Wednesday, September 10, 2008

Melihat gambar porno pada saat puasa

[Ada yang tinggalkan komentar seperti ini:]

ass wrb

1)saya mau nanaya nih saya pernah melakukan onanai setelah berbuka puasa. apakah puasa saya pd hari itu di terima?

2) saya pernah melihat gamabar porno pada sore hari di bulan puasa karrena saya sudah tidak tahan. apakah puasa saya pd hari itu di terima?

Dari Hmmm

#######

Assalamu’alaikum wr.wb.,

1. Kalau mengeluarkan air mani dengan sengaja setelah maghrib (karena onani atau karena berhubungan badan dengan isteri), puasa tidak batal. Seperti halnya makan dan minum setelah maghrib juga tidak membatalkan puasa.

2. Kalau melihat film/gambar porno pada siang hari, yang jelas berdosa sekali, tetapi setahu saya tidak membatalkan puasa karena merupakan dosa mata anda dan tidak mengganggu orang lain. Selama air mani tidak keluar (sebagai akibat melihat film porno dengan sengaja), insya Allah puasanya tetap diterima di sisi Allah, tetapi tentu saja, nilainya sangat berkurang (atau tidak ada?) karena dosa tersebut.

Justru yang perlu dipikirkan oleh kamu adalah kenapa kamu tidak tahan untuk melihat gambar porno pada saat kamu sedang puasa? Salah satu tujuan puasa adalah untuk melatihkan diri kita supaya menjadi sanggup menahan diri. Salah satu dorongan terbesar di dalam benak manusia adalah dorongan untuk makan. Kenapa bisa menahan diri dari makan dan minum tetapi tidak bisa menahan diri dari melihat gambar porno selama 12 jam?

Di jangka panjang, lebih baik mencari isteri biar bisa menikah dengan segera. Di jangka pendek, coba alihkan pikiran. Kalau tidak bisa tahan, dan sudah ingin melihat gambar porno, coba ambil wudhu, duduk di sejaddah, dan mulai berdzikir. Baca “Astagfirullah al adzim” sebanyak-banyaknya dan berfikir:

“Bagaimana kalau Allah mencabut mata saya hari ini juga? Sebuah kecelakaan motor, dan mata saya jadi rusak. Sebagai orang buta, saya tidak lagi bisa melihat gambar porno, dan mungkin Allah melakukan itu karena saya tidak sanggup menahan diri. Jadi Allah mencabut kembali mata saya yang bagus, yang tidak saya syukuri, yang sudah saya gunakan dengan sia-sia.”

Dan istigfar terus.

Insya Allah kamu akan kehilangan niat untuk melihat gambar porno pada saat puasa. Dan kalau berhasil, coba teruskan sikap yang sama pada malam hari untuk menghormati bulan suci ini. Dan kalau bisa berhasil untuk 1 minggu, coba diteruskan untuk 2 minggu. Kalau tidak berhasil, mulai lagi dari nol, dan coba berhasil untuk satu minggu. Kalau sudah berhasil, coba teruskan untuk 2 minggu, lalu 1 bulan. Dan seterusnya.

Ampunan Allah memang besar, tetapi Dia mengharapkan kita akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri, dan tidak hanya mengatakan “Saya tidak bisa tahan”.

Semua penjahat di penjara juga bisa mengucapkan hal yang sama. Kalau seandainya rumah kamu dirampok, dan kamu bertanya kenapa orang itu mau merampok keluarga kamu yang baik hati, apakah kamu bisa terima kalau si perampok dengan enteng mengatakan “Karena saya tidak tahan dan harus merampok orang!”

Bisa terima? Atau marah dan anggap itu sebuah penjelasan yang lemah sekali?

Sekarang bayangkan kalau kita mengucapkan hal yang sama kepada Allah terus-terusan.

Semoga bermanfaat,

Selamat puasa,

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

20 comments:

  1. ass wr wb, jika melihat tpi tidak sengaja ada di dinding facebook saya tpi langsung saya blog hukumnya dosa atau tidak?

