Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

17 December, 2023

Anak Tidak Betah Di Pesantren, Apa Solusinya?

[Pertanyaan]: Assalamualaikum Pak. Minta masukannya. Anak saya sekarang kelas 2 tingkat SMA dipesantren. Dia dipesantren dari kelas 1 tingkat SMP. Awal kelas 2 dia kabur dari pesantren karena tidak betah. Tapi akhirnya mau balik setelah kita nasehati. Tapi kemarin, dia mengungkapkan ingin keluar lagi. Bagaimana saya menyikapinya? Soalnya saya merasa tanggung hanya 1,5 THN dia kelar. Terimakasih.

[Gene]: Wa alaikum salam wr.wb. Ada dua hal yang perlu dipikirkan.
Pertama, apa dia hanya tidak betah saja, atau apa ada perkara lain?
Kedua, kalau memang tidak betah, apa motivasi dari orang tua akan cukup?

Pertama. Mungkin dia alami bullying dari siswa lain? Atau apa ada perkara lain seperti (maaf) pencabulan? Sering terjadi ada anak yang alami bullying, penyiksaan, penindasan, sampai pencabulan, dan mereka takut jelaskan masalah itu kepada orang tuanya. Biasanya, anak sudah diancam agar tidak bercerita. Mungkin juga malu. Jadi anda perlu diskusi empat mata dengan dia dan bertanya secara langsung apa ada hal seperti bullying atau pencabulan. Minta dia bicara dengan jujur, janji tidak akan marah, tetapi akan bantu dia cari solusi dan dapat perlindungan.

Kedua. Kalau hanya tidak betah saja, karena ingin lebih banyak bermain, maka orang tua sudah coba nasihati dan kurang berhasil. Mungkin ada pihak lain seperti guru sekolah yang lama, atau sepupu yang lebih tua, paman, saudara yang lulus pesantren, dsb. yang bisa berikan masukan dan motivasi kepadanya.

Perlu ditekankan bahwa rasa kurang senang di saat ini akan dapat balasan puluhan tahun ketika nanti dia memiliki ilmu agama yang luas. Banyak orang akan bangga sekali terhadap dia, dan banyak hal yang terasa sulit bagi orang lain (seperti ngaji, shalat tahajjud, puasa sunnah, umrah, memahami fiqih dan tafsir, dll.) akan terasa mudah bagi dia karena sudah pernah belajar di pesantren. Jadi manfaatnya dan hikmahnya sangat luas dan belum bisa dia sadari di saat ini.

Jelaskan bahwa banyak hal dalam kehidupan kita ini butuh perjuangan, dan seringkali proses perjuangan itu kurang enak atau tidak mudah, tapi hasilnya sangat penting. Mau jadi dokter, pengacara, ilmuwan, dosen, guru, dll. tidak mudah juga dan butuh perjuangan bertahun-tahun. Selain itu, dia bisa dikasih contoh perang yang dialami oleh Rasulullah SAW, yang membawa banyak kesulitan. Atau perang kemerdekaan Indonesia. Atau usaha orang naik haji di zaman dulu, naik kapal dan onta berbulan-bulan. Atau saudara yang kuliah di luar negeri, jauh dari keluarga. Atau pemain bola yang latihan setiap hari selama 10 tahun untuk masuk tim profesional. Dan ada banyak contoh lain.

Jadi kalau nasehat dari orang tua tidak cukup, coba cari pihak lain yang mungkin akan didengarkan oleh anak itu. Tapi sebelumnya, pastikan dulu tidak ada kasus bullying atau pencabulan yang mengganggu hatinya. Perlu mencari alasan yang benar tentang kenapa dia tidak betah di pesantren, lalu berusaha mencari orang yang bisa berikan motivasi, dan juga perlu mencari caranya untuk mengurangi beban yang dia rasakan di saat ini, sehingga bisa fokus pada masa depan. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...