Wednesday, September 10, 2008

Melihat gambar porno pada saat puasa

[Ada yang tinggalkan komentar seperti ini:]

ass wrb

1)saya mau nanaya nih saya pernah melakukan onanai setelah berbuka puasa. apakah puasa saya pd hari itu di terima?

2) saya pernah melihat gamabar porno pada sore hari di bulan puasa karrena saya sudah tidak tahan. apakah puasa saya pd hari itu di terima?

Dari Hmmm

#######

Assalamu’alaikum wr.wb.,

1. Kalau mengeluarkan air mani dengan sengaja setelah maghrib (karena onani atau karena berhubungan badan dengan isteri), puasa tidak batal. Seperti halnya makan dan minum setelah maghrib juga tidak membatalkan puasa.

2. Kalau melihat film/gambar porno pada siang hari, yang jelas berdosa sekali, tetapi setahu saya tidak membatalkan puasa karena merupakan dosa mata anda dan tidak mengganggu orang lain. Selama air mani tidak keluar (sebagai akibat melihat film porno dengan sengaja), insya Allah puasanya tetap diterima di sisi Allah, tetapi tentu saja, nilainya sangat berkurang (atau tidak ada?) karena dosa tersebut.

Justru yang perlu dipikirkan oleh kamu adalah kenapa kamu tidak tahan untuk melihat gambar porno pada saat kamu sedang puasa? Salah satu tujuan puasa adalah untuk melatihkan diri kita supaya menjadi sanggup menahan diri. Salah satu dorongan terbesar di dalam benak manusia adalah dorongan untuk makan. Kenapa bisa menahan diri dari makan dan minum tetapi tidak bisa menahan diri dari melihat gambar porno selama 12 jam?

Di jangka panjang, lebih baik mencari isteri biar bisa menikah dengan segera. Di jangka pendek, coba alihkan pikiran. Kalau tidak bisa tahan, dan sudah ingin melihat gambar porno, coba ambil wudhu, duduk di sejaddah, dan mulai berdzikir. Baca “Astagfirullah al adzim” sebanyak-banyaknya dan berfikir:

“Bagaimana kalau Allah mencabut mata saya hari ini juga? Sebuah kecelakaan motor, dan mata saya jadi rusak. Sebagai orang buta, saya tidak lagi bisa melihat gambar porno, dan mungkin Allah melakukan itu karena saya tidak sanggup menahan diri. Jadi Allah mencabut kembali mata saya yang bagus, yang tidak saya syukuri, yang sudah saya gunakan dengan sia-sia.”

Dan istigfar terus.

Insya Allah kamu akan kehilangan niat untuk melihat gambar porno pada saat puasa. Dan kalau berhasil, coba teruskan sikap yang sama pada malam hari untuk menghormati bulan suci ini. Dan kalau bisa berhasil untuk 1 minggu, coba diteruskan untuk 2 minggu. Kalau tidak berhasil, mulai lagi dari nol, dan coba berhasil untuk satu minggu. Kalau sudah berhasil, coba teruskan untuk 2 minggu, lalu 1 bulan. Dan seterusnya.

Ampunan Allah memang besar, tetapi Dia mengharapkan kita akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri, dan tidak hanya mengatakan “Saya tidak bisa tahan”.

Semua penjahat di penjara juga bisa mengucapkan hal yang sama. Kalau seandainya rumah kamu dirampok, dan kamu bertanya kenapa orang itu mau merampok keluarga kamu yang baik hati, apakah kamu bisa terima kalau si perampok dengan enteng mengatakan “Karena saya tidak tahan dan harus merampok orang!”

Bisa terima? Atau marah dan anggap itu sebuah penjelasan yang lemah sekali?

Sekarang bayangkan kalau kita mengucapkan hal yang sama kepada Allah terus-terusan.

Semoga bermanfaat,

Selamat puasa,

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

98 comments:

  1. ass wr wb, jika melihat tpi tidak sengaja ada di dinding facebook saya tpi langsung saya blog hukumnya dosa atau tidak?

    ReplyDelete
  2. Di dalam hukum islam, "tidak sengaja" sama dengan tidak berdosa. Jadi kalau tidak sengaja lupa shalat, maka tidak berdosa, dan hanya perlu dilakukan setelah ingat. Kalau tidak sengaja minum di saat puasa (mungkin karena lupa puasa, atau kepala kesiram air), maka tidak berdosa dan puasa dilanjutkan.
    Jadi kalau tidak sengaja melihat gambar yang tidak baik, maka insya Allah tidak berdosa (karena tidak sengaja) dan selama tidak diteruskan dan langsung berhenti insya Allah tidak berdosa.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, jadi dapet lebih ilmu. Dan lebih bisa menghindarai perbuatan-perbuatan negatif itu di bulan Puasa. Semoga bulan puasa berikutnya jadi lebih maximal ^_^


    BTW, saya ijin share artikel ini ^_^

    ReplyDelete
  4. Ass.. Wr wb. Saya ingin bertanya, jika melakukan onani pada saat setelah sahur, lalu mandi basahnya jam 10 pagi, yg ingin.saya tanyakan adalah = apakah sah menjalankan puasa walaupun blm mandi basah?

    ReplyDelete
  5. Wa alaikum salam wr.wb.,
    Kalau sperma keluar sebelum waktu subuh, baik karena berhubungan dengan isteri, karena mimpi basah, atau karena onani, maka tidak ada hubungan dengan puasa. Selama tidak makan dan minum, dan tidak keluarkan sperma lagi sesudah waktu subuh, puasanya sah inysa Allah.
    Tetapi, kalau tidak mandi sampai jam 10 pagi, berarti tidak shalat subuh dengan sengaja (karena tidak mungkin bisa shalat tanpa mandi dulu). Jadi puasa sah, tapi kena dosa besar karena tinggalkan shalat dengan sengaja. Buat apa susah payah berpuasa tetapi tinggalkan shalat? Dua-duanya wajib. Lebih mudah shalat daripada puasa. Justru puasa itu cukup berat, jauh lebih berat daripada shalat. Jadi kenapa anda bisa puasa, tapi shalat tidak bisa?
    Lebih baik segera bertaubat, dan berusaha melakukan shalat 5 waktu sebagai kewajiban kepada Allah. Kalau mampu menahan diri dari makan dan minum selama 12 jam, seharusnya mampu melawan rasa malas shalat. Semoga ke depan bisa melakukan kewajiban puasa dan juga kewajiban shalat.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.,
    Gene

    ReplyDelete
  6. berarti kesimpulannya melihat gambar porno dengan sengaja itu tidak membatalkan puasa ya, tetapi pahalanya yang berkurang ? by.fahmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya pahala puasamu sama sekali gk be-arti samaseperti orang yang tidak berpuasa, untuk apa?? dosa iya pahala gak dapat, keridoan allah gk dapat? nikah muda aja kayak ane :D

      Delete
    2. Betul. Kalau melihat gambar porno di siang hari, tapi sperma tidak keluar, maka puasa tidak batal dan tetap sah. Tetapi anda melakukan dosa di siang hari, pada saat puasa, karena melihat film porno.
      Sebaiknya berpikir apa itu usaha yang paling baik yang bisa anda berikan kepada Allah SWT? Allah sudah berikan berbagai macam kenikmatan dan kebaikan, dan anda balas dengan nonton film porno di siang hari, di bulan SUCI Ramadhan.
      Apa tidak bisa ditahan sama sekali?

      Delete
    3. Aduh Susah banget tahan HaWa Nafsu Birahi kalo udah memuncak mah Pa Ustad... Ada Solusi ga Supaya hilang gitu.. Soalnya saya masih Remaja.. heheheh... Mohon Jawabannya...