    ReplyDelete
  2. Di dalam hukum islam, "tidak sengaja" sama dengan tidak berdosa. Jadi kalau tidak sengaja lupa shalat, maka tidak berdosa, dan hanya perlu dilakukan setelah ingat. Kalau tidak sengaja minum di saat puasa (mungkin karena lupa puasa, atau kepala kesiram air), maka tidak berdosa dan puasa dilanjutkan.
    Jadi kalau tidak sengaja melihat gambar yang tidak baik, maka insya Allah tidak berdosa (karena tidak sengaja) dan selama tidak diteruskan dan langsung berhenti insya Allah tidak berdosa.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, jadi dapet lebih ilmu. Dan lebih bisa menghindarai perbuatan-perbuatan negatif itu di bulan Puasa. Semoga bulan puasa berikutnya jadi lebih maximal ^_^


    BTW, saya ijin share artikel ini ^_^

    ReplyDelete
  4. Ass.. Wr wb. Saya ingin bertanya, jika melakukan onani pada saat setelah sahur, lalu mandi basahnya jam 10 pagi, yg ingin.saya tanyakan adalah = apakah sah menjalankan puasa walaupun blm mandi basah?

    ReplyDelete
  5. Wa alaikum salam wr.wb.,
    Kalau sperma keluar sebelum waktu subuh, baik karena berhubungan dengan isteri, karena mimpi basah, atau karena onani, maka tidak ada hubungan dengan puasa. Selama tidak makan dan minum, dan tidak keluarkan sperma lagi sesudah waktu subuh, puasanya sah inysa Allah.
    Tetapi, kalau tidak mandi sampai jam 10 pagi, berarti tidak shalat subuh dengan sengaja (karena tidak mungkin bisa shalat tanpa mandi dulu). Jadi puasa sah, tapi kena dosa besar karena tinggalkan shalat dengan sengaja. Buat apa susah payah berpuasa tetapi tinggalkan shalat? Dua-duanya wajib. Lebih mudah shalat daripada puasa. Justru puasa itu cukup berat, jauh lebih berat daripada shalat. Jadi kenapa anda bisa puasa, tapi shalat tidak bisa?
    Lebih baik segera bertaubat, dan berusaha melakukan shalat 5 waktu sebagai kewajiban kepada Allah. Kalau mampu menahan diri dari makan dan minum selama 12 jam, seharusnya mampu melawan rasa malas shalat. Semoga ke depan bisa melakukan kewajiban puasa dan juga kewajiban shalat.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.,
    Gene

    ReplyDelete
  6. berarti kesimpulannya melihat gambar porno dengan sengaja itu tidak membatalkan puasa ya, tetapi pahalanya yang berkurang ? by.fahmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya pahala puasamu sama sekali gk be-arti samaseperti orang yang tidak berpuasa, untuk apa?? dosa iya pahala gak dapat, keridoan allah gk dapat? nikah muda aja kayak ane :D

      Delete
    2. Betul. Kalau melihat gambar porno di siang hari, tapi sperma tidak keluar, maka puasa tidak batal dan tetap sah. Tetapi anda melakukan dosa di siang hari, pada saat puasa, karena melihat film porno.
      Sebaiknya berpikir apa itu usaha yang paling baik yang bisa anda berikan kepada Allah SWT? Allah sudah berikan berbagai macam kenikmatan dan kebaikan, dan anda balas dengan nonton film porno di siang hari, di bulan SUCI Ramadhan.
      Apa tidak bisa ditahan sama sekali?

      Delete
  7. gak papa deh pahala kurang, soalnya cuma liat trus tutup lagi hehe :D

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum apakah sah puasa saya, sya onani di waktu malam hari tapi sesudah itu saya langsung mandi wajib karna mau sahur and sholat subuh ??/
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edo, kalau melakukan onani di malam hari, tidak ada hubungan dengan puasa di siang hari. Puasa hanya dibatalkan kalau sperma keluar secara sengaja, karena onani sampai sperma keluar, atau melihat film porno sampai sperma keluar. Jadi kalau keluar dengan sengaja di siang hari, maka puasa batal, dan di luar bulan puasa, satu hari itu harus diganti (puasa satu hari di lain waktu).
      Kalau mimpi basah di siang hari, berarti sperma keluar secara tidak sengaja (karena kita tidak bisa kontrol mimpi kita) jadi puasa tidak batal. Hanya batal kalau sperma keluar dengan sengaja. Dan kalau keluar di malam hari (dengan cara apapun), maka tidak ada hubungan dengan puasa sama sekal.

