Monday, November 03, 2008

Buku bagus: THE COMING CHINA WARS



Assalamu’alaikum wr.wb.,

Kalau anda tertarik pada situasi sekarang di mana Cina sangat berkuasa di dalam semua bidang, dan berkompetisi dengan semua negara untuk mendapatkan sumber daya alam (dengan cara apapun), maka anda mungkin tertarik pada buku THE COMING CHINA WARS ini. Isinya sangat luar biasa, sekaligus mengerikan.
Ternyata, kasus melamine yang masuk susu anak hanya satu dari sekian ratus masalah yang sudah dicatat. Negara Cina telah membuktikan betapa tidak bermoral, tidak peduli pada konsumen dunia, dan hanya peduli pada kapitalisme semata: mereka ingin menghasilkan uang sebanyak-banyaknya dengan cara apapun.
Selamat membaca. Insya Allah ada di Gramedia.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

#######

THE COMING CHINA WARS
Peter Navarro

Ringkasan Buku:

Industrialisasi yang berlangsung sangat pesat di China menempatkan negara itu pada jalur yang berbenturan kepentingan dengan negara-negara lain. Letupan-letupan Perang China Mendatang akan menyerang yang (akan) dilancarkan dari segala sektor (bidang) mulai dari lapangan kerja yang layak, upah buruh yang pantas, dan penguasaan teknologi unggul hingga sumber daya alam, dan memiliki strategis bisnis minyak, tembaga serta baja . . . bahkan makanan, air, dan udara. Dalam buku The Coming China Wars ini, penulis buku laris bernama Peter Navarro mengulas tentang semua konflik yang mungkin terjadi pada masa mendatang. Oleh karena itu, sejak dini ia mengingatkan semua pihak untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat, mendesak, dan bahkan radikal sekalipun asalkan bisa menghindari jebakan bencana yang akan terjadi beberapa tahun mendatang.

Buku ini menjelaskan bagaimana kehausan China terhadap minyak yang mendorong proliferasi nuklir di Iran, genosida di Sudan, bahkan remiliterisasi di Jepang. Peran China—sungguh mengejutkan—bahwa di negeri ini marak perdagangan obat bius, dan juga merebak bisnis “menikmati tubuh” atau penjaja cinta sesaat (seks) yang tentu saja memicu penyebaran krisis AIDS paling buruk yang semakin meluas pada masa mendatang. Navarro mengungkapkan secara rinci, bahwa China menjadi imperialis yang paling keji . . dan bagaimana China menambah parah malapetaka terhadap lingkungan dunia . . . akan tetapi, yang paling menakutkan adalah: negara adidaya nuklir, dan bangsa pembajak ini bisa saja terjun bebas ke arah kekacauan di dalam negerinya sendiri pada waktu-waktu mendatang.

The Coming China Wars mengandung banyak informasi yang menakjubkan tentang dampak China terhadap dunia ini dan bahaya yang diciptakannya. Karena peran China yang sangat penting.

Buku ini merupakan hasil penelitian yang mendalam dan memberi pencerahan dan merupakan jawaban yang diperlukan atas sekian banyak pandangan yang menegaskan kebangkitan China yang tidak terelakkan.

Editor’s Note:

Dengan membaca buku ini, maka pembaca akan memahami:

  • “Harga China”: Menaklukkan pasar ekspor dunia
  • Kisah nyata di balik “senjata produksi massal” di China
  • China versus Amerika Serikat (AS): Titik api “darah demi minyak”
  • Pertikaian AS versus China mendatang untuk memperebutkan minyak, juga konflik kepentingan bisnis, ekonomi, dan strategi yang mendasar antara AS dan China.
  • Kita akan memahami ke arah mana pembangunan di China sekarang yang dapat mengakibatkan terjadinya konflik. Saran-sarannya kepada bangsa-bangsa untuk bersatu guna menjawab tantangan-tantangan yang dihadapkan oleh China adalah sesuatu yang praktis.
  • Bangsa Pembajak: Pencurian yang didukung negara di China
  • Bagaimana obat dan produk palsu buatan China benar-benar menjadi pembunuh Anda
  • Memicu krisis AIDS yang paling buruk pada masa mendatang
  • Perdagangan tubuh abad ke-21 di China: Benih-benih bencana kesehatan dunia

Dr PETER NAVARRO yakni pengarang buku ini seorang dosen mata kuliah bisnis yang mengajar di Paul Merage School of Business, Universitas California, Irvine, Amerika Serikat (AS). Ia memperoleh gelar Ph.D., dalam Ilmu Ekonomi dari Universitas Harvard.

Dr. Navarro adalah penulis buku investasi yang sangat laris, yang antara lain berjudul, If It’s Raining in Brasil, Buy Starbucks, dan The Well-Timed Strategy: Managing the Business Cycle for Competitive Advantage. Buku-bukunya yang terbaru adalah What the Best MBAs Know, dan When the Market Moves, Will You Be Ready?

Dia diakui secara luas di seluruh dunia sebagai salah satu pakar yang mampu menerjemahkan analisis makro ekonomi yang canggih menjadi pemahaman “gambaran besar” yang mudah dipahami tentang bisnis, keuangan, dan investasi. Karya tulisnya pernah diterbitkan oleh media cetak seperti, Barron’s, Business Week, The Los Angeles Times, The New York Times, Wall Street Journal, dan Harvard Business Review.

Sumber: Elexmedia.co.id

No comments:

Post a Comment