Search This Blog

Labels

alam (8) amal (100) anak (299) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (61) hadiths (9) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (52) indonesia (570) islam (557) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (357) kesehatan (97) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (52) my books (2) orang tua (8) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (503) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (34) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (179) Sejarah (5) sekolah (79) shalat (9) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

16 February, 2007

Komentar Tentang Sekolah Swasta DKI

Assalamu’alaikum wr.wb.,Bismillah hirrahman nirrahim.

Di sering menyatakan bahwa saya belum menemukan sekolah Islam yang bagus di Indonesia. Seorang ibu kirim email kepada saya dan menyatakan kaget. Dia minta saya menjelaskan kenapa pendapat saya seperti itu.
Artikel ini saya buat untuk menjelaskan pandangan saya terhadap sekolah swasta di Jakarta, Islam dan sekular, yang didasarkan pengalaman pribadi saya. Maaf, artikel ini agak panjang, tetapi saya sengaja membuatnya begitu supaya menjadi referensi yang lebih jelas dan akurat bagi para orang tua.

Kualifikasi saya
Supaya percaya dengan apa yang saya katakan, saya mau jelaskan kualifikasi saya dulu:
Saya seorang guru bahasa dan sejarah (Language and History teacher) dengan gelar Bachelor of Arts dan Graduate Diploma of Education dari Universitas Griffith di Brisbane, Australia. Sekarang saya sudah berpengalaman 10 tahun mengajar di kelas, baik di kursus bahasa Inggris maupun di sekolah swasta, juga les privat dan bentuk training yang lain. Sebagai pengamat pendidikan (hobi saya), saya sering membaca artikel dan berita tentang pendikikan, baik dari Indonesia maupun dari manca negara. Sudah beberapa kali saya melakukan kunjungan sekolah di DKI untuk menganalisa sekolah tersebut, baik karena ada permintaan dari orang tua atau teman, atau karena ada permintaan dari yayasan, atau karena saya sendiri ingin melihat sekolah itu. Hasilnya (laporan) biasanya diberikan secara lisan, tapi juga ada yang secara tertulis untuk anggota yayasan. Saya sudah melakukan Teacher Training untuk beberapa sekolah, dan juga untuk Pusdiklat DKI (melatihkan guru-guru SD).

Yang pernah saya lakukan sebagai seorang guru:
Mengajar bahasa Inggris di semua tingkat dari TK sampai dewasa, dari Foundation sampai TOEFL dan FCE.; melakukan Teacher Training; membimbing guru junior; menasihati kepala sekolah tentang masalah pendidikan dan masalah karyawan; membuat kurikulum bahasa Inggris untuk kursus bahasa Inggris dan sekolah swasta; membuat bahan dan ujian untuk murid di kursus dan sekolah swasta; melakukan Motivational Training untuk guru dan murid; membuat program Academic Writing untuk beberapa universitas di Indonesia dengan funding dari Ford Foundation; dan memeriksa dan menganalisa sekolah untuk menilai kualitasnya, termasuk “interview” para guru.

Saya pernah ditawarkan posisi sebagai: guru bahasa Inggris di beberapa sekolah swasta dan kursus; Kepala Sekolah di beberapa lokasi; Head of English Department (Binus High School, Simprug); Manager of English Services (Bina Nusantara University); dosen bahasa Inggris (Swiss German University, Serpong).
Sebagian besar dari tawaran ini tidak diterima karena beberapa alasan (gaji, lokasi, masalah dengan managemen, atau masalah dengan “job description”).
Insya Allah, semua pengalaman ini menjadi landasan yang cukup baik bagi saya untuk menganalisa sebuah sekolah dengan cara profesional.

Masalah Dengan Sekolah Di Indonesia
Masalah utama dengan sekolah swasta adalah tujuannya. Kebanyakan adalah bisnis yang dibangun oleh pengusaha yang tidak memiliki latar belakang pendikikan. Pada saat mereka mendirikan sekolah, mereka melihat bahwa orang lain sudah mendirikan sekolah dan menghasilkan profit besar, sampai ada yang membuat franchise sekolah (bukan cabang). Dengan demikian, sekolah menjadi sama dengan Starbucks atau Breadtalk: hanya sebuah bisnis yang menghasilkan profit bagi pemiliknya. Saya pernah mendengar seorang pemilik sekolah menyatakan dengan senyuman lebar dan dengan rasa bangga bahwa dia sudah break even (balik modal) dalam 4 tahun saja! Saya tidak paham kenapa hal itu membuatnya bangga.

Saya tidak berniat menjelekkan nama semua sekolah swasta atau semua guru yang kerja di sekolah itu. Ada masalah yang prinsip, dan ada masalah biasa. Semuanya memberi tanda bahwa sekolah tersebut tidak terfokus pada pendidikan seperti semestinya, dan bisa diperbaiki lagi, akan tetapi hal itu jarang terjadi, karena si pengusaha sebagai pemilik tidak melihat ada masalah sama sekali (“Profit tetap tinggi kok! Berarti orang tua puas! Kenapa harus diubah?”)

Sekolah Islam
Sekolah Islam tidak lepas dari masalah binis ini. Seringkali, yang diutamakan adalah profit untuk yayasan dan bukan kualitas guru atau kualitas pendidikan. Karena stok murid besar, sekolah bisa cuek pada kualitas sekolah dan tetap ada orang tua baru yang mau bayar mahal untuk daftarkan anaknya pada tahun berikut.

Yang sering terjadi, orang dewasa yang menjadi guru bukan orang yang kuliah pendidikan (lulusan IKIP, misalnya) tetapi orang mana saja yang bisa berbahasa Inggris karena ini yang dijual kepada orang tua: “Kita sekolah bilingual lho!” Saya pernah menemukan orang dengan gelar ekonomi, akutansi, finance, psikologi, hukum, sastra, linguistik, dan lain lain yang bekerja sebagai guru di sekolah swasta di Jakarta. Bahkan ada seorang apoteker. Saya bertanya kenapa dia bisa masuk sekolah, dia menjawab karena tidak ada pekerjaan lain, dan karena dia bisa berbahasa Inggris. Ini merupakan kegagalan sekolah untuk mendapatkan ahli pendidikan yang profesional.

Mungkin semua orang senang dengan [nama sekolah dihapus], salah satu sekolah Islam terkemuka di Indonesia. Sekarang, ada anak teman yang masuk TK sekolah tersebut. Guru anak itu membuat ibunya stres karena selalu mengeluh bahwa si anak “tidak bisa menulis dengan rapi”.

Pada umur 5,5 tahun tidak ada kewajiban untuk menulis dengan rapi! Seharusnya guru senang bahwa seorang anak laki-laki mau menulis daripada lari-lari terus. Ini sangat aneh. Pada umur ini, kemampuan motorik halus sedang berkembang. Seharusnya tidak ada orang (baik orang tua maupun guru) yang mewajibkan anak menulis dengan rapi pada umur ini. Dan seharusnya hal ini tidak menjadi salah satu hal yang dicermati guru, apalagi mengeluh kepada orang tua. Pada umur 7-9 ke atas, baru perlu dicermati.

Dan kalau kita jujur, apakah tulisan tangan yang rapi pernah ada pengaruh besar di dunia? Contoh: “Maaf, Mr. Einstein, Piagam Nobel anda harus dikembalikan karena anda menulis E = MC2 dengan tulisan yang tidak rapi. Maaf ya!” Para dokter di dunia terkenal dengan tulisan tangan yang tidak rapi. Apakah seharusnya tidak boleh menjadi dokter sampai bisa menulis dengan rapi?

Anak di sekolah itu lapor kepada saya bahwa di sekolah dia main dengan Lego juga (karena saya belikan dia Lego) tapi Legonya besar, bukan dengan batu-batu kecil seperti yang saya belikan. Tanpa melihatnya, saya tahu Lego yang dia maksudkan: Lego besar untuk anak berumur 2-4 tahun. Baca saja di kotaknya (ada batas umur). Berarti, Lego yang dia dapat di sekolah adalah mainan untuk balita berumur 2-4 tahun, padahal umur dia 5,5 tahun. Berarti yang membeli mainan untuk anak di sekolah itu tidak mengerti mainan yang mana yang cocok dengan umur anak, dan dia tidak mengerti kenapa Lego kecil lebih bermanfaat dari Lego besar pada umur ini: untuk melatihkan skil motorik halus yang juga digunakan untuk menulis! Kalau sekolah menuntut tulisan yang rapi, coba berikan mainan yang cocok dulu!

