Thursday, February 14, 2008

MUI: Haram Rayakan Valentine


Rabu, 13 Peb 08 17:34 WIB

Majelis Ulama Indonesia dalam waktu dekat akan membahas mengenai perlu tidaknya dikeluarkan fatwa haram perayaan valentine. Tindakan MUI ini setelah adanya desakan dari berbagai kalangan agar MUI mengharamkan perayaan hari valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari tersebut sebagai hari kasih sayang.

"Kalau dilihat perayaannya, tidak mengeluarkan fatwa secara khusus pun itu sudah haram karena banyak yang pesta-pesta, mabuk-mabukan. Jadi menurut saya perayaan tersebut sudah haram, " ujar Ketua Dewan MUI KH Ma'ruf Amin, di Jakarta, Rabu (13/2).

Ia menilai, perayaan hari valentine yang diadopsi dari kebudayaan barat itu, identik dengan pesta pora dan mabuk-mabukkan, yang dilarang dalam ajaran Islam. Apalagi ujung-ujungnya pasti mengarah ke perzinahan.

"Orang pasti tahu kalau perayaan sudah diluar aturan agama, pasti itu haram. Namun untuk menjaganya kita akan lakukan kajian terlebih dahulu, " tegasnya.

Ritual Setanisme

Hari Valentine sendiri sesungguhnya berasal dari perayaan Lupercalia bangsa pagan Roma kuno yang diselenggarakan setiap tanggal 13 hingga 18 Februari. Pada malam menjelang tanggal 14 Februari, para pemuda dan pemudi Roma akan merayakan hari itu dengan pesta perzinahan. Inilah awal dari Hari Valentine yang sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan Kasih Sayang (Affection) melainkan lebih kepada Sexuality (perzinahan) yang penuh maksiat.

(novel/ok-pot)

Sumber: Eramuslim.com

5 comments:

  1. nah, yang bikin saya bingung nih...gimana kalo ada orang mengucapkan valentine ke saya, tapi saya mau ngasih penjelasan bahwa saya tidak merayakan valentine tanpa membuatnya tersinggung. walhasil selama ini kalo ada yg ngucapin valentine ke saya, saya sih cuman balas dengan 'terima kasih' aja tapi ga tau buat apa semua itu ya???

    lucunya, pernah kejadian di tahun kemarin, satu teman kirim SMS yg isinya ngucapin selamat valentine, tapi ga berselang lama kemudian datang SMS baru dari teman yang lain yang melarang saya merayakan valentine. jadinya mendua deh, yg satu bilang ma kasih utk ucapan valentine-nya dan sama yang lain bilang ma kasih mau ngingetin. yah, abis pas itu saya bingung sih kudu gimana lagi...

    nelly

    ReplyDelete
  2. Bagaimana kalau ada teman yang “baik-baik” yang secara baik mengajak kamu ikut menjadi mabuk? Apa peduli pada perasaan dia? Atau bilang “terima kasih” saja dan tidak peduli kalau dia merasa tersinggung?
    Tapi kalau ada mengajak mengikuti perayaan dalam agama orang lain, kenapa jadi ragu2 dan pikir dua kali tentang perasaan dia? Kalau diajak mabuk-mabukan, tidak peduli pada perasaan dia, tetapi kalau diajak membenarkan perayaan agama orang lain, jadi ragu-ragu untuk menolak.

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak Pak Gene saya mendapatkan keyakinan kuat dan kekuatan untuk berani menolak tegas karena saran2 Bapak, pertolongan Alloh mungkin salah satunya datang lewat Bapak.

    Sekarang saya tinggal berjuang mengembalikan keadaan kantor seperti sediakala dan berjuang menetapi kesabaran dan keikhlasan.

    Semua ini jadi pelajaran besar buat saya. saya jadi teringat semua kesalahan saya disaat saya butuh sekali bantuannya saat ini. mungkin ini tamparan sayang dari-Nya agar saya ingat tujuan awal bekerja.

    Mohon doa dan dukungannya.

    Untuk My sist Mbak Nelly dan Mbak Wati mohon maaf aku belum sempat
    balas email.

    Terima kasih banyak.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    -Dini-

    ReplyDelete
  4. Maksudnya saya jadi teringat semua dosa-dosa saya kepada-Nya ketika saya sangat membutuhkan pertolongan-Nya saat ini. saya membuktikan sendiri kalau ada ayat yang mengatakan "Jika kita meminta perlindungan-Nya akan godaan syetan maka seorang Hamba akan teringat akan seluruh dosa-dosanya".

    Mohon doa dan dukungannya juga ya teman-teman dan Pak Gene

    Wassalamulaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  5. iya deh Mr. Netto...

    ma kasih untuk petuah bijaknya...mungkin bisa saya terapkan juga dalam hidup saya dimulai dari sekarang

    buat iems, adikku sayang, aku tinggalkan pesan utk dikau di YM dan e-mail..bentar belum aku buat..hehehe..

    ma kasih semuanya...

    ReplyDelete