      Delete
  7. gak papa deh pahala kurang, soalnya cuma liat trus tutup lagi hehe :D

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum apakah sah puasa saya, sya onani di waktu malam hari tapi sesudah itu saya langsung mandi wajib karna mau sahur and sholat subuh ??/
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edo, kalau melakukan onani di malam hari, tidak ada hubungan dengan puasa di siang hari. Puasa hanya dibatalkan kalau sperma keluar secara sengaja, karena onani sampai sperma keluar, atau melihat film porno sampai sperma keluar. Jadi kalau keluar dengan sengaja di siang hari, maka puasa batal, dan di luar bulan puasa, satu hari itu harus diganti (puasa satu hari di lain waktu).
      Kalau mimpi basah di siang hari, berarti sperma keluar secara tidak sengaja (karena kita tidak bisa kontrol mimpi kita) jadi puasa tidak batal. Hanya batal kalau sperma keluar dengan sengaja. Dan kalau keluar di malam hari (dengan cara apapun), maka tidak ada hubungan dengan puasa sama sekal.

      Delete
  9. terima kasih pak, saya mau tanya
    lagi, sayakan pernah nonton dvd pak (bukan di dvd porno) film action tapi ada kala pemain tersebut kliahatan payudaranya pak, dan alat kelamin sya berdiri tapi cuma sebentar pak, tapi pas saya liat keluar cairan sedikit saya mau tanya itu mani atau bukan ???
    batal gak puasa saya

    dan saya pagi pagi kadang-kadang ada aja pikiran kotor, tapi saya ingat saya puasa, tapi kelamin saya berdiri tapi gak lama, pas saya liat di dalam celana ada cairan seikit pak ???
    apak itu mani pak ???

    dan apakah puasa sya batl ???
    terimakasih
    mohon di balas pak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Edo, Itu bukan mani/sperma. Itu cairan pelicin yang keluar sebelum sperma keluar. Cairan itu dalam agama Islam disebut “madzi” dan tidak membatalkan puasa. Tapi membatalkan wudhu. Kalau merasa terangsang karena melihat atau memikirkan sesuatu, maka madzi bisa keluar tanpa terasa, dan tanpa diketahui. Kalau ada di celana dalam, harus dibersihkan dengan air (digosok2 dengan jari tangan sampai kelihatan hilang) agar bisa shalat. Atau juga boleh diganti celana dalamnya saja (kalau di rumah).
      Keluarnya madzi tidak membatalkan puasa, karena tidak disengaja, dan seringkali tidak terasa, tapi keluar sendiri. Kalau sering keluar, berarti anda termasuk orang sensitif yang mudah terangsang. Kebanyakan anak remaja memang seperti itu, jadi itu hal yang normal.
      Puasanya tetap sah, walaupun bisa keluar berkali2 setiap hari. Tapi perlu hati2, kalau sering (dengan sengaja) menjadi terangsang, maka nanti mani bisa keluar juga, dan kalau nanti mani keluar, puasanya bisa batal (kalau mani keluar, disebabkan anda dengan sengaja nonton film dengan adegan berbau porno).
      Mani sangat mudah dibedakan dari madzi karena sifatnya mani itu kental dan lengket dan ada bau khasnya. Jadi saya kira anda sudah tahu sendiri mani seperti apa sifatnya. Tidak bisa dicuci secara mudah dengan air saja. Jadi cairan lain yang keluar tapi tidak bersifat seperti itu sudah automatis bukan mani. Madzi akan hilang cepat dengan sedikit air saja dan tidak lengket.
      Semoga sudah jelas. Silahkan puasa terus, tapi berusaha untuk hindari hal2 yang membuat anda terangsang karena tentu saja akan mengurangi nilai puasa kalau secara rutin anda jadi terangsang dari film itu, padahal sedang puasa. Lebih baik matikan film itu, atau nonton yang lain, atau lakukan kegiatan lain yang lebih positif seperti membaca Al Qur'an, atau diskusi agama dengan teman.
      Coba nonton Sponge Bob saja. Dijamin tidak ada madzi yang keluar. hehe

      Delete
  10. hahaha makasih banyak pak selama ini sya bingung mani apa bukan tu hahaha

    alhamdulilah sekrang gk lagi pak hehe

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum.wr.wb ane mau tanya nihh..

    begini ceritanya waktu saya tidur siang tiba2 mimpi basah,, apakah puasa saya batal ...??
    Dan sebelum tidur siang itu saya sempat berimajinasi negatif..

    Mohon penjelasannya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Mimpi basah adalah hal yang terjadi dalam keadaan tidak sadar. Jadi puasa tidak batal. Kalau menghayal sebelum tidur tidak berarti pasti akan mimpi basah. Jadi tidak bisa dikatakan air mani keluar “secara sengaja” hanya karena berpikir. Puasa hanya batal kalau air mani keluar dengan sengaja pada saat kita berada dalam keadaan sadar.
      Wassalam,

      Delete
  12. kalo kemaluan ini selalu ngaceng/berdiri,terus keluar air mani apakah membatalkan puasa..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibedakan antara keluar sendiri, seperti dalam mimpi basah, atau dikeluarkan secara sengaja karena onani. Kalau keluar lewat mimpi basah, maka puasa tetap sah. Kalau dikeluarkan sendiri lewat onani maka puasanya batal, dan satu hari puasa itu harus diulangi di luar bulan Ramadhan.
      Juga harus dibedakan antara mani dan madzi. Ada penjelasan ttg bedanya antara mani dan madzi di atas. Apa sudah dipahami bedanya? Kalau penis berdiri, dan ada cairan keluar, maka belum tentu itu mani. Kalau sifatnya encer dan mudah dibersihkan dengan air, tidak lengket, dan tidak ada baunya, maka itu hanya madzi dan bukan mani.

      Delete
  13. Assalamualaikum
    Mau nanya pak apakah meliahat porno atau gambar porn tidak membatalkan wudu' pak terima kasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  14. Wa alaikum salam. Melihatnya saja tidak membatalkan wudhu. Tapi kalau jadi terangsang dan ada madzi yang keluar, maka wudhu akan batal.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Onani di malam hari tidak ada hubungan dengan puasa di siang hari. Tidak mebatalkan puasa.
      Apapun yang dinilai sebagai dosa akan mengurangi pahala. Tapi pahala bisa ditambahkan dengan berdzikir, bersedekah, dan hal2 lain, dan dosa bisa dikurangi dengan hal2 yang menambahkan pahala, atau dengan istighfar.
      Yang penting adalah jangan melakukan kegiatan di siang hari yang bisa menyebabkan puasanya batal.

      Delete
  16. Assalamualaikum wr wb
    Mau nanya pak dwaktu malam hari saya keluar mani dgn sngaja,lalu besoknya saya mandi jam 11 itu apakah membatalkan puasa dihari pada jam 11 itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Mani yang keluar di malam hari tidak ada hubungan dengan puasa di siang hari.
      Kalau baru mandi jam 11 siang, kena dosa karena tidak melakukan shalat subuh pada jam 5 pagi.
      Jadi dapat pahala karena puasa wajib, dan dapat dosa besar karena tinggalkan shalat wajib? Apa untungnya kejar pahala puasa hanya untuk kena dosa tinggalkan shalat wajib?
      Walaupun bangun jam 11 siang, shalat subuh tetap wajib dikerjakan.
      Coba baca ini:
      http://genenetto.blogspot.com/2011/12/shalat-subuh-wajib-walaupun-kesiangan.html

      Delete
  17. Assalamualaikum pak
    Saya mau nanya, kalo misalkan kta ntn porno, trs saya hanya (maaf) mengocok hingga hanya keluar madzi, lalu belum lama keluar sperma dengan sendirinya karna kocokan trsbt, padahal saya sudah berhenti mengocok agar tdk keluar sperma. Apakah puasa saya batal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Puasanya batal. Sperma hanya keluar karena mengocok. Berarti disengaja. Berhenti gerak tidak berarti berhenti semua proses biologis di dalam tubuh. Jadi anda sudah batalkan puasa anda, kena dosa karena batalkan puasa, dan kena dosa karena nonton film porno.
      Buat apa perlu nonton film porno di siang hari? Ini dikatakan "bulan suci Ramadhan" lalu anda nonton film porno. Dan yang anda pikirkan adalah nilai puasa? Kenapa hanya puasa yang dipikirkan? Kenapa tidak memikirkan perasaan Allah terhadap anda ketika anda mau nonton film porno di tengah bulan yang suci?
      Coba berhenti nonton film porno. Memilih untuk nonton yang lain saja, dan dapat pahala karena tinggalkan kebiasaan nonton film porno.