Saya juga dengar bahwa untuk masuk SD sekolah tersebut ada tes membaca dan menulis. Kalau tidak bisa membaca dan menulis, maka tidak bisa atau susah masuk (harus bayar lebih mahal kali?). Bukannya sekolah itu tempat belajar? Buat apa kita kirim anak ke SD kalau SD menuntut anak2 mendapatkan skil membaca dan menulis di luar sekolah? Kalau memang diajarkan di sekolah, kenapa harus dites untuk masuk? Kalau tidak diajarkan, emang siapa yang bertanggung jawab untuk mengajarkannya?
Bagaimana kalau rumah sakit ikut-ikutan menerapkan teori seperti ini: mau masuk rumah sakit, tes kesehatan dulu. Kalau ternyata tidak sehat, disuruh pulang dulu dan kembali kalau sudah sehat. Ampun!!

Bukannya masuk RS untuk menjadi sehat? Dan bukannya kita kirim anak ke SD untuk belajar membaca dan menulis? Kok sekolah bisa mewajibkan anak mendapat skil itu di lain tempat sebelum masuk?? Sungguh tidak masuk akal!

Pada saat saya diundang untuk menjadi juri di sebuah Lomba Bahasa Inggris di sekolah Islam tersebut, untuk anak2 dari jaringan sekolah itu se-DKI, saya kaget pada saat setiap anak dari sekolah yang sama membaca teks yang sama. Ini bukan lomba “membaca”, tapi lomba bahasa (bicara). Dari kosa kata yang digunakan, saya tahu bahwa orang dewasa yang menulisnya (gurunya barangkali?) dan bukan anak itu. Jadi piagam seharusnya dikasih kepada gurunya, bukan anak itu. Ini kegagalan dari pengurus lomba (para guru) untuk membuat peraturan yang jelas dan saya merasa bahwa seluruh hari itu sia-sia untuk anak2 dari sisi pendidikan.

Tapi saya tidak heran bahwa lomba menjadi kacau. Seseorang melaporkan kepada saya bahwa pada tahap “planning” para guru itu menghabiskan 2 jam untuk membahas seragam apa yang akan dipakai pada hari lomba. Setelah itu, mereka membahas lomba untuk sebentar sebelum bubar. Kalau bukan kenalan saya yang lapor begitu, saya tidak akan percaya. Guru itu sibuk memikirkan diri sendiri dan bukan lomba untuk kepentingan pendidikan anak.

Saat saya kunjungi sebuah sekolah Islam di Jakarta Selatan, saya kaget melihat bahwa papan putih ditempatkan di atas jendela. Kalau tutup pintu, kelas menjadi seperti gua, dan harus nyalakan lampu. Saya bertanya kenapa: katanya karena setiap kali ada orang yang lewat, anak tengok ke belakang. Jadi jendela harus ditutup. Ini kegagalan guru untuk mengendalikan anak (classroom management). Seharusnya, seorang guru profesional sudah tahu trik untuk membujuk anak fokus ke depan, dan tidak lihat ke belakang. Saya telah diberitahu bahwa sekolah ini sudah diperbaiki dan tidak seperti ini lagi. Pertanyaan saya adalah kenapa bisa seperti itu pada awalnya sehingga harus ada yang memperbaikinya? Kalau pengurus sekolah memang mengerti pendidikan dari awalnya, mereka tidak akan memberikan izin untuk jendela ditutup, dan guru yang ingin melakukannya akan diberi pengarahan atau training supaya mengerti caranya mengendalikan anak di kelas.

Sebagai Contoh: “PR malam ini tidak ada anak-anak, tapi kalau ada yang melihat ke belakang pada saat orang lewat, PR menjadi 1 halaman. Kalau terjadi lagi, 2 halaman, dan seterusnya. Tapi kalau kalian baik selama 30 minit, dan konsentrasi, 1 halaman dihapus, dan dihapus lagi sampai menjadi nol. Kalau kamu mau kerjakan PR, silahkan lihat ke belakang terus. Kalau tidak mau PR, lihat ke depan. Silahkan pilih sendiri.” Dan seorang guru juga harus fleksibel karena yang namanya “anak” ada batas waktu untuk berkonsentrasi yang sangat singkat. Kalau “melihat ke belakang” tidak merupakan sesuatu yang menimbulkan bahaya atau membuat kelas kacau untuk berjam2, kenapa harus dikhawatirkan oleh guru?

Selain dari masalah itu (kegagalan managemen kelas), juga makan biaya untuk listrik. Dan juga, cahaya matahari adalah suatu zat yang penting untuk perkembangan dan kesehatan anak. Juga ada pengaruh psikologis bagi anak yg bisa merasa “terkurung” di dalam sebuah kelas yang gelap. Cahaya alamiah adalah hal yang baik yang seharusnya ditambahkan bukan dikurangi.

Saat kunjungi [nama sekolah Islam ini dihapus] di daerah Jakarta Timur saya kaget melihat batang2 kayu di belakang sekolah dengan paku bangunan berdiri di tengahnya, seperti kayunya berduri. (Barangkali sudah tidak ada lagi sekarang). Ada tumpukan kayu (mungkin 70-100 batang) semuanya dengan paku yang berkaratan. Di depannya, 8 anak lari-lari main bulu tangkis tanpa memakai sepatu. Kalau ada yang injak ke samping, kaki akan kena paku. Kalau ada yang terdorong ke samping, kaki, paha, perut, dada, tangan dan mata bisa kena paku sekaligus. Saya panggil seorang pengurus karena melihat itu sebagai sesuatu yang berbahaya sekali. Seharusnya kayu itu tidak ada di sekolah. Komentar dia: “Wah, anak2 seharusnya tidak berada di situ. Kok pintu tidak dikunci.” Itu saja. Seharusnya kayu itu disingkirkan, atau ditutup, dan pintu ke belakang harus dikunci dan dicek terus, dan seharusnya ada pengumuman di pintu yang melarang anak2 ke belakang dengan menyebutkan sanksi bila melanggar.

Di kantin, anak anak berjalan tanpa sepatu (karena semua anak lepaskan sepatu di pintu masuk sekolah – lebih Islami kali?) dan menginjak tomat, daging, nasi, tulang ayam, sosis, saus tomat dan yang lain yang ada di lantai. Saya lewat kantin untuk mencapai ruangan kepala sekolah dan mencermati lantainya yang kotor karena anak2 baru selesai makan siang. Jadi, lepas sepatu lebih Islami, dan ... menginjak sosis adalah hal yang Islami juga? Dengan melihat kondisi sekolah, lebih baik anak2 pakai sepatu terus. Setelah melihat kayu yang penuh paku, saya sangat meragukan kemampuan dari pengurus sekolah untuk menjaga kualitas pendidikan, karena sudah jelas mereka tidak bisa menjaga ruang fisik dari acaman dan bahaya terhadap anak (padahal itu jauh lebih utama).

Saya kunjungi sebuah sekolah SD di sebelah sebuah masjid (saya lupa namanya). Kata salah satu orang tua saat bicara dengan saya, sekolah ini sangat bagus. Masa? Saya minta melihat kurikulum. Kepala sekolah mencari tapi tidak menemukan. Saya melihat daftar kelas2. Kurang lebih, yang saya ingat begini:
Menghafal al Qur’an.
Bahasa Arab
Bahasa Arab 2
Membaca Al Qur’an
Sejarah Islam
Bahasa Inggris
Matematika
IPA
(ada dua atau tiga lagi tapi saya lupa)

Tidak ada Kesenian. Tidak ada Olahraga. Tidak ada musik. Tidak ada Ekskul. Saya bertanya kenapa? Katanya: 1) tidak ada waktu lagi. 2) Musik tidak boleh dalam Islam, katanya. 3) Kesenian tidak perlu. 4) Olahraga: mereka bisa main bola dengan teman2 setelah sekolah. Luar biasa.

