Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

04 May, 2020

Apa Doa Kita Untuk Minta Parkiran Terlalu "Remeh" Untuk Allah?

Assalamu’alaikum wr.wb. Pada suatu malam, saya bertemu seorang ustadz untuk makan malam dan diskusi. Saya sampai mall duluan, dan duduk lama menunggu dia datang. Akhirnya dia hadir dan jelaskan macetnya luar biasa dan parkiran penuh. Saya bertanya, "Kenapa tidak berdoa minta parkiran saja?" Dia kelihatan bingung dan bertanya, "Apa doanya [dalam bahasa Arab] untuk minta parkiran?" Sekarang, saya yang jadi bingung. Kok ustadz tidak tahu? Berdoa kepada Allah tidak perlu dalam bahasa Arab! Berdoa dalam bahasa Indonesia juga boleh. Contohnya: "Ya Allah, tolong bantu saya dapat parkiran yang baik dan aman! Amin." Begitu aja kok repot?!

Dia ketawa dan mulai bertanya. Emangnya bisa berdoa begitu? Masa berdoa minta parkiran? Apa Gene sudah pernah coba? Hasilnya apa? Saya jelaskan. Sudah menjadi kebiasaan saya. Hasilnya? Rekor saya adalah 5 detik. Rata2 dalam waktu 10-30 detik dapat parkiran. Kadang2 saja bisa sampai 5-10 menit, tapi jarang. Teman2 saya dapat hasil yang sama setalah saya ajarkan mereka.

Saya ceritakan bahwa saya pernah ajarkan hal ini kepada seorang calon muallaf dari Eropa. Saya jelaskan, Allah Maha Mendengar dan Allah Maha Kuasa. Dan Allah bisa atur parkiran KALAU kita minta tolong kepada-Nya. Orang Eropa itu coba berdoa sore itu, dan 5 detik kemudian dapat parkiran. Lalu setelah diskusi dengan saya 2 kali saja, dia masuk Islam. Sebelumnya dia ateis, tapi setelah dapat pengalaman doa bisa dikabulkan dengan cepat, dia berubah dan merasa Allah memang ada dan memperhatikan dia.

Kata sang ustadz: "Gene, tolong ajarkan saya hal2 seperti itu ya! Baru tahu!" Saya senyum saja. Mungkin banyak teman Muslim juga sama seperti dia. Terbiasa baca DOA BAKU dalam bahasa Arab, sesuai pendidikan di sekolah, pengajian dan pesantren. Jadi ketika dapat suatu keadaan baru, dan belum diajarkan sebuah doa baku dalam bahasa Arab, orang itu tidak berpikir untuk berdoa dalam bahasa Indonesia saja.

Apa anda belum pernah berdoa minta parkiran? Coba saja! Dan insya Allah dapat hasil yang baik juga. Dan semoga dapat perasaan untuk berdoa terus, sampai merasa dekat dengan Allah, seakan-akan Allah siap melayani semua permintaan kita 24 jam. Apapun yang dibutuhkan, tugas kita hanya: BERDOA. Terserah kita minta tolong kepada Allah atau tidak. Dan ternyata, tidak ada hal yang tergolong "terlalu kecil" atau "remeh" di sisi Allah. Semut saja diurus sama Allah. Masa bantuan seperti menyediakan parkiran untuk seorang hamba yang beriman dan bertaqwa akan membuat Allah repot? Berdoalah. Dan sesudahnya, berdoa lagi! Tanpa batas. Semoga bermanfaat sebagai renungan.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Gene Netto

1 comment:

  1. Saya melakukan hal yg sama..berdo'a agar mendapat parkiran...bahkan untuk lampu hijau di traffict light...hihihi...Alhamdulillah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...