      Delete
  18. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Pak saya mau tanya... Apakah pada saat bulan puasa saya melihat tubuh pacar saya yg sedang telanjang, apa hukumnya pak ??? Dan apakah puasa saya pada hari itu akan batal ?? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya melihat itu tidak akan batal, dan kalau tidak sengaja itu tidak apa apa kan? Itu sudah dijelaskan di comment comment sebelumnya.. kecuali kalau agan sengaja minta pacar (eh, belum nikah ye? :| ) telanjang, baru dosa :v

      Delete
    2. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Kalau hanya melihat sesuatu yang buruk, termasuk pacar telanjang, atau film porno, dan tidak ada sperma yang keluar, maka puasa tidak batal.
      Tapi perlu dipikirkan secara dalam. Kenapa anda begitu peduli pada pahala puasa, padahal sepertinya tidak peduli pada dosanya melihat pacar telanjang? Dosa menghapus pahala. Anda bisa saja dapat pahala puasa, dan dosa melihat hal terlarang, lalu di akhirnya keadaan anda nol (karena pahala dihapus oleh dosa) atau bahkan minus (dosa lebih besar dari pahala).
      Seharusnya anda menjaga diri sehingga tidak berada di tempat di mana anda bisa melihat pacar telanjang. Kalau ke rumah pacar, jangan masuk kamar berduaan dengan dia. Duduk saja di ruang keluarga atau ruang tamu. Dan kalau tahu dia sedang mandi, jangan masuk ke kamarnya. Tunggu saja sampai dia keluar dan sudah berpakaian.
      Anda bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Anda memilih untuk berada di tempat di mana anda bisa melihat hal yang terlarang. Lalu yang dipikirkan hanya puasa batal atau tidak. Tapi tidak dipikirkan dosa yang Allah berikan disebabkan anda melakukan hal yang buruk.
      Sebaiknya anda berpikir lebih dalam. Bisa saja anda dapat pahala dari puasa, tapi dari gaya hidup yang abaikan hukum2 Allah yang lain, anda tidak dapat rahmat dari Allah. Jadi di saat anda membutuhkan Allah nanti, belum tentu Dia mau bantu anda dengan cepat. Apa itu yang anda inginkan dari hubungan anda dengan Allah? Asal puasa, asal shalat, tapi selain itu tidak usah terlalu memikirkan Allah dan apa yang Dia inginkan dari anda?
      Daripada berpikir ttg puasa yang batal atau tidak, coba berpikir apa anda bisa berubah dan menjadi lebih dekat kepada Allah, sehingga anda tidak memilih untuk berada di kamar pacar, dan dari itu tidak bisa melihat dia telanjang. Itu lebih baik bagi anda untuk masa depan.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  19. Assalamualaikum saya mau bertanya lagi saya melakukan onani kemarin jam 10 malam dan saya mandi jam 11 malam tetapi saya hanya membersihkan kelaminku saja dan sperma tidak mengenai tubuhku apakah itu boleh??

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum saya mau bertanya saya tertidur setelah imsak saat bangun pas dzuhur saya ternyata mimpi basah apakah membatalkan puasa dan haruskah mandi wajib? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Puasa tidak batal. Tapi karena mimpi basah, harus mandi wajib agar bersih untuk shalat.

      Delete
    2. Wa alaikum salam. Puasa tidak batal. Tapi karena mimpi basah, harus mandi wajib agar bersih untuk shalat.
      Kalau tidak saat imsak, berarti juga tidak shalat subuh juga belum dikerjakan. Setelah mandi wajib, shalat subuh yang terlewat itu harus dikerjakan juga. Tidak boleh bolong shalatnya.
      Coba baca ini:
      http://genenetto.blogspot.com/2011/12/shalat-subuh-wajib-walaupun-kesiangan.html

      Delete
  21. Assalamualaikum, saya mau tanya,, kalo onani di siang hari tp pada saat sperma mau keluar kemaluan di tekan sehingga sperma tidak keluar, , apakah membatalkan puasa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Kalau sperma benar2 tidak keluar, puasa tidak batal. Tetapi, kalau anda tekan penis sehingga sperma tidak keluar saat itu, tapi 30 menit kemudian anda kencing dan gumpulan air mani tetap keluar, maka puasanya batal.
      Walaupun tidak keluar di saat onani, anda sudah melakukan kegiatan yang menyebabkan sperma mulai jalan keluar. Jadi kalau keluar di saat masih waktu puasa (sebelum maghrib), walaupun lewat sejam dari saat onani, maka puasa batal, karena mani keluar disebabkan onani tadi. (Tanpa onani, sperma tidak akan keluar).
      Apa anda benar2 tidak bisa menunggu 12 jam sampai maghrib? Dan harus onani di siang hari, dengan risiko puasanya batal? Makanan bisa ditinggalkan, minuman bisa ditinggalkan, rokok bisa ditinggalkan, tapi onani tetap harus dilakukan?
      Coba anda merenung dan berpikir “Buat apa saya puasa, dan untuk Siapa?”
      Kalau anda puasa karena mau taat pada Allah, kenapa mau onani di siang hari? Kalau dikerjakan sesudah maghrib maka tidak ada hubungan dengan puasa. Kenapa anda tidak berusaha untuk menunggu sampai malam, sehingga tidak ada risiko?
      Lebih baik anda jadi sibuk main game, nonton film atau tidur daripada onani di siang hari (walaupun tekan sampai sperma tidak keluar).
      Coba cari kegiatan lain yang menyenangkan bagi anda, sehingga tidak memikirkan onani.

      Delete
  22. asalmualaikum wr.wb
    pak sya mau tanya jika orng onani pda mlm hari dan kluar mani tapi gk mandi basah setelah itu tidur dan bngun jam 9 pas bangun langsung mandi basah.
    pertanyaannya adalah = boleh kh sholat shubuh stelah mandi basah jam 9 tdi pak ?

    mohon jwbannya pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam. Bukan hanya "boleh" tapi wajib. Silahkan dikerjakan segera. Tinggalkan shalat adalah sebuah dosa yang serius. Jadi kalau bangun jam berapa saja, langsung shalat subuh. Itu selalu lebih baik daripada tidak shalat subuh sama sekali. Bahkan kalau sudah masuk waktu dzuhur (sudah siang) tetap wajib shalat subuh.
      Coba baca ini:
      http://genenetto.blogspot.com/2011/12/shalat-subuh-wajib-walaupun-kesiangan.html

      Delete
  23. asalmualaikum wr.wb

    Pak Mau nanya nih..

    Sebenarnya hukum Onani itu apa sih ?? di bolehkan atau diharamkan ?? mohon dijawab bserta penjelasannya pak .

    Terima Kasih Sebelumnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam.
      Dalam semua hukum agama biasanya ada perbedaan pendapat. Ada ulama yang mengharamkan mutlak, dan anggap dosa yang serius. Ada yang haramkan, tapi dimaklumi. Ada yang menganggap onani bisa dimaklumi kl dilakukan untuk hilangkan nafsu agar tidak berzina (seks di luar nikah). Jadi kalau mau pilih hukum yang tegas, bisa dianggap haram mutlak. Kalau mau pilihan yang lebih fleksibel, dianggap dosa, tapi bukan dosa besar dan dilakukan untuk memadamkan nafsu saja, agar bisa tahan diri dan tidak terjadi perzinaan.
      Lebih baik dihindari kalau bisa, dan tenaga badan dikuras lewat olahraga. Puasa juga bisa mencegah nafsu, jadi kl sanggup bisa memperbanyak puasa sunnah.
      Tapi kalau tidak bisa, onani jangan dilakukan bersamaan dengan nonton film porno, karena itu lebih buruk lagi, dan bisa membuat orang menjadi kecanduan.
      Setahu saya, tidak ada pendapat dari ulama yang mengatakan "onani halal, silahkan kerjakan sepuasnya". Jadi semua punya pandangan bahwa itu dosa. Tapi selama bisa menahan diri, tidak berlebihan, bisa hindari dosa besar perzinaan, dan sekaligus bisa rajin istighfar, rajin beribadah (shalat, puasa dan ngaji dijaga) maka insya Allah dosa itu bisa dimaafkan oleh Allah.
      Tidak ada manusia yang tidak berdosa. Yang penting adalah niat kita, dan usaha kita untuk mendekatkan diri kepada Allah.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  24. pak pas lihat film porno kluar cairan dikit dan warnanya bening kayak air putuh apakah itu mani ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya air madzi, bukan sperma, jadi puasa gak batal, ada yang tanya soal kaya gitu diatas

      Delete
    2. Harus dibedakan antara mani/sperma, dan pelicin. Pelicin (disebut madzi dlm Islam) akan keluar sebelum sperma keluar. Madzi keluar tidak membatalkan puasa. Tapi membatalkan wudhu.
      Mani sangat mudah dibedakan dari madzi karena sifatnya mani itu kental dan lengket dan ada bau khasnya. Tidak bisa dicuci secara mudah dengan air saja, karena masih terasa lengket seperti lem. Harus dibersihkan dengan sabun. Jadi cairan lain yang keluar tapi tidak bersifat seperti itu sudah automatis bukan mani tapi pelicin atau madzi. Madzi akan hilang cepat dengan sedikit air saja dan tidak lengket.

      Delete
  25. assalamualaikum warohmatullahiwabrokatuh....

    pak, pas saya melihat komik yg isinya porno dan saya tidak sengaja mengeluarkan air mani, tapi saya tidak (maaf) mengocok...
    apa kah saya telah membatalkan puasa....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibedakan antara mani/sperma, dan pelicin. Pelicin (disebut madzi dlm Islam) akan keluar sebelum sperma keluar. Madzi keluar tidak membatalkan puasa. Tapi membatalkan wudhu. Kalau sering terangsang dan madzi keluar, berarti anda termasuk orang sensitif yang mudah terangsang. Kebanyakan anak muda memang seperti itu, jadi itu hal yang normal.
      Puasanya tetap sah, walaupun madzi/pelicin keluar berkali2 setiap hari. Tapi perlu hati2, kalau sering (dengan sengaja) menjadi terangsang, maka nanti mani bisa keluar juga, dan kalau mani keluar juga (misalnya karena nonton film porno), maka puasanya langsung batal.
      Mani sangat mudah dibedakan dari madzi karena sifatnya mani itu kental dan lengket dan ada bau khasnya. Tidak bisa dicuci secara mudah dengan air saja, karena masih terasa lengket seperti lem. Harus dibersihkan dengan sabun. Jadi cairan lain yang keluar tapi tidak bersifat seperti itu sudah automatis bukan mani tapi pelicin atau madzi. Madzi akan hilang cepat dengan sedikit air saja dan tidak lengket.
      Sebaiknya anda tidak membaca komik yang ada isi porno di bulan puasa. Apa tidak bisa baca komik yang lain, atau nonton tivi?

      Delete
  26. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Pak saya mau nanya, saya pernah melihat gambar porno pagi hari saat puasa. Saya melihat dengan tubuh saya dalam posisi tengkurap. Nah saat itu tiba2 saya merasakan akan ada cairan yang keluar dari alat kelamin saya, padahal saya tidak ada tujuan melihat gambar porno untuk mengeluarkan cairan. nah saya berusaha menahannya agar tidak keluar. tetapi akhirnya cairan itu keluar tanpa ada kesengajaan dari saya. Saya tau kalau memang disengaja akan batal dan disuruh mengganti puasanya di hari lain. Tetapi kalau yang ini, Apakah puasa saya batal pada hari itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Harus ditentukan apa itu mani atau madzi (pelicin). Kalau mani, puasanya batal. Keluar disebabkan anda melihat gambar porno. Kalau pelicin saja, maka puasa tidak batal, dan puasa tetap sah.
      Bedanya mani dan madzi sudah dijelaskan bbrp kali di atas. Tolong dibaca.

      Delete
  27. Asslamulaikum
    pak saya mau tanya kan saya nton film porno trus kluar cairan sedikit itu swbenarnya mani buka?
    Trus kita wajib gk mandi wajibnya?
    Trus puasa kita batal apa gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam.
      Harus ditentukan cairan apa dulu.
      Kalau mani yang keluar, maka puasa batal, dan harus mandi wajib.
      Kalau pelicin saja yang keluar, maka puasa tidak batal, dan tidak perlu mandi.
      Bedanya antara mani dan pelicin (madzi) dijelaskan di atas.

      Delete
  28. Assalamualaikum pak.

    Saya mau nanya, apakah mimpi basah saat tidur setelah sholat subuh itu membatalkan puasa apa tidak ?
    Tp setelah bangun tidur langsung melakukan mandi basah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam.
      Mimpi basah tidak membatalkan puasa.

      Delete
  29. Ass.wr.wb
    Pak,saya mau nanyak niat mandi wajib apa ya?dan apakah mandi wajib sama seperti mandi biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake do'a mas.

      Lihat di buku"/google niat mandi besar

      Delete
    2. Bisa dibaca dalam bahasa indonesia saja. Saya berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar, fardu karena Allah.

      Baca selengkapnya di sini.
      http://www.sutopo.com/mandi-wajib-yang-sempurna-bagi-laki-laki/

      Delete
  30. Assalamualaikum Wr. Wb. Pak saya mau tanya biasanya yang keluar dengan porsi lebih banyak itu air mani atau madzi agar saya bisa membedakannya. Dan saya juga mau tanya apakah ada Amalan yang harus kita kerjakan jika kita ingin -benar berhenti onani. Karena itu amat sangat saya benci tapi akhirnya terjadi. Terima kasih Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Yang paling banyak keluar adalah mani. Mani lengket seperti lem, sulit dibersihkan, harus pakai sabun. Madzi (pelicin) keluar pas di awal saja, mudah dibersihkan dengan air saja.
      Onani tidak perlu dibenci. Itu hal yang normal untuk 80-90% pria di seluruh dunia dari zaman dulu sampai sekarang. Berusaha dikurangi sebanyak mungkin. Bisa dengan banyak olahraga, puasa, dan cari kesibukan lain sehingga tidak begitu dipikirkan.
      Tidak ada hadiths yang mengatakan pria yang lakukan onani akan masuk neraka. Kalau setuju dengan tafsir ulama bahwa itu dosa, maka itu tidak termasuk dosa besar seperti berzina, membunuh, syirik, dan sebagainya.
      Dikurangi sebanyak mungkin, dan rajin istighfar dan mencari pahala lewat ibadah (bersedekah, ngaji, dsb) untuk menghapus semua dosa. Semua orang akan berdosa, dan akan perlu bertaubat kepada Allah dan berusaha untuk menghapus dosanya.
      Berdoa dan mohon bantuan kepada Allah untuk kurangi nafsu anda sehingga anda sudah punya kemampuan untuk menikah.