Kesenian: melatih motorik halus dengan menggambar, melukis, dsb. Melatih koordinasi tangan dan mata. Mempelajari warna dan campuran warna. Tidak semua orang menjadi ustadz: ada yang menjadi designer, berarti warna dan skil untuk membuat kombinasi warna perlu. Dari kebiasaan menggambar, ada yang menjadi artis, arsitek, designer, dan bahkan insinyur: rata-rata, insinyur membuat gambar mobil dulu dan sesudah itu baru membuat design, lalu membuatnya secara nyata. Kalau anak2 main dengan warna, ketahuan kalau ada anak yang sering bermasalah dengan warna: salah pilih atau salah menyebutkan. Bisa jadi ada masalah dengan matanya, atau dia buta warna. Lebih cepat terdeteksi, lebih baik.

Olahraga: dengan lari-lari dan bermain, kelihatan perkembangan motorik kasar, dan koordinasi tangan dan mata. Anak yang sering jatuh bisa ada masalah dengan telinga (keseimbangan), atau dengan matanya (minus, silinder). Masalah dengan mata penting untuk terdeteksi dengan cepat karena bisa menggangu pelajarannya. Anak tidak tahu bahwa matanya bermasalah. Dia menanggap semua orang “melihat” seperti itu, jadi dia tidak akan komplain bahwa tulisan guru samar-samar. Dengan main game di luar, anak belajar untuk membagi, berkompetisi, berlomba, menerima kekalahan dengan lapang dada, menang tanpa menjadi sombong, bekerja di dalam tim, bernegosiasi, bekerja cepat, berfikir cepat, ambil keputusan dengan cepat, dsb.

Musik: memainkan alat musik merupakan skil yang sulit. Mengembangkan motorik halus, gerakkan jari dengan cepat (seperti ketik), belajar mengikuti irama, menari, dan belajar puisi (lirik lagu sama dengan puisi) yang membantu perkembangan bahasanya dan kosa kata. Anak yang sulit mengikuti irama bisa ada masalah dengan pendengaran, bisa jadi dia kurang percaya diri, atau ada gangguan dengan koordinasi kakinya. Kalau dia tidak bisa menari, bisa ada gangguan telinga, atau gangguan syaraf sehingga kakinya tidak bertindak sesuai dengan keinginannya.

Pemantauan seperti ini termasuk apa yang dikerjakan guru profesional, beda halnya dengan seorang lulusan ekonomi yang bisa bahasa Inggris dan menjadi “guru”.

Saya pernah memberi tes bahasa Inggris kepada 100 anak SD dan dari 100 anak itu, saya menemukan satu anak yang bermasalah: dia tidak mau memandang mata saya. Mungkin orang lain (seperti si lulusan ekonomi) hanya akan mengatakan bahwa anak itu seorang pemalu dan melupakannya. Tetapi saya langsung telfon bapaknya. Dia menyatakan bahwa setelah saya berkomentar, dia baru sadar bahwa anaknya memang suka begitu dengan orang lain (selain orang tua). Berarti bukan karena diri saya (sebagai bule) yang membuat dia takut/malu. Dia memang tidak suka memandang mata orang dewasa. Saya hubungi seorang psikolog dan minta anak ini diobservasi.

Tidak memandang mata orang lain bisa berarti dia malu sekali, dan juga merupakan salah satu gejala Autis dan Asperger Syndrome (tipe Autis juga). Dari melihat anak itu dan setelah bertanya2 kepada bapaknya, saya menduga bahwa anak itu menderita dari Asperger Syndrome yang sangat ringan sehingga hanya ada satu gejala yang tampak: tidak suka memandang mata orang yang tidak dikenal! Untuk mengetahui kalau ada gejala yang lain, perlu dianalisa secara lengkap oleh seorang ahli. Saya serahkan kepada psikolog untuk melakukan diagnosis secara profesional.

Kalau saya bukan seorang guru, dan kalau saya tidak belajar tentang gejala penyakit yang diderita anak, dan kalau saya tidak memilih untuk melakukan investigasi (padahal tidak ada yang mewajibkan bagi saya utk cari informasi lebih dalam), maka anak itu belum tentu terdeteksi sebagai penderita Asperger sampai umurnya sudah terlalu tua. Untuk masalah seperti itu, lebih cepat ditangani, lebih baik hasilnya, terutama dari sisi pendidikan. Seringkali, anak sudah besar, dan nilai sekolah makin buruk terus, baru ketahuan ada masalah yang sudah lama mengganggu proses belajarnya.

Ada seorang teman yang memberitahu saya bahwa di sekolah dia ada guru yang menutup mulut anak TK dengan lakban (duct tape) karena... anak itu bicara terlalu banyak! Masa? Anak TK suka bicara? Dari kapan anak TK menjadi senang “bicara” di kelas? Bukannya semua duduk diam dan selalu nurut dengan gurunya seperti ROBOT? Setelah diperiksa, inilah salah satu guru yang bukan guru, tapi orang yang bisa berbahasa Inggris, karena itu sekolah “Bilingual”. Selamat kepada pemilik sekolahnya.

Saat saya periksa sebuah sekolah Islam di Jakarta Timur (saya lupa namanya) saya cek perpustakaan. Buku tidak banyak tapi cukuplah. Saya mengambil satu: ternyata buku teks matematika. Yang lain juga buku teks. Setelah saya bertanya pada Librarian (penjaga perpustakaan), dia memberitahu saya bahwa hanya ada buku teks di perpustakaan. Tidak ada buku cerita. Ada sedikit di dalam kelas saja. Seharusnya, setiap minggu setiap kelas dapat waktu di perpustakaan. Selain dari mendengar guru baca buku, anak2 harus diberi kebebasan (bahkan kewajiban) untuk memilih dan membaca buku sendiri. Bagaimana anak2 bisa mencintai buku kalau tidak ada pengalaman baca buku selain buku teks di sekolah?

Selandia Baru (New Zealand) adalah salah satu negara dengan tingkat kemampuan baca tulis (literacy rate) yang paling tinggi di dunia – sekitar 99% dari penduduk bisa membaca dan menulis dengan baik. Perpustakaan di SMP saya di Selandia Baru sebesar dua lantai dengan jumlah buku mencapai puluhan ribu. Waktu di SD, perpustakaan lebih besar dari satu kelas, dan penuh juga dengan buku. Kalau anda menyatakan bahwa buku mahal sehingga tidak bisa begitu di Indonesia, saya menyatakan bahwa ada cara untuk mendapatkan buku. Kita yang harus kreatif untuk mememukan caranya.

Satu contoh: daripada memberikan piagam setelah setiap lomba, beli satu buku dan pasang stiker di halaman depan dengan tulisan “Buku ini diberikan kepada Budi sebagai Pemenang Pertama pada lomba... dst.” Dan semua buku itu menjadi sumbangan buat perpustakaan sekolah. Setiap kali ada yang pinjam buku itu, kelihatan nama si Budi di depan. Bukan saja dia menjadi pemenang lomba, tapi juga dermawan yang membantu membangun sekolah dan masa depan adik kelas!! Bukanlah itu lebih baik dan lebih bermanfaat daripada setiap anak yang lulus SD mendapat sekotak piagam murahan?

Saat saya kunjungi sebuah sekolah di jakarta selatan [nama dihapus] saya menjadi kaget melihat tempat yang begitu berbahaya, saya heran ada orang tua yang mau masukkan anaknya ke sana. Di belakang sekolah ada jurang tanpa pagar di atas. Pada saat saya ada di sana untuk Open Day, seorang anak mengejar bola dan berhenti sekitar 2 meter dari pinggir jurang itu.

Perlu dipahami bahwa anak kecil tidak bisa mengukur jarak karena matanya dan persepsi jaraknya masih berkembang. Oleh karena itu, anak sering jedot kepala di meja makan karena dia tidak bisa melihat ujung meja yang menonjol itu. Menurut mata, masih jauh. Lalu jedot. Kalau ada jurang tanpa pagar, dan dia sedang lari mengejar bola, mata dia menyatakan jurang masih jauh maka dia kejar bola terus. Lalu tergelincir. Juga benar bahwa anak belum pintar mempertimbangkan risiko seperti orang dewasa. Orang dewasa melihat jalan yang ramai dan menyeberang dengan hati-hati. Anak melihat jalan dan melintas saja karena bahayanya tidak langsung masuk pikirannya.

