Search This Blog

Labels

alam (8) amal (97) anak (307) anak yatim (116) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (62) hadiths (9) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (51) indonesia (575) islam (557) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (363) kesehatan (97) Kisah Dakwah (11) Kisah Sedekah (11) konsultasi (13) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (53) my books (2) orang tua (10) palestina (34) pemerintah (137) Pemilu 2009 (63) pendidikan (509) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (40) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (37) renungan (180) Sejarah (5) sekolah (83) shalat (10) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

Popular Posts

22 July, 2025

Mengapa Mal Ramai Tapi Tenant Sepi? Fenomena Rojali (Rombongan Jarang Beli)

Ada satu hal yang janggal : di dalam toko-toko dan tenant; para penjaga berdiri tegak bagai patung, berharap ada pengunjung yang masuk, melihat-lihat, lalu membeli. Namun sebagian besar hanya lewat. Ada yang masuk, pegang-pegang barang, lalu pergi dengan senyum kecut dan langkah cepat.

Yaaa.. itulah mereka : Rojali (rombongan jarang beli).
Mereka bukan pengamat ekonomi, bukan pula warga yang anti-kapitalis. 
Mereka hanyalah simbol dari satu hal : kebutuhan rekreasi yang tak berbanding lurus dengan daya beli.

Mereka mencari tempat yang :
* Luas, agar anak² bisa berlari-larian.
* Sejuk, karena di rumah kontrakan tak sanggup melawan panas
* Bersih, karena jalanan berdebu tak ramah stroller
* Dekat, agar ongkos transpor tak bikin dompet sesak
* Aman, dengan penjagaan yang memadai
* Bahkan bisa untuk track jalan kaki yang disertai toilet bagus.
* Dan tentu saja : gratis

Mal, dengan segala kemewahannya, tanpa disadari telah berubah fungsi. Mal tak lagi sekadar tempat belanja. Mal adalah taman kota versi indoor. Ruang publik tanpa pungutan. Tempat rekreasi keluarga kelas menengah yang kehilangan pegangan ekonomi. Rojali bukan mitos. Rojali merupakan  cerminan realitas.

Ekonomi boleh tumbuh, tapi daya beli stagnan. Harga kebutuhan pokok terus naik, tapi  gaji naiknya masih malu-malu. Belanja bukan prioritas, menunda kebutuhan menjadi keterampilan baru. Maka banyak tenant menggulung etalase, digantikan dengan coffee shop diskonan atau playground berbayar murah.

Banyak pemilik brand kini sadar, bahwa pengunjung mal bukan lagi calon pembeli, melainkan viewers dunia nyata. Mereka masuk bukan untuk transaksi, tapi untuk mencari udara segar, Wi-Fi gratis, dan konten Instagram. Fenomena ini mestinya membuat kita merenung: Apakah benar kita sedang baik-baik saja secara ekonomi, atau kita sedang tersesat dalam ilusi pertumbuhan?

Jika mal yang ramai ternyata tidak menjamin omzet para tenant, maka yang sedang ramai bukanlah konsumsi, melainkan kerinduan akan hidup yang sedikit lebih layak. Rojali tak bisa disalahkan. Mereka hanya sedang bertahan di tengah himpitan. Mereka datang bukan membawa uang, tapi membawa harapan : bahwa rekreasi masih mungkin, meski tanpa belanja. Ketika kita melihat mal penuh sesak, jangan langsung senang. Bisa jadi itu bukan tanda ekonomi menggeliat, melainkan sinyal bahwa rakyat diam² sedang mengeluh.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...