      Delete
  31. Pak kalo melihat gambar pornonya itu pada sore hari tapi nggak sengaja itu batal apa enggak puasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau melihat saja, apalagi tidak sengaja, insya Allah puasa tidak batal. Yang membatalkan puasa sudah ditentukan oleh Nabi dari zaman dulu. Melihat hal yang tidak baik, apalagi tidak sengaja, bukan salah satu hal yang batalkan puasa.

      Delete
  32. pak mau nanya ..
    puasa tahun lalu kan saya pernah onani di siang hari ... dan batal puasanya.. apakah itu termasuk zina ? apakah saya harus membayar puasa seperti hal nya dosa zina ? yang harus di ganti puasanya selama 2 bulan setiap 1 kali batal puasa ?

    mohon jawabannya segera .. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zina artinya dua orang melakukan hubungan seks, padahal mereka bukan suami isteri. Yang wajib ganti puasa 2 bulan adalah adalah suami-isteri yang melakukah hubungan seks yang halal, tapi di siang hari Ramadhan.
      Jadi bukan "zina" yang kena hukuman, tapi hubungan seks suami isteri yang dilakukan pada waktu tidak boleh (siang), sedangkan kalau di malam hari tetap halal.
      Onani bukan zina. Onani yang anda maksudkan dilakukan sendiri, dan bukan hubungan seks dengan perempuan yang bukan isteri.
      Jadi kalau anda dulu onani di siang hari, maka puasa hari itu batal, dan anda harus gantikan hari puasa itu. Tapi kalau terjadi tahun kemarin, maka batas waktu untuk bayar hutang satu hari itu adalah awal Ramadhan tahun ini. Jadi sekarang waktu utk bayar hutang itu sudah lewat, dan tidak bisa dilakukan lagi. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah shalat taubat dan mohon ampun kepada Allah.
      Di lain waktu, coba tahan onani sampai malam hari. Kalaupun di siang hari, maka segera setelah Lebaran menggantikan hari yang batal itu dengan puasa satu hari di luar Ramadhan. Dan batas untuk bayar hutang adalah awal Ramadhan tahun depan.
      Sekarang anda perlu tautbat, mohon ampun kepada Allah, banyak istighfar dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

      Delete
  33. tambahan yang di atas...
    pada tahun lalu saya belum tahu kalau zina harus mengganti puasa selama 2 bulan... tapi saya tidak zina .. cuma onani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, hubungan seks antara suami isteri yang kena hukuman, dan bukan "zina". Zina termasuk salah satu dosa paling besar di dalam Islam, jadi aneh kl orang bisa berzina, tapi mau peduli pada hukum puasa.
      Onani yang anda lakukan sendiri bukan zina dengan perempuan yang bukan isteri. Jadi tidak ada hubungan dgn puasa 2 bulan.
      Semoga sudah jelas.

      Delete
  34. Hukuman suami-isteri yang hubungan seks di siang hari Ramadhan

    Berhubungan intim dengan istri pada siang hari bulan Ramadhan termasuk dosa dan membatalkan puasa. Alloh ta'aalaa berfirman:
    “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.” (QS.al-Baqoroh: 187).
    Abu Hurairoh berkata: “Tatkala kami sedang duduk-duduk di sekitar Rasulullah, datanglah seorang laki-laki. Lalu dia berkata: “Wahai Rasulullah celakalah saya”. Beliau bertanya: Ada apa denganmu? Dia menjawab: Saya telah bersetubuh dengan isteri saya, padahal saya sedang puasa. Rasulullah lantas bertanya; Apakah engkau mempunyai seorang budak yang dapat engkau bebaskan? Dia menajawab: Tidak!. Rasulullah kembali bertanya: Apakah engkau mampu berpuasa dua bulan berturut-turut? Dia menjawab: Tidak! Rasulullah bertanya lagi: Apakah kamu mampu memberi makan kepada enam puluh orang miskin? Dia menjawab: Tidak. Lalu Rasulullah diam sejenak. Tiba-tiba Rosululloh dibawakan sekeranjang korma. Beliau bertanya: Mana yang tadi bertanya? Dia menjawab: Saya. Beliau berkata: Ambillah sekeranjang korma ini dan bersedekahlah dengannya!. Laki-laki tadi malah berkata; Apakah kepada orang yang lebih miskin dari saya wahai Rosulullah? Demi Alloh, tidak ada keluarga di daerah ini yang lebih miskin daripada saya! Rosulullah akhirnya tertawa hingga gigi gerahamnya terlihat. Lalu beliau bersabda: Berikanlah korma ini kepada keluargamu! (HR.Bukhari: 1936, Muslim: 1111)
    Berdasarkan hadits di atas, orang yang bersetubuh di siang hari di bulan ramadhan, selain batal puasa dan berdosa, maka dia wajib membayar kaffarot dengan urutan sebagai berikut
    Pertama; Membebaskan budak.
    Kedua ; Bila tidak mendapatkan budak maka wajib berpuasa dua bulan berturut-turut.
    Ketiga: Bila tidak mampu berpuasa dua bulan berturut-turut maka memberi makan enam puluh orang miskin.

    Sumber:
    http://tanyajawabagamaislam.blogspot.com/2011/09/mengganti-puasa-ramadhan-yang-batal.html

    ReplyDelete
  35. Kalau berbuat onani saat shubut sesudah imsyak karena tidak tahan batal atau tidak ? karena saya tidak tahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batas utk mulai puasa adalah adzan subuh dan bukan imsak. Imsak hanya tanda saja waktu subuh akan segera mulai dalam 10 menit.
      Kalau anda sudah selesai dan sperma sudah selesai keluar sebelum adzan subuh, kemungkinan besar puasa anda tidak batal. Tapi itu tindakan yang berisiko sekali. Kalau masih ada sperma yang mengalir keluar sesudah adzan berarti puasa batal.
      Kalau merasa benar2 tidak bisa tahan, sebaiknya onani sebelum tidur di malam hari dan bukan beberapa menit sebelum adzan subuh.

      Delete
  36. Pa Ustad.. ada cara ga supaya Bisa Nahan Hawa Nafsu Birahi Yang memuncak? Mohon Jawabannya Pa..

    ReplyDelete
  37. Coba memperbanyak olahraga. Kalau lari 10 kilo setiap hari, tenaga akan terkuras. Kalau kuat, coba puasa sunnah. Bisa di hari sabtu atau minggu, biar pas libur sekolah, dan bisa banyak istirahat di rumah. Setiap shalat, berdoa kepada Allah dan minta Dia padamkan nafsu anda sampai menjadi dewasa dan bisa menikah. Memperbanyak dzikir dan berusaha untuk selalu ingat kepada Allah.
    Nafsu seperti ombak, bisa naik turun kapan saja. Jadi bersabar saja, dan maklum. Allah menciptakan manusia dengan nafsu, jadi Dia tahu nafsu anda ada dan akan naik turun terus. Itu hal yang normal. Jadi tenang saja. Bukan suatu musibah. Yang penting adalah menjaga diri terus, dan jangan sampai terdorong untuk melakukan perzinaan. Itu salah satu dosa besar, dan bisa dihindari kalau anda selalu ingat kepada Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga bingung pak kalau ga tahan tuh tangan rasanya ngincer anuku aja jadi nya kebla blasan deh dengan nafsu berat... Insya Allah saya Kerjakan Apa yang dikatan Pa Ustad.. Makasih Pa.. :)