Jalan masuk sekolah itu dibuat dari batu kali yang bulat dengan ukuran 5-15cm. Jalan tidak datar dan kita harus berjalan dengan pelan dan hati-hati. Saya yang dewasa hampir kena kaki keseleoh karena kaki saya injak sebuah batu besar dan tergelincir ke samping. Buat apa batu itu? Pagar di sebelah jalan itu dibuat dari kayu bambu yang bagian atasnya ditajamkan, seperti bambu runcing. (Apa ditakuti serang pasukan Belanda lagi?) Buat apa bambu di pagar sekolah ditajamkan begitu? Tingginya sekitar 50-60 senti. Saya bisa bayangkan seorang anak mendorong temannya, dan pada saat dia jatuh ke atas pagar itu, dadanya ketusuk bambu.

Ada seekor rusa di dalam kandang. Tembok kandang dibuat dari kawat ayam. Karena mengunakan kawat ayam yang kurang panjang, dua lapis diikat sehingga ada bagian atas dan bagian bawah dengan ikatan di tengah. Ikatan juga menggunakan kawat yang kuat, tetapi tidak diikat dengan rapi. Ada banyak bagian yang menonjol keluar sekitar 10-15cm. Artinya, tembok kandang itu menjadi “berduri” karena ujung2 kawat yang menonjol. Kalau ada anak lari ke sana, dan mendorong temannya, pada saat anak itu hajar kawat ayam, dia bisa ditusuk oleh kawat yang menonjol. Tingginya duri kawat itu sekitar 1 meter dari tanah, atau setinggi mata anak. Kalau mata seorang anak ketusuk, orang tua tidak bisa beli mata yang baru di toko swalayan.

Artinya semua ini, sekolah ini penuh dengan hal-hal yang berbahaya untuk anak (pada saat saya ke sana). Di Australia, tempat seperti itu tidak akan mendapat izin menjadi sekolah. Untuk membangun sekolah, keamanan dan keselamatan adalah nomor satu. Selalu. Bayangkan kalau anda terima telfon seperti ini: “Maaf, Ibu. Anak anda menjadi buta karena matanya ketusuk kawat saat dia main di samping pagar... tapi nilai bahasa Inggrisnya tinggi. Bagus kan?”

Pada saat ada informasi (iklan 1 halaman) tentang sekolah ini di sebuah koran, saya membaca suatu pernyataan yang paling aneh yang pernah saya baca berkaitan dengan pendidikan. Kata Pengurus “Kalau anak mau belajar tentang daun, maka dia harus memegang daun. Berarti harus ada hutan di depan sekolah.” Masa? Kalau teori pendidikan ini benar, coba kalau kita kembangkan: Kalau anak mau belajar tentang buaya, mereka harus memegang buaya. “Nah, Budi, yang sendang gigit kaki kamu itu, namanya buaya! Lihat giginya yang besar. Jangan teriak. Kamu masih punya kaki satu lagi.” Apakah begitu pendidikan? Kalau anak mau belajar tentang sesuatu, mereka harus mengalaminya secara langsung? Kalau belajar tentang alam semesta bagaimana? Atom? Pesawat? Piramida? Virus? Peredaran darah? Ledakan bom?

Berapa banyak hal selain daun dan bunga yang bisa dihadirkan di sekolah? Kalau seandainya dia membicarakan “Hands on Learning” atau “Experimental Learning”, maka saya tidak ada komentar karena itu memang bagus. Tetapi penjelasan dia tidak seperti itu, dal hal itu membuat saya meragukan pengertiannya tentang pendidikan.
Dan pada saat saya melihat jendela kelas tidak ada kacanya (supaya dekat dengan alam) saya memikirkan kemungkinan anak bisa kena Demam Berdarah. Nyamuk diberi akses penuh terhadap anak. Saya mencari alat pemadam kebakaran (karena gedung dibuat dari kayu) tapi tidak menemukannya (mungkin ada, tapi disimpan supaya tidak kelihatan). Tapi karena tidak ada kaca di jendela, anak bisa loncat keluar dari kelas dengan mudah kalau terjadi kebakaran.

Intinya, orang yang membangun sekolah ini seakan-akan inginkan anak kembali hidup di tengah hutan seperti orang Rimba. Saya bingung tentang kenapa ini menjadi idaman orang tua dan pemilik sekolah.

Sudah berkali-kali saya mengunjungi sebuah sekolah di DKI dan minta melihat kurikulum. Sering kali, kepala sekolah sulit menemukannya karena tidak tahu ada di mana. Lebih parah, sering ada yang menyatakan “Kita sedang menulisnya”. Dan “Kita” di sini adalah kepala sekolah dan para guru yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan. Pernah ada kepala sekolah menyatakan kepada saya dengan bangga: “Kita sudah membuat kurikulum untuk 6 bulan ke depan.”

Coba kita aplikasikan logika ini pada tempat yang lain: Kita naik bis dan pengemudi menyatakan “Saya ada peta untuk 6 kilo ke depan. Sisanya akan saya tulis dalam perjalanan kita ke Bali.” Apakah anda mau naik bis itu? Yakin bisa sampai ke tujuan?
Kalau kurikulum tidak dibuat dari K-6 dari awal sekolah, dan hanya 6 bulan di depan murid, bagaimana kalau sampai ke Kelas 6 dan para guru baru sadar ada banyak yang belum sempat diajarkan? Dari ilmu 100%, baru 60% yang diajarkan dari K-5. Apakah 40% yang tersisa bisa diberikan dalam 1 tahun terakhir? Seperti apa kelasnya nanti?
Kayanya ada banyak sekolah seperti ini, dan mayoritas dari orang tua tidak sadar bahwa sekolah tanpa kurikulum adalah masalah besar.

Ada sebuah sekolah yang mendapat “guru bahasa” dari negara Inggris untuk menyusun program bahasanya. Masalahnya adalah di Inggris dia bekerja sebagai DJ (Disc Jockey) di sebuah klub malam, tidak ada latar belakang pendidikan, dan juga tidak lulus kuliah. Program bahasa yang dia gunakan di sekolah itu diambil dari Amerika. Setelah diselidiki, ternyata program itu adalah sebuah program Phonics yang diciptakan pada tahun 1950an, dan sekarang sudah diganti di manca negara dengan program Phonemic Awareness (yang sifatnya berbeda).

Tetapi orang tua datang ke sekolah (“Kita sekolah bilingual lho!”) dan melihat bule, jadi mereka tidak bertanya tentang latar belakangnya. Yang penting bule.

Kalau mau tahu kalau sebuah sekolah bermasalah, coba cek kalau para guru sering diganti. Kalau setiap tahun ada banyak yang mengundurkan diri dan guru baru masuk, biasanya berarti ada masalah dengan managemen sekolah. Kalau gurunya bagus, dan kurikulum oke, tapi managemen sekolah tidak baik, maka guru akan keluar mencari kesempatan di lain tempat. Biasanya guru yang baik menjadi jenuh kalau kerjanya diganggu dan di otak-atik oleh pengusaha yang ingin mengatur sekolah sesuai dengan kemauan sendiri. Kalau guru sering diganti, dan kurikulum “sedang ditulis” maka hati-hati kalau mau masukkan anak anda ke sekolah itu.

Semua masalah yang disampaikan di atas bisa diatasi. Tapi karena pemilik sekolah tidak mengerti pendidikan, hal seperti ini dianggap masalah kecil dan bukan utama. Dan sayangnya, orang tua tidak sadar bahwa sekolah anak mereka adalah tempat yang tidak ideal.

Mohon diingat bahwa saya tidak membuat artikel ini dengan niat menjelekkan nama semua sekolah Islam yang ada di DKI. Walaupun tidak enak di hati, saya sengaja merasa kewajiban untuk membicarakan masalah ini supaya orang tua bisa menjadi sadar.

Sebagai seorang guru, saya merasa ada tanggung jawab untuk menyampaikan kritikan sekolah kepada para orang tua secara jujur. Kalau guru dari salah satu sekolah tersebut membaca artikel ini, mungkin dia tersinggung karena merasa sekolah dia oke-oke saja. Dan perlu dipahami, bahwa saya membandingkan sekolah di atas dengan sekolah ideal yang teratur secara baik.

Insya Allah pada suatu saat semua Sekolah Negeri di Indonesia bisa berubah menjadi sekolah ideal, dan sekolah swasta tidak akan diperlukan lagi, atau bisa dijaga secara ketat supaya tidak bisa menyimpang.

