak Perempuan Dengan ILMU.



Anak2 Indonesia tidak aman. Di semua kota. Di semua propinsi. Kalau mau menjaga anak SEBELUM menjadi korban, maka orang tua harus aktif mendidik anak dulu.

1) Ajarkan anak utk tidak pergi bertemu kenalan baru (dari Facebook, dll). Banyak perempuan hilang karena ketemu kenalan baru  dari Facebook, lalu diperkosa. Walaupun pria itu tetangga, teman sekolah dsb. tetap tidak aman.

2) Menjadi SAHABAT bagi anak2 anda. Anak yang merasa bersahabat dgn orang tua akan jujur dan ceritakan kehidupan mereka. Ajarkan anak untuk jujur dan terbuka dengan orang tua. Kl jurus orang tua hanya punya sikap marah dan cerewet, dan larang anak main Facebook, larang punya pacar, maka lebih mungkin terjadi anak berbohong dan dia tetap pacaran. Tapi kalau orang tua bersahabat dgn anak, dan sering diskusi tanpa kemarahan atau emosi tinggi, maka anak akan merasa nyaman utk ceritakan kondisi hidupnya.

3) Kalau anak perempuan mau punya pacar, harus jelaskan ke orang tua, diskusi dulu, dan kenalkan pria itu (kl disetujui). Di sini sikap orang tua sebagai sahabat sangat penting. Lebih baik orang tua tidak melarang, tapi menasehati dan mengarahkan. Diskusikan dgn sikap tenang, jujur dan bijaksana. Jelaskan bahayanya pergi sama laki2 dan calon pacar harus dibawa ke rumah dulu. Harus ada nomor telfon pria itu dan orang tuanya, dan alamatnya. Larangan (berserta emosi) lebih mungkin menimbulkan kebohongan daripada ketaatan. Jadi jangan berikan izin terbuka utk pacaran, tapi jangan melarang dgn keras tanpa kompromi.

4) Ajarkan semua anak perempuan utk bela diri. Bisa ikut kelas silat, karate, dll. Juga bisa latihan di rumah saja dgn bapak atau saudara laki2. Ajarkan anak utk pukul dan tendang, dan seandainya diculik, wajib melawan sekuat mungkin tanpa menyerah. Serang laki2 di mata, tenggorokan dan kemaluan. Pukul sekuat mungkin berkali2 lalu kabur dan teriak. Banyak kasus pemerkosaan terhadap anak terjadi karena anak "pasrah" dan "tidak bisa melawan" padahal hanya dipegang saja.

Jaga anak perempuan dengan ILMU. Ilmu untuk hati-hati terhadap pria yang baru dikenal. Ilmu utk bicara secara terbuka dgn orang tua yg bersahabat. Ilmu untuk minta izin pacaran dan kenalkan pria itu. Ilmu bela diri kl suatu hari diserang. Ajarkan semua ilmu itu kepada anak anda, perempuan dan laki-laki juga, agar mereka tidak masuk berita sebagai korban baru. Semoga bermanfaat.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment