Friday, August 01, 2008

Minum Kopi Setiap Hari Melindungi Otak


Riset menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko kena penyakit Alzheimer (pikun) di usia tua karena memblokir kerusakan di otak yang disebabkan kolesterol.

Kopi sudah dikaitkan dengan frekuensi penyakit Alzheimer yang lebih rendah, dan sebuah studi oleh peneliti AS yang diterbitkan di Journal of Neuroinflammation (Jurnal Inflamasi Otak) bisa menjelaskan kenapa. Di otak ada yang disebut blood brain barrier (sawar darah otak). Fungsinya adalah untuk melindungi otak dari zat-zat di dalam darah yang berbahaya. Di dalam percobaan, sawar darah otak lebih kuat di dalam kelinci yang diberikan kuantitas kopi yang setara dengan satu cangkir per hari.

Ternyata, kafein merupakan obat yang paling aman untuk memperkuat sawar darah otak. Sebagian studi yang lain menunjukkan bahwa kolesterol bisa membuat sawar darah otak agak “bocor” dan kondisi ini bisa membantu timbulnya penyakit Alzheimer. Di dalam tes, kelinci yang diberikan diet kolesterol tinggi selama 12 minggu dan sekaligus minum kopi, punya sawar darah otak yang jauh lebih kuat dibandingkan kelinci yang tidak minum kopi. Kolesterol tinggi juga merupakan salah satu indikator akan timbul Alzheimer, mungkin karena kolesterol merusak sawar darah otak.

Kesimpulannya: kalau mau punya otak yang sehat, tidak ada pilihan selain minum kopi setiap hari. (Hehe.) Kafein juga ada dalam coklat, jadi jangan takut makan coklat juga ya. Dan kalau isteri marah karena anda pulang malam setelah ngopi sama teman-teman kantor, bilang saja habis berobat! (Hehehe.)

Read the full article here:

Daily caffeine 'protects brain'

Story from BBC NEWS:

4 comments:

  1. Yeeee...
    Bilang aja doyan ngopi.He he he.

    ReplyDelete
  2. Kenapa mesti ngaku??? Ini berkaitan dengan kesehatan. Aku sebarkan informasi biar teman2 bisa sehat. Dan kalau sekaligus, aku sering ditraktir ngopi biar sehat juga, itu hanya sebagai bonus saja.
    Wahahahahahaha....

    ReplyDelete
  3. Iya iyaaa, percaya deh :p.

    ReplyDelete
  4. Lantas bagaimana dengan kopi yang mengakibatkan kerusakan pada gigi karena menyebabkan karang gigi, dsb? Untuk itu, saya sangat tidak setuju kalo minum kopi. Lebih sehat minum air putih. What do you think? Hehehe...

    ReplyDelete