Masih ada banyak hal lain yang bisa saya sampaikan, tapi saya rasa sudah cukup untuk saat ini. Bisa jadi ada sekolah swasta yang bermutu di DKI, cuma saya belum mendengar tentang sekolah itu dan belum mengunjunginya.
Semoga bermanfaat,
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

18 January, 2007

IQ Anak Bisa Ditingkatkan Dengan Cara Bermain Saja

Assalamu’alaikum wr.wb. Sekali lagi terbukti pentingnya bermain di masa kecil seorang anak. Sebuah laporan yang terbit di Jurnal Medis Lancet menjelaskan nasib anak2 yang kurang gizi di Bangladesh. Pemberian mainan kepada anak-anak prasekolah untuk dimainkan akan meningkatkan perkembangan mental mereka, bahkan jika mereka menderita kekurangan gizi. Seperti kita tahu, salah satu hal utama dalam membentuk IQ yang tinggi adalah makanan bergizi. Tetapi di tengah kalangan anak miskin yang sangat kurang gizi, IQ masih terbukti meningkat hanya dengan cara bermain di masa prasekolah.

"Kami telah melaksanakan program bermain di Bangladesh di mana anak-anak sangat kekurangan gizi, dan kami telah menghasilkan peningkatan hingga 9 poin dalam IQ anak-anak ini, hanya dengan cara bermain," kata penulis Sally McGregor dari Institut Kesehatan Anak di University College London. Anak di dalam studi ini dipantau terus sampai umur 18 dan ternyata IQ-nya lebih tinggi, kemampuan membaca lebih baik, lebih jarang putus sekolah, kesehatan mental lebih baik, tingkat depresinya lebih rendah (dibandingkan anak lain), mereka tidak merasa waswas, dan rasa percaya diri (self esteem) lebih tinggi.

Ini hasilnya untuk anak yang sangat miskin, yang biasanya tidak memiliki mainan, kena banyak stres dalam kehidupan sehari-hari, dan gizinya sangat rendah. Bagaimana dengan anak kita di tengah kota yang gizinya tinggi, dan mainannya banyak? Insya Allah studi ini membuktikan bahwa tingkat IQ semua anak bisa dikembangkan hanya dengan bermain. Kalau anda punya anak kecil, coba utamakan mainan yang berkualitas untuk mereka. Semua mainan bermanfaat, tetapi mainan yang memicu daya pikir lebih baik. Contoh bagus adalah Lego. Tapi mobil-mobilan, balok, boneka, dll. juga bermanfaat. Yang penting bisa dipakai anak sebanyak mungkin setiap hari.

Jadi kalau anda diajak ikut dalam acara bagikan sembako kepada orang miskin di, maka coba mengusulkan agar sekaligus membagikan mainan anak, karena makanan hanya akan isi perut mereka untuk sesaat saja, tetapi mainan anak terbukti bisa meningkatkan IQ-nya dan mengubah masa depan menjadi lebih berkualitas, insya Allah. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

Boosting Intelligence Among Poor Is Child's Play
https://www.reuters.com



01 January, 2007

Renungan Bulan Dan Matahari

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Dengan datangnya Idul Adha di Indonesia, ada sekelompok orang yang bersikeras bahwa kita seharusnya mengikuti ketentuan hari itu dari pemerintah Arab Saudi.

Setelah saya renungkan, saya mulai berfikir tentang alasannya kenapa mereka mau mengikuti pemerintah negara yang lain. Mereka menyatakan, kalau sudah masuk hari Idul Adha di Saudi, maka kita harus mengikuti negara Saudi. Hilal yang belum muncul di Indonesia sudah kelihatan di Saudi empat jam kemudian.

Apakah kita mau mengikuti petunjuk Nabi (saw.) dan menetapkan Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah?

"Jika kalian telah memasuki hari raya, tanggal 10 Dzulhijjah, dan salah seorang dari kalian ingin berkurban, hendaknya ia tidak memotong rambut dan kukunya."

(HR. Muslim)

Karena Nabi (saw.) juga sangat jelas bahwa bulan yang menjadi patokan buat kita dan bukan pemerintah di negara yang lain.

“Dari Ibnu ‘Umar, bahwa Rasulullah (saw.) menjelaskan Ramadhan, maka beliau bersabda: ‘Janganlah kalian berpuasa sehingga kalian melihat hilal dan janganlah kalian berbuka sehingga kalian melihatnya. Bila kalian tertutup oleh awan maka hitunglah’.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kalau sudah jelas bahwa ketentuan dari Nabi (saw.) untuk Hari Idul Adha adalah melihat hilal untuk menetapkan awal dari bulan Dzulhijjah, maka jelas pula (atas sepakat ulama dan pemerintah) bahwa tanggal 10 Dzulhijjah di Indonesia pada tahun 2006 jatuh pada hari Minggu 31 Desember.

“Mereka bertanya tentang hilal-hilal. Katakanlah, itu adalah waktu-waktu untuk manusia dan untuk haji.”

(QS. Al-Baqarah: 189)

Melakukan sholat dan berkurban pada hari Sabtu tanggal 29 Desember, dan bukan hari Minggu, adalah penyimpangan dari contoh Nabi (saw.) karena Nabi (saw.) tidak melakukan sholat dan kurban pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kalau ada kaum di Indonesia yang menyatakan bahwa hilal sudah kelihatan di Arab Saudi, dan dengan demikian kita wajib mengikuti mereka, maka saya ingin bertanya kenapa kaum itu pelit sekali dan hanya mengikuti peredaran bulan dari pandangan Saudi? Kenapa tidak pula mengikuti peredaran matahari dari pandangan negara Arab Saudi?

Bulan dan matahari sama-sama ciptaan Allah. Kalau bulan hanya mau dipandang dari posisi Arab Saudi di permukaan bumi maka kita bisa berpuasa dan berkurban tanpa harus melihat hilal di Indonesia.

Kenapa tidak juga mengikuti waktu sholat wajib dari posisi matahari sesuai dengan pandangan negara Arab Saudi? Kalau waktu Subuh di Indonesia adalah jam 4 pagi, maka di Saudi masih jam 12 malam. Supaya waktu sholat kaum ini menjadi benar, seharusnya ditambah 4 jam di Indonesia menjadi jam 8 pagi WIB. Kalau orang itu ditanya kenapa dia melakukan sholat Subuh pada jam 8 pagi, maka dia cukup menjawab “Saya mengikuti hitungan matahari dari posisi negara Arab Saudi. Walaupun matahari sudah tinggi di sini, di Arab Saudi baru terbit, jadi itulah yang paling benar.”

Untuk kaum ini di Indonesia, Sholat Subuh seharusnya dilaksanakan pada jam 8 pagi, Sholat Dzuhur pada jam 4 sore, dan Sholat Maghrib pada jam 10 malam.

Barangkali itulah yang paling benar: menentukan hari dan jam dari peredaran bulan dan matahari yang kelihatan di Arab Saudi dan bukan di Indonesia.

Kalau ikuti bulan dari pandangan mereka, tanggal 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu 30 Desember, dan bukan hari Minggu. Dan sekaligus kalau iktui matahari dari ketentuan Arab Saudi, maka sholat Idul Adha sebaiknya dikerjakan pada jam 11 pagi WIB karena Subuh baru mulai pada jam 8 WIB.

Lalu bagaimana dengan puasa Hari Arafah?

Dari Abu Qatadah Rahimahullah bahwa Nabi (saw.) shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya".

(HR. Muslim)

Yang jelas di sini adalah anjuran untuk berpuasa pada Hari Arafah (wukuf) dan bukan anjuran untuk berpuasa pada tangal 9 Dzulhijjah. Apa bedanya? Wukuf di Arafah hanya bisa terjadi di satu lokasi dan pada satu hari. Sedangkan tanggal 9 Dzulhijjah bisa terjadi di setiap negara dan pada tanggal (sekular) yang berbeda.

Bayangkan 200 tahun yang lalu – 1806 AD. Orang Indonesia tidak memiliki telfon untuk mengetahui ketentuan tanggal dari Arab Saudi. Jadi, yang wajar adalah mereka mencari hilal di sini dan menentukan tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah (yang misalnya, jatuh pada tanggal 30 dan 31 Desember, tahun 1806). Mereka perkirakan bahwa wukuf sedang terjadi pada tanggal 30 Desember karena sama dengan tanggal 9 Dzulhijjah. Kalau seandainya mereka salah, dan wukuf sudah terjadi di Saudi pada tanggal 29 Desember, maka sama sekali tidak munkgin untuk orang Indonesia mengetahui hal itu. Mereka perkirakan tanggal 30 Desember dan mereka sebenarnya salah, tetapi tidak dengan sengaja. Insya Allah sebuah kesalahan yang dilakukan dengan tidak sengaja akan dimaafkan Allah dan pahalanya akan tetap.

