Thursday, October 19, 2006

Renungan Ampunan Allah swt.

· Kita mengharapkan ampunan dari Allah karena kita berpuasa selama 1 bulan

· Kita selalu harapkan “hak” kita sebagai hamba yaitu ampunan atas dosa kita

· Bagaimana dengan “hak Allah” – kita seharusnya beribadah dengan baik, tinggalkan maksiat, syirik, pembunuhan, korupsi, pencurian, pembohongan, dsb.

· Apakah kita pantas diampuni? Aceh: tsunami, Yogya: gempa, Pangandaran: Tsunami, Sidoarjo: Lumpur. Apa lagi yang belum muncul??

· Ujian Allah pasti berat. Apakah usaha kita untuk menjadi hamba yang beriman sudah cukup supaya kita “berhak” mendapatkan ampunan Allah?

· Ampunan Allah swt. lebih besar daripada murka-Nya, tetapi apakah kita mensyukuri kenyataan itu dengan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi ummat teledan di dunia ini?

DO'A MALAIKAT JIBRIL MENJELANG RAMADHAN "

"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

* Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);

* Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri;

* Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Maka Rasulullah pun mengatakan Amiin sebanyak 3 kali.

PUASA DI RAMADHAN HAPUS DOSA

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan maka diampuni dosa-dosa yang terdahulu”.

(Sahih Bukhari)

TIDAK ADA DOSA BILA TIDAK SENGAJA

Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf [tidak sengaja] padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.

(Suran Al-Ahzab, QS. 33:5).

MANUSIA YANG BERIMAN PASTI AKAN DIUJI

[29.2] Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?

[29.3] Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

(Surah Al Ankabuut QS. 29: 2-3)

DIBUKA PINTU SORGA, SETAN DIBELENGGU

Hadis riwayat Abu Hurairah Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu – (Sahih Muslim No. 1793)

PINTU SORGA KHUSUS ORANG YANG PUASA

Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat pintu yang bernama Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu pada hari kiamat. Tidak ada orang selain mereka yang masuk bersama mereka. Ditanyakan: Di mana orang-orang yang puasa? Kemudian mereka masuk lewat pintu tersebut dan ketika orang yang terakhir dari mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup kembali dan tidak ada orang yang akan masuk lewat pintu itu.

(Sahih Muslim No. 1947)

KASIH SAYANG ALLAH LEBIH BESAR DARI MURKA-NYA

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Nabi saw. bersabda: Tatkala Allah menciptakan makhluk, Allah telah menuliskan dalam kitab catatan-Nya yang berada di sisi-Nya di atas arsy bahwa sesungguhnya kasih sayang-Ku mengalahkan murka-Ku

(Sahih Muslim No. 4939)

No comments:

Post a Comment