Friday, May 07, 2010

Kantin Kejujuran Bangkrut - Tanda Korupsi Dini

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Ini masalah pendidikan. Sekolah buru2 membuka kantin kejujuran, tetapi mereka belum melatih anak2 sekolahnya untuk menjadi orang jujur. Mereka harus diajar dulu untuk menjadi orang jujur, dan kalau sudah, dan guru merasa yakin bahwa anaknya bisa jujur, baru dibuka kantinnya. Kalau asal buka kantin dulu, anak2 tidak belajar untuk menjadi jujur hanya karena disuruh begitu saja. Harus ada program pendidikan yang komprehensif.
Mungkin dibutuhkan program khusus yang bisa dibagikan ke sekolah2, yang bisa digunakan oleh guru untuk membina anak menjadi orang jujur.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene


Kantin Kejujuran Bangkrut - Tanda Korupsi Dini
NASIONAL - PENDIDIKAN
Selasa, 04 Mei 2010 , 01:24:00
JAKARTA - Pemberantasan korupsi tidak saja dilakukan pada politikus kelas kakap. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga konsentrasi dalam menilik korupsi yang dilakukan pelajar di sekolah. Salah satu yang disoroti oleh KPK adalah kantin kejujuran yang berdiri di beberapa sekolah dan instansi pemerintah. Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, Dedie A. Rachim mengatakan, dari puluhan kantin kejujuran yang berdiri di sekolah tingkat SD hingga SMA. Baru beberapa saja yang bisa dikategorikan berhasil. "Tidak berarti semuanya bangkrut," kata Dedie.

Dia menjelaskan, yang menjadi penyebab bangkrutnya kantin itu antaralain moralitas siswa. Dia mengukur keberhasilan dari kantin tersebut dengan besarnya jumlah siswa yang tidak jujur. "Kalau jujur, semua bayar sesuai harga barang, tentu pengelola kantin tidak sampai bangkrut," ujarnya. Kata Dedie, pihaknya meminta agar pembelajaran tentang moralitas tidak hanya diajarkan secara teori pada siswa. Tapi juga dalam aplikasinya dalam kehidupan mereka sehari-hari. "Percuma belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) jika tetap tidak mau bayar di kantin kejujuran," tandasnya.
Baca selengkapnya di: Jpnn.com

Lihat juga:

Kantin Kejujuran Tulungagung Bangkrut
Senin, 29 Desember 2008 - 16:43 wib
TULUNGAGUNG - Kantin kejujuran SMUN 01 Boyolangu Kabupaten Tulungagung yang di-launching 20 hari lalu bangkrut. Dalam evaluasi, modal awal sebesar Rp1.500.000, hanya kembali sebesar Rp90.000.
Sumber: okezone.com

2 comments:

  1. Yakin nggak kalo kita nggak akan korupsi??? belum ada kesempatan aja kaleeeee

    ReplyDelete
  2. Di kampus saya dulu juga ada kantin seperti itu, tapi yang punya salah seorang OB di kampus (kantinnya numpang di pojok perpustakaan). Setahu saya, sampai saya lulus kantin itu masih ada dan enggak bangkrut.
    Saya enggak tahu apakah itu karena teman2 saya dulu jujur semua ataukah mereka pada enggak tega berbuat curang sama OB yang punya kantin, he..he...

    ReplyDelete