Zaman sekarang, kita bisa mengetahui dengan pasti kapan terjadinya wukuf di Arafah. Cukup kita telfon saja. Kita tidak perlu perkirakan lagi. Dan ternyata Hari Arafah jatuh pada Jumat tanggal 29 Desember, jadi kita disuruh Nabi (saw.) berpuasa pada hari itulah.

Tetapi Nabi (saw.) juga menyuruh kita berkurban pada tangal 10 Dzulhijjah, dan bukan pada “hari apa saja yang datang sesudah Hari Arafah”.

Jadi, secara logika, kita mengikuti Nabi (saw.) dengan berpuasa pada Hari Arafah (yang sekarang ketahuan dengan pasti jatuh pada tanggal 29 Desember) dan kita juga mengikuti Nabi (saw.) dengan berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah (yang jatuh pada tanggal 31 Desember di sini). Kenyataan bahwa ada satu hari kosong di antara hari ini disebabkan hari Arafah hanya bisa terjadi di Arab Saudi, sedangkan tanggal 10 Dzulhijjah terlepas dari Hari Arafah dan bisa terjadi di manca negara.

Kalau seandainya Allah menghendaki kita melihat hilal pada hari yang sama dengan Arab Saudi maka sesungguhnya itulah yang akan terwujud. Allah menghendaki yang lain. Kenapa kita berpecah-belah dan tidak menuruti ketentuan dari Nabi dengan lapang dada?

29. Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun.

30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah); (tetaplah atas) fithrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fithrah itu. Tidak ada perubahan pada fithrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; (1) tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,

31. dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,

32. yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka (2) dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.

(Surah Ar Rum QS: 30.29-32)

Wallahu a’lam bish-shawab

Semoga bermanfaat sebagai renungan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene Netto

Bacaan lain:

Dari Republika: Depag Sesalkan Ada Idul Adha Ganda

http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=277191&kat_id=23

Jumat, 29 Desember 2006 22:32:00


Pada zaman Nabi (saw.) Muhammad, ujarnya, pernah terjadi perbedaan Idul Fitri antara Mekkah dan Madinah di mana Mekkah lebih dulu merayakannya sedangkan Madinah belakangan, padahal jarak antara kedua kota itu hanya 480 km dan 15 menit waktu penerbangan.
"Apa lagi antara Indonesia dan Arab Saudi yang jaraknya ribuan kilometer dengan jarak (perbedaan) waktu sampai empat jam. Tentu saja perbedaan waktu adalah hal yang wajar, kita lebih dulu menemukan matahari, sementara Saudi lebih dulu bertemu bulan. Jadi malahan salah kalau waktu Idul Adhanya sama," katanya.

Fatwa-fatwa Seputar Berhari Raya Dengan Pemerintah

http://forsitek.brawijaya.ac.id/index.php?do=detail&cat=fatwa&id=ftw-hariraya

Renungan Bulan

Sebatas komentar atas penentuan tanggal penting

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Mungkin sudah saatnya untuk meledakkan bulan dengan rudel nuklir.

Begitu banyak orang Islam sudah tidak memerlukannya lagi karena sudah memiliki sistim perhitungan untuk mementukan awal dan akhir bulan Islam. Orang yang memilih untuk diam saja (tidak bertengkar) dan bersabar untuk melakukan rukyat sesuai dengan contoh Nabi (saw.) malah sering dihujat dan dibilang ketinggalan zaman.

Banyak orang yang bertengkar dan berbeda pendapat sekarang bukan karena melihat atau tidak melihat hilal, tapi karena mempunyai system perhitungan yang berbeda.

Jadi, kenapa tidak diledakkan saja bulan? Terlalu banyak orang sudah cuek pada bulan dan hilalnya yang bisa dilihat dengan mata telanjang/teropong.

Banyak dari ummat Islam sekarang berpendapat seakan-akan kita semua tinggal di bawah tanah, dengan arti tidak mungkin naik ke permukaan bumi untuk melihat hilal dengan mata (kaya komunitas manusia di film Matrix yang tinggal di gua-gua di pusat bumi).

Ledakkan saja bulan kita karena banyak dari ummat Islam tidak membutuhkannya lagi.

Kita sudah cukup dengan system perhitungan, supaya kita bisa saling ribut pada minggu-minggu sebelum tanggal mulia tersebut.

Barangkali Nabi (saw.) dan para sahabat tidak bisa berhitung sampai 31, dan oleh karena itu mereka harus berkiblat ke mata. Sedangkan ummat Islam sekarang bisa berhitung sampai 31 dan juga lebih, jadi mata tidak diperlukan lagi untuk melihat hilal

Barangkali mata kita juga bisa dibuang setelah bulan diledakkan!

Wassalamu'alaikum wr.wb.,

Gene Netto

22 December, 2006

Hukum Mengucapkan Selamat Natal

Hukum Mengucapkan Selamat Natal

Assalamu’alaikum wr.wb., Ucapan “Selamat Natal” ditentukan haram oleh sebagian besar ulama di manca negara. Sebaliknya, ada juga yang membolehkan. Saya sepakat dgn ulama yang melarang. Coba berpikir begini: Mengucapkan “Selamat Natal” sama dengan mengucapkan “Selamat Atas Kelahiran Tuhan Dalam Bentuk Manusia Yang Disalibkan Untuk Menebus Dosa Kita!”

Bagi Muslim, kalimat itu syirik. Kita yakini Tuhan tidak lahir sebagai manusia, apalagi dibunuh dgn tiga paku. Kalau kalimat panjang jelas syirik, apa versi singkatnya "Selamat Natal" berbeda? Mau diucapkan untuk hormati orang kafir?

98. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat- Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir. (Al-Baqarah QS. 2:98)

Allah SWT adalah musuhnya orang kafir. Tetapi kl mereka baik hati, maka kita harus sama. Apa berarti kita harus ucapkan Selamat Natal pada saat mereka menyembah Yesus sebagai Tuhan? Mau jaga diri atau ikut2an? Mau setia pada Kemauan Allah, atau kemauan manusia?

Dari Ibnu Umar ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk di antara mereka. (HR. Abu Daud)

Kalau dpt ucapan Selamat Natal, saya jawab “Terima Kasih”. Belum pernah ada orang Kristen yg menjadi marah. Kl orang tua kirim kado Natal, saya terima, tapi tidak balas. Tidak menjadi masalah.

85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (Ali-Imron QS. 3:85)

Agama Allah jelas. Saya ingin mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW dengan berhati-hati kl ada hal yang kurang jelas. Setahu saya, Nabi SAW tidak pernah ucapkan Selamat Natal. Atau ucapkan selamat pada pengikut ratusan agama lain (yg berhalanya di Kabah sebelumnya). Kebebasan beragama dijamin oleh Nabi, tapi dia tidak ikut kegiatan agama mereka, walaupun sebatas ucapan.

Ada dua pilihan:
1. Memilih jalan Allah yang jelas dengan tinggalkan perkara yg meragukan. Ikuti contoh Nabi SAW yg tidak ucapkan Selamat pada pengikut agama lain.  
2. Atau silahkan mengucapkan Selamat Natal, kl yakin itu yang terbaik, krn memang ada sebagian ulama yang membolehkan.

Wallahu a’lam bish-shawab. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA TENTANG PERAYAAN NATAL BERSAMA

Source: http://www.mui.or.id/mui_in/fatwa.php?id=71

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, setelah :


Memperhatikan

  1. Perayaan Natal bersama pada akhir-akhir ini disalah artikan oleh sebagian ummat Islam dan disangka dengan ummat Islam merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.
  2. Karena salah pengertian tersebut ada sebagian orang Islam yang ikut dalam perayaan Natal dan duduk dalam kepanitiaan Natal.
  3. Perayaan Natal bagi orang-orang Kristen adalah merupakan ibadah.


Menimbang :

  1. Ummat Islam perlu mendapat petunjuk yang jelas tentang Perayaan Natal Bersama.
  2. Ummat Islam agar tidak mencampur adukkan aqiqah dan ibadahnya dengan aqiqah dan ibadah agama lain.
  3. Ummat Islam harus berusaha untuk menambah Iman dan Taqwanya kepada Allah SWT.
  4. Tanpa mengurangi usaha ummat Islam dalam Kerukunan Antar Ummat Beragama di Indonesia.


