Tuesday, April 10, 2012

HOAX: Survei dari Pemerintah New Zealand Yang Mau Melarang Hijab


Assalamu’alaikum wr.wb.,
Ada berita rekayasa dari 2010 yang mengatakan bahwa Pemerintah Selandia Baru (New Zealand) sedang melakukan survei dalam rangka membuat larangan terhadap hijab, dan kita diminta menyumbang pendapat untuk membantu saudara Muslim di sana.
Memang ada poll yang sepertinya dibuat oleh situs berita Yahoo NZ. Jadi ini bukan dari pemerintah dan tidak ada kaitan dengan pemerintah. Ini hanya situs berita saja yang minta pendapat pembaca, sama seperti poll di Kompas atau Detik.com.

Tidak ada hubungan dengan kebijakan pemerintah, dan pemerintah Selandia Baru sering dapat nilai tinggi sekali sebagai negara yang bertoleransi terhadap agama2 lain, dan warga negara asing. Jadi tidak ada rencana melarang hijab, jilbab, cadar, atau apa saja yang berkaitan dengan agama Islam di sana.
Survei mungkin dibuat setelah ada berita berkaitan dengan hijab atau cadar jadi pembaca ditanya apa mereka akan mendukung aturan yang melarang cadar. Jawaban dari 2010 sampai 2012 hanya 30 ribu orang saja. Jadi saya kira poll ini hanya berlaku untuk seminggu, dan setelah itu ditutup. Jadi kalau klik pada No sekarang, maka tidak ada yang berubah, karena poll sudah tidak aktif dan tidak relevan. (Di dalam poll hijab juga tidak dibahas, tetapi malah membahas “veil” atau cadar yang menutup muka, bukan hijab atau jilbab).

Jadi ini bukan seubah perkara di Selandia Baru, dan tidak ada hubungan dengan kebijakan pemerintah. Hanya ada survei berita, yang tidak punya nilai penting sama sekali terhadap apapun. Yang diminta pendapat adalah warga NZ tentang urusan dalam negeri, bukan pendapat dari 1 milyar orang Islam di dunia.

Jadi kalau mau buang waktu anda untuk mengikuti survei yang sudah tidak relevan dan tidak aktif dari 2010, silahkan saja (umur berita seperti itu biasanya hanya 1 minggu). Tetapi tolong jangan disebarkan kepada orang lain, karena berita palsu ini memberi kesan kepada ummat Islam bahwa ada gerakan anti-Islam dari pemerintah Selandia Baru, dan itu sama sekali tidak benar. Alias, dengan menyebarkan poll ini, kita sedang menyebarkan fitnah terhadap pemerintah asing, dan tidak ada untung bagi saudara Muslim sama sekali.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto
April 2012

[Berita yang disebarkan]:

Would you vote for a ban on face-covering Muslim veils in NZ?
31,438 votes since Jul 17 2010

TOLONG BANTU..
Negara New Zealand menjalankan satu survey online (undian) di laman YAHOO untuk mendapatkan pendapat kita tentang pengharaman pemakaian HIJAB di negara mereka.
Mari kita semua MEMBANTU saudara seIslam kita di New Zealand dengan vote pilih "NO" dan klik submit.
Tolong jangan sia siakan pesanan ini. - tidak memberatkan pun kalau kita vote malah kita dapat pahala bercahaya di Syurga :),
Saat ini result NO lagi kurang pada YES.
Ini SERIUS bukan gurauan ,sila ikut link ni untuk vote
http://nz.news.yahoo.com/polls/popup/-/poll_id/55492/

The Government of New Zealand is running a Poll at Yahoo to know our Opinion about Banning Hijab (face-covering of Female Muslims) in their Country! PLEASE HELP YOUR SISTERS OF NEW ZEALAND BY VOTING “NO” Visit This Link
http://nz.news.yahoo.com/polls/popup/-/poll_id/55492/
News - Yahoo! New Zealand
nz.news.yahoo.com

1 comment:

  1. sampai kapan yah .... mereka bisa membohongi dunia dengan berita2 dan survey2 palsu seperti itu , tapi yang namanya kebusukan lama kelamaan juga akan ketahuan

    ReplyDelete