      Delete
  38. Pa ustad... Apabila melihat film porno di siang hari tp kluar sperma tanpa sngaja apakah puasanya batal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab di atas. Keluar sperma karena nonton film porno, bukan karena sedang baca buku. Jadi keluar sperma adalah efek samping dari nonton film porno. Jadi puasanya batal, dan harus diganti satu hari itu di luar bulan puasa. Dan juga kena dosa karena merusak puasanya. Dan kena dosa dari nonton film porno.
      Berusaha sekuat mungkin untuk mencari kegiatan lain di siang hari bulan puasa daripada nonton film porno. Lebih baik anda tidur, dengarkan musik, baca buku komik dan sebagainya daripada nonton film porno. Lebih baik lagi kl ada kegiatan yang membawa pahala seperti berdzikir, ngaji, baca buku agama, atau diskusi agama dengan teman.
      Dari ribuan hal yang bisa anda lakukan di siang hari bulan puasa, kenapa memilih untuk nonton film porno?
      Wassalam

      Delete
    2. pak.sya mau nanya
      tdi pagi sya mimpi berciuman dengan seseorang
      trs tiba ada air muncrat yg licin tpi tidak berbau kluar
      sya terbangun
      apakah membatalkan puasa?

      Delete
    3. Itu namanya mimpi basah. Puasa tidak batal. Tapi harus mandi wajib utk shalat.

      Delete
  39. Saya mau tanya waktu puasa saya lihat2 buku di playstore karena covernya menarik (komik,tapi agak sensual)saya lihat contoh gratis ternyata isi nya ada gambar wanita berpakaian minim di setiap halaman tidak terasa saya keluar madzi(bukan mani)apakah puasa saya pahala nya berkurang/hilang?, mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keluar madzi, maka puasa tidak batal. Kalau melihat gambar porno, tapi tidak dicari dari awalnya, insya Allah pahalanya tidak berkurang (tidak disengaja melihatnya). Kalau setelah ketemu gambar itu, tetap dilihat berjam2, mungkin pahala puasanya bisa hilang. Hanya Allah yang tahu.
      Yang jelas dengan keluarkan madzi, puasa tidak batal. Coba memperbanyak istighfar dan hindari komik itu di siang hari karena sudah tahu ada gambar porno di situ. Baca yang lain saja.

      Delete
  40. assalamualaykum
    pak, jika pada saat malam sebelum puasa saya memikirkan hal porno, tetapi tidak mengeluarkan cairan.
    kemudian setelah waktu berbuka, ketika saya kencing sesudahnya keluar cairan seperti air mani tetapi tidak memancar. padahal pada saat itu saya sedang berada di masjid untuk shalat maghrib.
    karena ragu, akhirnya saya memantapkan diri kalo itu bukan hal yang mewajibkan saya mandi dan kemudian ikut melaksanakan shalat.
    pertanyan saya, apakah itu termasuk keluarnya air mani yang mewajibkan saya mandi?
    lalu bagaimana dengan keputusan yg saya ambil tersebut?
    dan bagaimana dengan puasa saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb., Apa tidur siang? Kadang kl tidur, pria bisa mengalami mimpi basah, tapi karena bangun kaget, mimpi tidak selesai, jadi tidak ada yang keluar. Tapi proses jalan keluar dari dalam badan sudah dimulai. Sperma sudah keluar dari testis dan masuk ke badan. Lewat beberapa jam, pada saat mau kencing, baru keluar spermanya bersama dengan air kencing (sudah berada di saluran air mani dan siap keluar dari beberapa jam sebelumnya).
      Kalau anda bisa bedakan antara sperma dan madzi, dan merasa yang keluar adalah sperma karena kental dan lengket, maka harus mandi wajib. Puasa tidak batal, karena tidak disengaja, tapi shalatnya tidak sah.
      Ada baiknya anda mandi wajib sekarang, dan kl ada beberapa shalat dari kemarin sampai sekarang yang dikerjakan padahal dalam keadaan junub, coba diulangi semuanya secara langsung sekarang (Maghrib, Isya, Subuh, Dzuhur dsb.)
      Kalau ini suatu kejadian dari dulu, dan tidak ingat berapa banyak shalat yang lewat, maka shalat taubat sekarang, dan di lain waktu, kalau merasa sperma sudah keluar (walaupun tidak disengaja) lebih baik ambil jalan yang hati2 dan mandi wajib. Itu lebih baik daripada tebak2 dan ragu2.

      Delete
  41. pak ustadz disebutkan di atas bahwa "Kalau masih ada sperma yang mengalir keluar sesudah adzan berarti puasa batal." lalu bagaimana dengan kasus jika ada sperma/mani yang kembali mengalir keluar setelah mandi wajib/junub, baik saat puasa ataupun tidak, apakah harus kembali mandi junub/ mandi wajib atau tidak? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepaham saya, iya, karena kalau sperma keluar, maka wajib untuk mandi. Jadi kl baru saja onani, atau hubungan suami isteri, dan buru2 mandi, lalu masih kelihatan ada sperma keluar, maka mandinya menjadi percuma dan batal, dan perlu diulangi.
      Sebelum mandi lebih baik menunggu beberapa menit, dan kencing dulu, agar sudah jelas saluran di dalam badan bersih, dan tidak ada sisa sperma yang masih mengalir.

      Delete
    2. lalu bagaimana jika cairan yang keluar tidak kita ketahui secara pasti apakah cairan tersebut mani atau madzi, karena yang saya ketahui (maaf) mani yang sudah "lama" terlihat hampir mirip dengan madzi (tidak terlalu kental). apakah harus kembali mandi junub?. terimakasih.

      Delete
    3. Mani yang baru keluar dari badan tidak kelihatan seperti madzi. Sifatnya beda. Jadi kalau ragu2, lebih baik berhati2 dan anggap mani, dan mandi junub. Daripada salah, dan shalatnya tidak sah.

      Delete
  42. assalamualaikum, mau nanya pak.....
    ada yang bilang bahwa mani itu diiringi kenikmatan dan madhzi tidak, serta cairan yang lebih banyak adalah mani, kasusnya begini pak, siang pas puasa "punya" saya seperti hendak mengeluarkan sesuatu, saya keluarkan dengan maksud tidak mengotori celana, kemudian saya pegang buat menghentikan, tapi yang ada malah keluar dan cairannya LEBIH banyak, TAPI tidak lengket (mungkin karena langsung saya cuci, dan itu terjadi dimana saya dalam keadaan PANIK) jadi saya memang ga ada niat sama sekali untuk mengeluarkannya, sebelum dan sesudah dikeluarkan.
    setelah nyari di google dikatakan tidak batal karena ga sengaja, yang jadi masalah cairan itu dibilang apa? kental, kayaknya nggak tuh -_-
    (mungkin) penyebab keluarnya karena saya pegang (dan suasana memang agak dingin sih), jadi tangan saya yang lebih hangat memegang yang dingin sehingga keluar :(
    jadi galau ga jelas, ga batal kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Mohon maaf, tapi itu keliru. Mani dan madzi sifatnya berbeda, dan tidak ada kaitan dengan rasa nikmat atau tidak. Sama seperti mengatakan kl ada rasa nikmat dari mimuman di cangkir itu pasti kopi, tapi kalau tidak nikmat itu teh. Tidak ada hubungan. Madzi bisa keluar kapan saja, dan lebih sering keluar tanpa terasa. Mani akan lebih terasa pada saat mengalir, karena sifatnya kental, lengket dan banyak.
      Kalau dalam kasus anda itu, sangat mungkin ada perasaan ereksi sebelumnya, lalu penis dipegang sesudahnya. Sangat kecil kemungkinan mani akan keluar secara mudah tanpa ada yang terjadi sebelumnya. Biasanya ada pemicu.
      Kalau ada merasa bahwa yang keluar itu adalah mani, tapi sebelumnya tidak melakukan onani, tidak melihat film porno, dan tidak melakukan apa2 yang bisa menjadi penyebab air mani keluar, maka insya Allah puasa anda tetap sah, dan tidak batal. Itu karena tidak ada niat atau kesengajaan.
      Tapi anda masih harus mandi wajib agar bisa shalat. Mandi wajib untuk shalat tetap wajib, kapanpun air mani keluar, dengan alasan apapun, termasuk tidak sengaja.