Meneliti kembali :
Ajaran-ajaran agama Islam, antara lain:

  1. Bahwa ummat Islam diperbolehkan untuk bekerja sama dan bergaul dengan ummat agama-agama lain dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan masalah keduniaan, berdasarkan atas:
    1. Al Qur`an surat Al-Hujurat ayat 13: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan Kamu sekattan dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan Kami menjadikan kamu sekalian berbangsa-bangsa dan bersuku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang bertaqwa (kepada Allah), sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."
    2. Al Qur`an surat Luqman ayat 15:"Dan jika kedua orang tuamu memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang kamu tidak ada pengetahuan tentang itu, maka janganlah kamu mengikutinya, dan pergaulilah keduanya di dunia ini dengan baik. Dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian kepada-Ku lah kembalimu, maka akan Ku-berikan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."
    3. Al Qur`an surat Mumtahanah ayat 8: "Allah tidak melarang kamu (ummat Islam) untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang (beragama lain) yang tidak memerangi kamu karena agama dan tidak pula mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."
  2. Bahwa ummat Islam tidak boleh mencampuradukkan aqiqah dan peribadatan agamanya dengan aqiqah dan peribadatan agama lain berdasarkan :
    1. Al Qur`an surat Al-Kafirun ayat 1-6:"Katakanlah hai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku."
    2. Al Qur`an surat Al Baqarah ayat 42: "Dan jika kedua orang tuamu memaksamu untuk mempersatukan dengan aku sesuatu yang kamu tidak ada pengetahuan tentang itu, maka janganlah kamu mengikutinya dan pergaulilah keduanya di dunia ini dengan baik Dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Kita, kemudian kepada-Kulah kembalimu, maka akan Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."
  3. Bahwa ummat Islam harus mengakui kenabian dan kerasulan Isa Al Masih bin Maryam sebagaimana pengakuan mereka kepada para Nabi dan Rasul yang lain, berdasarkan atas:
    1. Al Qur`an surat Maryam ayat 30-32: "Berkata Isa: Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku mendirikan shalat dan menunaikan zakat selama aku hidup. (Dan Dia memerintahkan aku) berbakti kepada ibumu (Maryam) dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka."
    2. Al Qur`an surat Al Maidah ayat 75: "Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rosul yang sesungguhnya telah lahir sebelumnya beberapa Rosul dan ibunya seorang yang sangat benar. Kedua-duanya biasa memakan makanan(sebagai manusia). Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu)."
    3. Al Qur`an surat Al Baqarah ayat 285 : "Rasul (Muhammad telah beriman kepada Al Qur`an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman) semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya dan Rasul-Nya. (Mereka mengatakan) : Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari Rasul-rasulnya dan mereka mengatakan : Kami dengar dan kami taat. (Mereka berdoa) Ampunilah Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
  4. Bahwa barangsiapa berkeyakinan bahwa Tuhan itu lebih daripada satu, Tuhan itu mempunyai anak Isa Al Masih itu anaknya, bahwa orang itu kafir dan musyrik, berdasarkan atas :
    1. Al Qur`an surat Al Maidah ayat 72 : "Sesungguhnya telah kafir orang-orang yang berkata : Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam. Padahal Al Masih sendiri berkata : Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga dan tempatnya ialah neraka, tidak adalah bagi orang zhalim itu seorang penolong pun."
    2. Al Qur`an surat Al Maidah ayat 73 : "Sesungguhnya kafir orang-orang yang mengatakan : Bahwa Allah itu adalah salah satu dari yang tiga (Tuhan itu ada tiga), padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain Tuhan yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu pasti orang-orang kafir itu akan disentuh siksaan yang pedih."
    3. Al Qur`an surat At Taubah ayat 30 : "Orang-orang Yahudi berkata Uzair itu anak Allah, dan orang-orang Nasrani berkata Al Masih itu anak Allah. Demikianlah itulah ucapan dengan mulut mereka, mereka meniru ucapan/perkataan orang-orang kafir yang terdahulu, dilaknati Allah-lah mereka bagaimana mereka sampai berpaling."
  5. Bahwa Allah pada hari kiamat nanti akan menanyakan Isa, apakan dia pada waktu di dunia menyuruh kaumnya, agar mereka mengakui Isa dan Ibunya (Maryam) sebagai Tuhan. Isa menjawab "Tidak" : Hal itu berdasarkan atas :
    Al Qur`an surat Al Maidah ayat 116-118 :
    "Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: Hai Isa putera Maryam adakah kamu mengatakan kepada manusia (kaummu): Jadikanlah aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah, Isa menjawab : Maha Suci Engkau (Allah), tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya tentu Engkau telah mengetahuinya, Engkau mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang engkau perintahkan kepadaku (mengatakannya), yaitu : sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu dan aku menjadi saksi terhadapa mereka selama aku berada di antara mereka. Tetapi setelah Engkau wafatkan aku, Engkau sendirilah yang menjadi pengawas mereka. Engkaulah pengawas dan saksi atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu dan Jika Engkau mengampunkan mereka, maka sesungguhnya Engkau Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana."
  6. Islam mengajarkan Bahwa Allah SWT itu hanya satu, berdasarkan atas Al Qur`an surat Al Ikhlas :
    "Katakanlah : Dia Allah yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang segala sesuatu bergantung kepada-Nya. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun / sesuatu pun yang setara dengan Dia."
  7. Islam mengajarkan kepada ummatnya untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang syubhat dan dari larangan Allah SWT serta untuk mendahulukan menolak kerusakan daripada menarik kemaslahatan, berdasarkan atas :
    1. Hadits Nabi dari Nu`man bin Basyir : "Sesungguhnya apa apa yang halal itu telah jelas dan apa apa yang haram itu pun telah jelas, akan tetapi diantara keduanya itu banyak yang syubhat (seperti halal, seperti haram) kebanyakan orang tidak mengetahui yang syubhat itu. Barang siapa memelihara diri dari yang syubhat itu, maka bersihlah agamanya dan kehormatannya, tetapi barang siapa jatuh pada yang syubhat maka berarti ia telah jatuh kepada yang haram, semacam orang yang mengembalakan binatang makan di daerah larangan itu. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai larangan dan ketahuilah bahwa larangan Allah ialah apa-apa yang diharamkan-Nya (oleh karena itu hanya haram jangan didekati)."
    2. Kaidah Ushul Fiqih
      "Menolak kerusakan-kerusakan itu didahulukan daripada menarik kemaslahatan-kemaslahatan (jika tidak demikian sangat mungkin mafasidnya yang diperoleh, sedangkan masholihnya tidak dihasilkan)."

Memutuskan

Memfatwakan

    1. Perayaan Natal di Indonesia meskipun tujuannya merayakan dan menghormati Nabi Isa AS, akan tetapi Natal itu tidak dapat dipisahkan dari soal-soal yang diterangkan diatas.
    2. Mengikuti upacara Natal bersama bagi ummat Islam hukumnya haram.
    3. Agar ummat Islam tidak terjerumus kepada syubhat dan larangan Allah SWT dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan Natal.

Jakarta, 1 Jumadil Awal 1401 H
7 Maret 1981

Komisi Fatwa
Majelis Ulama Indonesia

Ketua Sekretaris

K.H.M SYUKRI. G Drs. H. MAS`UDI

19 October, 2006

Renungan Ampunan Allah swt.

· Kita mengharapkan ampunan dari Allah karena kita berpuasa selama 1 bulan

· Kita selalu harapkan “hak” kita sebagai hamba yaitu ampunan atas dosa kita

· Bagaimana dengan “hak Allah” – kita seharusnya beribadah dengan baik, tinggalkan maksiat, syirik, pembunuhan, korupsi, pencurian, pembohongan, dsb.

· Apakah kita pantas diampuni? Aceh: tsunami, Yogya: gempa, Pangandaran: Tsunami, Sidoarjo: Lumpur. Apa lagi yang belum muncul??

· Ujian Allah pasti berat. Apakah usaha kita untuk menjadi hamba yang beriman sudah cukup supaya kita “berhak” mendapatkan ampunan Allah?