      Delete
  9. terima kasih pak, saya mau tanya
    lagi, sayakan pernah nonton dvd pak (bukan di dvd porno) film action tapi ada kala pemain tersebut kliahatan payudaranya pak, dan alat kelamin sya berdiri tapi cuma sebentar pak, tapi pas saya liat keluar cairan sedikit saya mau tanya itu mani atau bukan ???
    batal gak puasa saya

    dan saya pagi pagi kadang-kadang ada aja pikiran kotor, tapi saya ingat saya puasa, tapi kelamin saya berdiri tapi gak lama, pas saya liat di dalam celana ada cairan seikit pak ???
    apak itu mani pak ???

    dan apakah puasa sya batl ???
    terimakasih
    mohon di balas pak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Edo, Itu bukan mani/sperma. Itu cairan pelicin yang keluar sebelum sperma keluar. Cairan itu dalam agama Islam disebut “madzi” dan tidak membatalkan puasa. Tapi membatalkan wudhu. Kalau merasa terangsang karena melihat atau memikirkan sesuatu, maka madzi bisa keluar tanpa terasa, dan tanpa diketahui. Kalau ada di celana dalam, harus dibersihkan dengan air (digosok2 dengan jari tangan sampai kelihatan hilang) agar bisa shalat. Atau juga boleh diganti celana dalamnya saja (kalau di rumah).
      Keluarnya madzi tidak membatalkan puasa, karena tidak disengaja, dan seringkali tidak terasa, tapi keluar sendiri. Kalau sering keluar, berarti anda termasuk orang sensitif yang mudah terangsang. Kebanyakan anak remaja memang seperti itu, jadi itu hal yang normal.
      Puasanya tetap sah, walaupun bisa keluar berkali2 setiap hari. Tapi perlu hati2, kalau sering (dengan sengaja) menjadi terangsang, maka nanti mani bisa keluar juga, dan kalau nanti mani keluar, puasanya bisa batal (kalau mani keluar, disebabkan anda dengan sengaja nonton film dengan adegan berbau porno).
      Mani sangat mudah dibedakan dari madzi karena sifatnya mani itu kental dan lengket dan ada bau khasnya. Jadi saya kira anda sudah tahu sendiri mani seperti apa sifatnya. Tidak bisa dicuci secara mudah dengan air saja. Jadi cairan lain yang keluar tapi tidak bersifat seperti itu sudah automatis bukan mani. Madzi akan hilang cepat dengan sedikit air saja dan tidak lengket.
      Semoga sudah jelas. Silahkan puasa terus, tapi berusaha untuk hindari hal2 yang membuat anda terangsang karena tentu saja akan mengurangi nilai puasa kalau secara rutin anda jadi terangsang dari film itu, padahal sedang puasa. Lebih baik matikan film itu, atau nonton yang lain, atau lakukan kegiatan lain yang lebih positif seperti membaca Al Qur'an, atau diskusi agama dengan teman.
      Coba nonton Sponge Bob saja. Dijamin tidak ada madzi yang keluar. hehe

      Delete
  10. hahaha makasih banyak pak selama ini sya bingung mani apa bukan tu hahaha

    alhamdulilah sekrang gk lagi pak hehe

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum.wr.wb ane mau tanya nihh..

    begini ceritanya waktu saya tidur siang tiba2 mimpi basah,, apakah puasa saya batal ...??
    Dan sebelum tidur siang itu saya sempat berimajinasi negatif..

    Mohon penjelasannya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Mimpi basah adalah hal yang terjadi dalam keadaan tidak sadar. Jadi puasa tidak batal. Kalau menghayal sebelum tidur tidak berarti pasti akan mimpi basah. Jadi tidak bisa dikatakan air mani keluar “secara sengaja” hanya karena berpikir. Puasa hanya batal kalau air mani keluar dengan sengaja pada saat kita berada dalam keadaan sadar.
      Wassalam,

      Delete
  12. kalo kemaluan ini selalu ngaceng/berdiri,terus keluar air mani apakah membatalkan puasa..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibedakan antara keluar sendiri, seperti dalam mimpi basah, atau dikeluarkan secara sengaja karena onani. Kalau keluar lewat mimpi basah, maka puasa tetap sah. Kalau dikeluarkan sendiri lewat onani maka puasanya batal, dan satu hari puasa itu harus diulangi di luar bulan Ramadhan.
      Juga harus dibedakan antara mani dan madzi. Ada penjelasan ttg bedanya antara mani dan madzi di atas. Apa sudah dipahami bedanya? Kalau penis berdiri, dan ada cairan keluar, maka belum tentu itu mani. Kalau sifatnya encer dan mudah dibersihkan dengan air, tidak lengket, dan tidak ada baunya, maka itu hanya madzi dan bukan mani.

      Delete
  13. Assalamualaikum
    Mau nanya pak apakah meliahat porno atau gambar porn tidak membatalkan wudu' pak terima kasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  14. Wa alaikum salam. Melihatnya saja tidak membatalkan wudhu. Tapi kalau jadi terangsang dan ada madzi yang keluar, maka wudhu akan batal.

    ReplyDelete