      Delete
  43. assalamualaikum pak mau tanya !
    bila seseorang melakukan hubungan suami isteri pada malam bulan ramadhan, kemudian lupa untuk segera melakukan mandi junub, dan baru mandi junub pada jam 11 siang, apakah puasa pada hari tersebut sah atau tidak? dikarenakan sejak lepas waktu fajar (subuh) hingga pukul 11 dalam keadaan tidak suci (belum mandi wajib). terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Puasa tetap sah. Tidak ada hubungan antara keadaan junub dan puasa. Bersih dari hadats besar dengan mandi wajib adalah syarat untuk shalat, dan bukan untuk puasa. Tapi kalau anda tidak mandi sampai siang, maka anda tidak shalat subuh, dan kalau tetap tidak dikerjakan setelah bangun dan mandi, maka anda kena dosa besar karena tinggalkan shalat wajib.
      Jadi puasa sah, dan dapat pahala dari puasa, dan dapat dosa besar (yang mungkin saja menghapus semua pahala puasa) karena tinggalkan shalat yang wajib.
      Kecuali kalau anda kesiangan dan lewat subuh secara tidak sengaja, dan langsung kerjakan setelah bangun (dan setelah mandi), baru tidak berdosa, karena kesiangan. Tapi kl di waktu subuh anda dengar adzan dan tidur karena malas mandi, dan setelah bangun dan mandi tetap tidak kerjakan shalat subuh, maka anda kena dosa besar.
      Jadi perlu dipikirkan kenapa anda begitu serius kejar pahala dari puasa dengan sekaligus dapat dosa besar dari tinggalkan shalat wajib?

      Delete
  44. ustad saya mau bertanya ,
    saya masih remaja tapi nafsu saya tinggi sekali ,maka dari itu saya sering onani ,saya sudah berusaha menahanya dengan berpuasa,zikir dan kegiatan2 lainya , bahan saya berdoa agar ga punya nafsu,
    apakah hukuman dalam islam buat org seperti saya
    .terimkasih mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa maksudnya "hukuman"? Maksudnya, hukum agama atau hukuman atas dosa? Kalau anda merasa tidak bisa tahan dan sering onani, itu lebih baik daripada anda berzina. Usahakan untuk memperbanyak olahraga, karena dari itu tenaga badan akan dikuras. Tidak ada hadiths yang mengatakan pemuda yang melakukan onani akan kena hukuman XYZ. Jadi tidak ada hukuman. Berusaha untuk kurangi, dan jangan menjadikan kebiasaan nonton film porno sambil onani, karena dari itu nafsu pasti akan meningkat, bukan berkurang, dan niat untuk melakukan perzinaan bisa muncul.
      Jangan terlalu membebani diri dengan memikirkan itu. Hindari semua dosa besar, terutama perzinaan, dan sadarlah bahwa Allah yang berikan nafsu itu kepada anda. Kalau Allah tidak inginkan manusia punya nafsu, maka Dia tidak akan kasih dari awalnya. Nanti kl anda menikah, nafsu ada manfaatnya. Bayangkan kl nanti menikah dan tidak ada nafsu sama sekali? Jangan berdoa untuk tidak punya nafsu, tapi berdoa agar anda kuat untuk tahan dan mengatur nafsu anda.

      Delete
  45. perbedaan antara mani atau madzi gimana pak ustad?
    dri bau kyak mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibedakan antara mani/sperma, dan pelicin. Pelicin (disebut madzi dlm Islam) akan keluar sebelum sperma keluar. Madzi keluar tidak membatalkan puasa. Tapi membatalkan wudhu. Kalau sering terangsang dan madzi keluar, berarti anda termasuk orang sensitif yang mudah terangsang. Kebanyakan anak muda memang seperti itu, jadi itu hal yang normal. Puasanya tetap sah, walaupun madzi/pelicin keluar berkali2 setiap hari.
      Mani atau sperma sangat mudah dibedakan dari madzi karena sifatnya mani itu kental dan lengket dan ada bau khasnya. Tidak bisa dicuci secara mudah dengan air saja, karena masih terasa lengket seperti lem. Harus dibersihkan dengan sabun. Jadi cairan lain yang keluar tapi tidak bersifat seperti itu sudah automatis bukan mani tapi pelicin atau madzi. Madzi akan hilang cepat dengan sedikit air saja dan tidak lengket.

      Delete
  46. Assalamu'alaykum, pak sepertinya saya org yg kecanduan nonton video porno ni. dari awal puasa udh bisa nahan diri baik siang maupun malam. tapi tadi malam saya tidak bisa tahn dan akhirnya menontonnya. saya sangat khawatir kalo semalam juga lailatur qadr, dan saya sangat menyesalinya. saya ingin menghilangkan perasaan atau kebiasaan buruk tersebut. tapi saat tlh coba menghilangkan, kira2 berjalan 1-3 minggu, tiba muncul saja rasa itu dengan sendirinya serta seperti ada bisikan2 untuk melakukannya pak. kira2 bapak punya saran yg ampuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam wr.wb.,
      Kecanduan nonton film porno sama seperti kecanduan yang lain, seperti alkohol, judi, seks, narkoba, dsb. Orang yang kecanduan merasa tidak bisa menahan diri dari perbuatan itu.
      Anda perlu pahami bahwa dengan nonton film porno terus, akan muncul banyak efek samping. Pertama, anda bisa ketahuan kapan saja, dan dimarahi oleh orang tua atau teman. Anda juga akan habiskan banyak waktu untuk nonton, yang tidak dipakai utk hal lain. makin banyak ditonton, makin besar rasa kecanduan. Banyak kasus pemerkosaan dimulai dari nonton film porno, karena pria itu sudah nonton ribuan kali, sehingga merasa “terdorong” untuk coba juga. Bisa jadi dia berzina, dan bisa jadi dia memperkosa perempuan yang didapatkan (seperti teman sekolah atau tetangga). Penjara penuh dengan pria yang menjadi pemerkosa, dan kebanyakan mengaku sebelum memperkosa, kecanduan nonton film porno.
      Perlu anda tahu bahwa seks antara suami isteri tidak sama dengan seks yang di film porno. Kalau nonton film dari barat, maka mereka rata2 adalah aktor yang dibayar untuk melakukan adegan itu. jadi semuanya tidak sama seperti “yang asli” dan dibuat “berlebihan” agar bisa dijual. Hasilnya, anak muda yang kecanduan film porno akan “kecewa” ketika menikah, karena apa yang dia dapatkan bersama isterinya tidak sama seperti di film porno. Dan karena sama2 tidak senang, bisa berakhir pada perceraian, atau perzinaan karena suami cari kesenangan di tempat lain.
      Jadi kalau anda sudah merasa bahwa ini adalah masalah yang mengganggu kehidupan anda, perlu dilakukan tindakan untuk berusaha hilangkan kebiasaan ini. Kalau anda ketik kata kunci “menghilangkan kecanduan nonton film porno” di Google, akan ditemukan banyak artikel yang memberikan tips untuk membantu anda hilangkan kebiasaan itu.
      Saya berikan satu contoh di bawah ini.
      Jangan lupa berdoa terus, dan minta Allah kurangi nafsu anda sampai anda sudah sanggup menikah. Dan coba memperbanyak kegiatan positif di luar rumah, biar tidak ada di kamar untuk nonton film porno. Coba daftar untuk kelas bela diri seperti silat atau karate. Dapat skill baru, habiskan tenaga, dan tidak berada di rumah. Coba ikut pengajian anak muda di masjid. Dari itu dapat teman2 baru, yang bisa menjadi teman diskusi untuk memperdalam agama, sehingga waktu di rumah berkurang, dan teman2 itu bisa bantu menjadi orang yang lebih dekat kepada Allah.
      Kalau ada waktu, coba banyak lari setiap hari. Menjadi sehat, habiskan tenaga, dan tidak berada di rumah.
      Coba lakukan beberapa dari hal seperti itu, dan insya Allah anda bisa segera menjadi lebih baik.

