Friday, December 02, 2011

Status Imigrasi Saya

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2,
Tadi habis shalat jumat aku sempat berfikir bahwa sudah tidak ada pilihan lagi, dan minggu depan harus keluar dari Indonesia, mungkin untuk selama2nya. Bagaimana lagi, sudah setahun tidak berhasil dapat pekerjaan di sini dan juga tidak berhasil dapat dukungan untuk program pelatihan guru. Dan saat itu juga belum ada kabar tentang apakah visa sosbud saya bisa diperpanjang lagi, setelah paspor dan semua dokumen sempat hilang di Imigrasi selama 2 minggu. Jadi setelah pulang dari jumatan, sudah berniat mau kirim email ke semua teman dan permisi karena sudah harus keluar dari Indonesia. Lalu aku shalat hajat dan shalat istiqharah sebelum pulang.
Habis itu, aku baru keluar dari masjid dan ada telfon dari agen imigrasi. Visa sosial budaya sudah berhasil diperpanjang smp batas 18 Desember. Tidak ada ancaman deportasi lagi. Tapi sekarang masih harus pinjam uang 2,3 juta untuk bayar proses perpanjangan visa, dan pinjam beberapa juta lagi untuk tiket pesawat dan hotel di Kuala Lumpur kl mau membuat visa sosial budaya baru (insya Allah bisa) untuk kembali ke Indonesia.
Jadi, rasanya masih ada kemungkinan menetap di sini, tetapi sekaligus bingung karena tidak mungkin tinggal di sini berbulan2 lagi dengan pinjam uang terus, tanpa ada harapan kerja. Jadi, masih boleh di sini, tapi tidak tahu kalau itu adalah pilihan yang terbaik. Jadi di satu sisi lega karena tidak jadi dideportasi, dan sekaligus bingung karena tidak tahu bisa kerja di mana.
Sekian saja dulu.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene

No comments:

Post a Comment