· Ampunan Allah swt. lebih besar daripada murka-Nya, tetapi apakah kita mensyukuri kenyataan itu dengan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi ummat teledan di dunia ini?

DO'A MALAIKAT JIBRIL MENJELANG RAMADHAN "

"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

* Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);

* Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri;

* Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Maka Rasulullah pun mengatakan Amiin sebanyak 3 kali.

PUASA DI RAMADHAN HAPUS DOSA

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan maka diampuni dosa-dosa yang terdahulu”.

(Sahih Bukhari)

TIDAK ADA DOSA BILA TIDAK SENGAJA

Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf [tidak sengaja] padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.

(Suran Al-Ahzab, QS. 33:5).

MANUSIA YANG BERIMAN PASTI AKAN DIUJI

[29.2] Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?

[29.3] Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

(Surah Al Ankabuut QS. 29: 2-3)

DIBUKA PINTU SORGA, SETAN DIBELENGGU

Hadis riwayat Abu Hurairah Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu – (Sahih Muslim No. 1793)

PINTU SORGA KHUSUS ORANG YANG PUASA

Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat pintu yang bernama Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu pada hari kiamat. Tidak ada orang selain mereka yang masuk bersama mereka. Ditanyakan: Di mana orang-orang yang puasa? Kemudian mereka masuk lewat pintu tersebut dan ketika orang yang terakhir dari mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup kembali dan tidak ada orang yang akan masuk lewat pintu itu.

(Sahih Muslim No. 1947)

KASIH SAYANG ALLAH LEBIH BESAR DARI MURKA-NYA

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Nabi saw. bersabda: Tatkala Allah menciptakan makhluk, Allah telah menuliskan dalam kitab catatan-Nya yang berada di sisi-Nya di atas arsy bahwa sesungguhnya kasih sayang-Ku mengalahkan murka-Ku

(Sahih Muslim No. 4939)

13 October, 2006

Cost of Iraq War Nearly $2 Billion a Week

Cost of Iraq War Nearly $2 Billion a Week

Ternyata, perang si Bush menghabiskan 2 milyar dolar per minggu sekarang.

Coba bayangkan kalau pemerintah AS menawarkan 2 milyar dolar setiap minggu kepada rakyat di Iraq, Afghanistan, Lebanon, Palestina, dsb.

Siapa yang akan benci terhadap AS kalau ditawarkan uang terus untuk kepentingan keluarga: bisa bangun sekolah, beli buku buat anak, beli makanan, obat-obatan, dsb.

2 milyar dolar per minggu.

Tetapi AS hanya bersedia menawarkan bom dan peluru.

Sayang sekali.

Uang rakyat AS, yang kebanyakan dari mereka orang baik2 saja yang tidak "membenci" Islam.

Dihabiskan untuk sebuah perang terhadap "teror" yang tidak mungkin bisa dimenangkan. "Terorisme" adalah sebuah tatik militer, dan "teror" adalah sebuah perasaan. Apakah sebuah "taktik" bisa diserang secara militer? Apakah sebuah "perasaan" bisa diserang? Sangat konyol "War on Terror" karena "teror" akan ada di bumi ini sampai akhir zaman. Tidak mungkin bisa dihilangkan.

2 milyar… setiap minggu… untuk menyerang sesuatu yang tidak bisa dihilangkan dengan serangan militer.

Sayang sekali.

Ternyata Bush sudah belajar dari teman-teman kita (para pejabat) di Indonesia.

Kalau ada pilihan antara "proyek" yang mahal dan kesempatan membagikan uang saja, maka "proyek" yang menang.

Uang 2 milyar itu dihabiskan untuk "proyek" pembangunan pangkalan militer dan "proyek" memperbaiki alat-alat (seperti mobil Humvee) yang rusak berat. Semua yang dirusakkan harus diperbaiki. Setiap peluru harus diganti. Setiap bom harus diganti. Proyek jalan terus buat perusahaan yang membuat dan menjual barang2 militer.

Lalu apa bedanya pejabat Indonesia dan pejabat AS?

Jangan mengritik Sutiyoso lagi karena busway yang bikin macet. Mendingan proyek busway daripada "proyek perang".

Hahahahahaha……..

Cost of Iraq War Nearly $2 Billion a Week
By Bryan Bender
The Boston Globe

Thursday 28 September 2006

Washington - A new congressional analysis shows the Iraq war is now costing taxpayers almost $2 billion a week - nearly twice as much as in the first year of the conflict three years ago and 20 percent more than last year - as the Pentagon spends more on establishing regional bases to support the extended deployment and scrambles to fix or replace equipment damaged in combat.

The upsurge occurs as the total cost of military operations at home and abroad since 2001, including the wars in Iraq and Afghanistan, will top half a trillion dollars, according to an internal assessment by the nonpartisan Congressional Research Service completed last week.

The spike in operating costs - including a 20 percent increase over last year in Afghanistan, where the mission now costs about $370 million a week - comes even though troop levels in both countries have remained stable. The reports attribute the rising costs in part to a higher pace of fighting in both countries, where insurgents and terrorists have increased their attacks on US and coalition troops and civilians.

Another major factor, however, is "the building of more extensive infrastructure to support troops and equipment in and around Iraq and Afghanistan," according to the report. Based on Defense Department data, the report suggests that the construction of so-called semi-permanent support bases has picked up in recent months, making it increasingly clear that the US military will have a presence in both countries for years to come.

The United States maintains it is not building permanent military bases in Iraq or Afghanistan, where the local population distrusts America's long-term intentions.

But for the first time, a major factor in the growth of war spending is the result of a dramatic rise in "investment costs," or spending needed to sustain a long-term deployment of American troops in the two countries, the report said. These include the additional purchases of protective equipment for troops, such as armored Humvees, radios, and night-vision equipment; new tanks and other equipment to replace battered gear from Army and Marine Corps units that have been deployed numerous times in recent years; and growing repair bills for damaged equipment, what the military calls "reset" costs.

At least one lawmaker, referring to reports of equipment shortages in the war zones and at US bases where troops are training for combat, says some of the spending is misplaced. "While we are spending billions in Iraq to build and maintain massive bases, we cannot [effectively] repair our abused equipment or replace it," US Representative Martin T. Meehan , a Lowell Democrat and member of the House Armed Services Committee, said in a statement.

The Pentagon, which had previously made public its own estimate of operating costs, has not released up-to-date war costs.

The Congressional Research Service report estimates that after Congress approves two pending bills, the total war costs since Sept. 11, 2001, will reach about $509 billion. Of that, $379 billion will cover the cost of operations in Iraq, $97 billion will be the price tag for Afghanistan operations, and $26 billion will have gone to beefed-up security at US military bases around the world.

Though the military's operational costs in Iraq and Afghanistan have gone up despite a level number of US troops, the report attributes a large portion of the increased spending to the military's ongoing preparations to sustain combat operations in the two countries for the foreseeable future.

For example, the report shows that under the category of "procurement," the funds designated for "resetting the force" - replacing or repairing equipment damaged in combat and preparing for long-term fighting - has jumped from $7.2 billion in 2004 to $20.9 billion in 2005, and $22.9 billion this year. Separately, the Army has told Congress that it estimates it will need at least $36 billion more for equipment, while the Marine Corps has reported it needs nearly $12 billion.

Another major war cost is for infrastructure - bases, landing strips, repair shops - for the forces in Iraq and Afghanistan. These "operations and maintenance" costs remained steady at about $40 billion per year in 2003, 2004, and 2005, but have spiked to more than $60 billion this year.

Those factors alone, however, are "not enough to explain" the spiraling increase in operating costs, according to the report.

"You would expect [operating costs] to level off if you have the same level of people," said the report's principal author, Amy Belasco, a national defense specialist at the Congressional Research Service. "You shouldn't have as much cost to fix buildings that were presumably repaired when you got there. It's a bit mysterious."

The Pentagon has not provided Congress with a detailed accounting of all the war funds, making it impossible to conduct a full, independent estimate of how much Americans are spending in Iraq and Afghanistan - or to predict what future costs might be.

"In congressional hearings, the Department of Defense has typically provided estimates of the current or average monthly costs over a period of time for military operations, referred to as the `burn rate,'" the report stated. "While this figure covers some of the costs of war, it excludes the cost of upgrading or replacing military equipment and improving or building facilities overseas, and it does not cover all funds appropriated."

http://www.truthout.org/docs_2006/092806G.shtml

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...