      Delete
    2. 7 Cara Hilangkan Kecanduan Nonton Film Porno!

      Bisnis.com, JAKARTA - Anda ingin menghilangkan kebiasan nonton film porno? Kecanduan menonton video porno sebenarnya termasuk dalam penyakit psikis. Namun, tak banyak orang yang menyadari hal tersebut.
      Umumnya, kelainan ini terjadi pada kalangan pria, meskipun tidak menutup kemungkinan perempuan juga ada yang hobi menonton video porno, meski mereka lebih tertutup dan malu mengakuinya.
      Berbagai alasan biasanya dilontarkan mereka yang kecanduan menonton film jenis ini. Mulai dari hanya iseng, hingga tujuan membangkitkan hasrat seksualnya pada pasangan. Namun, biasanya, mereka yang kecanduan menonton film atau video porno ini justru merasa lebih puas saat menonton video daripada bercinta dengan pasangannya.

      Hobi menonton video porno sebenarnya bisa berdampak baik dan buruk bagi seseorang. Baiknya, bisa meningkatkan hasrat seksual bagi mereka yang libidonya mulai turun. Namun, kecanduan video porno dapat membuat kehidupan seseorang berubah dan berdampak buruk bagi lingkungannya.
      Mulai dari menjadi penyendiri, tidak tenang, gelisah, mudah emosi dan mengabaikan orang di sekelilingnya. Yang lebih ekstrim lagi, banyak kejadian pelecehan seksual dan perkosaan dipicu dari kebiasaan atau hobi seseorang menonton video porno untuk melampiaskan hasrat seksualnya.
      Lantas bagaimana cara mengontrol kecanduan tersebut. Berikut tips singkat yang bisa disimak:

      1. Blokir Konten
      Blokir konten porno di gadget Anda. Ada fasilitas google safe searchyang bisa diaktifasi dengan gmail/google account. Fasilitas free parental software gratis itu, bisa menjaga internet anda maupun anak-anak kecil anda dari ekspos pornografi internet, seperti ChatShield, K9 Web Protection, SafeFamilies WeBlocker,FreeShield, dan ParentalControl Bar.

      2. Kontrol Diri
      Kontrol diri paling penting dalam hal ini. Karena pikiran dan otak Andalah yang dapat dikendalikan untuk mengurangi dan menghindarkan dari kebiasaan ini. Jika anda tergolong cepat bernafsu, maka gunakanlah kata atau kalimat yang bisa mengingatkan Anda untuk tidak menonton vido tersebut. Tujuannya untuk mengalihkan keinginan Anda yang menggebu-gebu.

      3. Pasang Gambar atau Foto Keluarga
      Dengan memasang dan melihat foto orang-orang yang menginspirasi di sekitar komputer atau kamar tidur, seperti foto anak atau orang-orang yang Anda cintai, terbukti dapat menekan seseorang melakukan hal yang buruk dan justru bisa menenangkan mereka.

      4. Pindahkan Komputer ke Ruangan Umum
      Misalnya saja di ruang keluarga. Jangan simpan komputer dan gadget Anda di tempat yang menjauh dari tempat berkumpulnya keluarga. Dan kurangi frekuensi Anda membuka ponsel yang sangat memudahkan Anda membuka konten porno di smartphone Anda.
      [berlanjut]

      Delete
    3. 5. Cari Tahu
      Jika Anda merasa keinginan Anda menonton video porno sudah kebablasan, segeralah cari tahu tanda-tanda kecanduan pornografi, baik tanda umum ataupun khusus. Lantas cobalah Anda

      6. Komitmen
      Buatlah sebuah komitmen Komitmen ini adalah upaya Anda ingin segera menghilangkan kebiasaan tersebut. Jadikanlah satu tujuan akhir, dengan beragam alasan yang sebelumnya Anda pikirkan. Dan buatlah satu sanksi pada diri Anda sendiri jika Anda melanggar komitmen yang sudah dibuat

      7. Cari Bantuan
      Jika anda masih belum bisa mengendalikan diri.. maka gunakan bantuan teman atau keluarga dalam rangka mengontrol kecanduan anda. Buatlah rencana-rencana saling menyibukkan atau saling kontrol seperti sama-sama membuang semua VCD porno atau saling mengontrol akses internet.

      Bisa menghilangkan kecanduan akan video porno tersebut, ada banyak hal positif yang bisa Anda alami dan rasakan. Misalnya memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga dan melakukan hal yang lebih bermanfaat dan membantu pikiran Anda fokus dan membersihkannya dari virus-virus porno yang sudah terlanjur melekat.
      Anda juga akan merasa lebih bahagia, karena video porno hanya membuat Anda kecanduan. Setelah melihatnya Anda akan merasakan kekosongan dan keinginan untuk melihat lebih banyak video porno.

      Seks tidak sama dengan video porno. Orang yang terlalu banyak melihat video porno akan memiliki kehidupan seks yang tak memuaskan. Hal ini karena video porno sudah membantu mereka bergairah. Selain itu, seks yang sesungguhnya tak akan terlihat cukup jika adegan dalam video porno selalu ada di otak mereka.
      Punya kecanduan menonton video porno membuat seseorang harus terus-terusan berbohong pada pasangan mereka, karena takut ketahuan sedang menonton video porno dan lainnya. Hal ini tentu membuat tak tenang karena selalu paranoid dan cemas jika kebohongan terbongkar.
      http://makassar.bisnis.com/read/20140714/30/179406/7-cara-hilangkan-kecanduan-nonton-film-porno

      Delete
    4. Pak saya mau tanya
      Kan tadi saya lihat gambar porno terus keluar air mani itu puasa saya batal tidam ?

      Delete
    5. Batal. Anda harus ulangi satu kali puasa sesudah Lebaran. Coba baca komentar2 di atas. Berusaha untuk hilangkan kebiasaan nonton film porno. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di bulan puasa selain itu.

      Delete
    6. Pak saya mau tanya saya kan sering melihat foto atau vidio porno terus saya mengeluarkan air mani pada saat bulan puasa malam hari terus saya harus melakukan apa?

      Delete
    7. Anda harus mandi wajib agar bersih untuk shalat. Kalau keluar di malam hari, maka tidak batalkan puasa. Tapi kena dosa karena nonton film porno. tolong baca komentar di atas. Bisa jadi anda dapat pahala dari puasa, dosa dari nonton film porno, sehingga hasilnya NOL atau malah bisa minus (pahala dihapus oleh dosa).
      Apa tidak bisa tahan untuk sebulan untuk tidak nonton film porno? Ada cara untuk menghentikan kebiasaan itu. Coba baca di atas. Nonton film itu tidak membawa manfaat apapun bagi anda.

      Delete
    8. Pak berarti saya tidak usah mengganti puasa atau yang lainnya?

      Delete
    9. Kalau air mani keluar di malam hari, maka tidak ada hubungan dengan sahnya puasa di siang hari. Jadi puasa tidak perlu diganti.

      Delete