Monday, July 14, 2008

Sangat Dibutuhkan Situs yang Menjelaskan Ajaran Dasar Islam

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Tadi saya baca email baru dari orang Indonesia yang ingin menjadi muallaf (di milis muallaf Indonesia). Karena dia minta diajarkan tentang Islam, saya cari situs di internet yang mengajarkan dasar-dasar Islam dalam bahasa Indonesia (supaya tidak perlu beli buku).

Saya menjadi terkejut karena tidak bisa ketemu!

Dengan ketik kata kunci di Google (dan hanya mencari situs yang gunakan bahasa Indonesia) saya tidak dapat hasil yang saya anggap bermanfaat atau layak untuk muallaf.

(Mungkin situs semacam itu ada, tetapi yang jelas, tidak banyak dan sulit ditemukan!)

Dengan menggunakan kata kunci seperti “Islam”, “dasar Islam”, dan “belajar Islam” saya tidak dapat hasil apapun (yang saya anggap bermanfaat) di dalam 50 hasil pencarian pertama. Tidak ada yang bisa saya sebarkan untuk kepentingan muallaf.

Lain halnya dalam bahasa Inggris. Sudah ada banyak sekali situs yang menerangkan Islam dalam bahasa Inggris, dan saya simpan linknya di blog saya. (Saya memberi contoh di bawah). Saya baru sadar bahwa tidak ada banyak situs yang setara dalam bahasa Indonesia.

Buat saya, ini suatu masalah yang cukup besar yang perlu ditindaklanjuti secara cepat.

Di sini ada banyak sekali universitas, organsasi dan lembaga yang punya website dan punya tujuan untuk menyebarkan ilmu Islam. Tetapi dari semua situs ini yang sudah ada, saya belum ketemu situs yang bagus yang menjelaskan ajaran dasar Islam secara lengkap dalam bahasa Indonesia.

Saya sering kutip artikel Islam dari situs Eramuslim.com dan juga dari SyariahOnline.com, dan lain-lain, tetapi di situs ini pula, yang sering memberikan pencerahan tentang masalah spesifik (tanya jawab dengan ustadz), tetap tidak ada penjelasan secara luas tentang dasar-dasar Islam buat orang awam atau calon muallaf.

Saya berharap ada orang yang bisa melakukan tindakan nyata dengan segera untuk mengatasi masalah ini. Kasihan calon muallaf Indonesia bila kesulitan mendapatkan informasi yang benar tentang Islam dari situs yang punya nama baik dan siap bertanggung jawab atas ilmu tersebut.

Semoga ada yang bisa membantu.

Kalau ada teman yang sudah tahu sebuah situs yang menjelaskan dasar Islam dengan baik, dan situs itu juga dari sumber/organisasi yang baik, mohon diberitahu kepada saya biar saya bisa sebarkan linknya kepada para muallaf.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene Netto

Contoh dalam bahasa Inggris:

Learn about Islam

Allah

Angels

Revelation

Messengers

Afterlife

Fate & Destiny

A brief Illustrated Guide to understanding Islam

What Is Islam?

Some Basic Islamic Beliefs

Is There Any Sacred Source Other than the Quran?

Examples of the Prophet Muhammad’s Sayings

What Does Islam Say about the Day of Judgment?

How Does Someone Become a Muslim?

What Is the Quran About?

Who Is the Prophet Muhammad?

What Are the Five Pillars of Islam?

5 comments:

  1. bagaimana seorang mualaf akan mendapatkan jawaban kalau orang Islam yang ada sekarang ini kebanyakan masih belum cukup mengerti ilmu dasar Islam. orang sini biasa di 'doktrin' bukan diajak gimana caranya 'berpikir'.

    seringkali kita hanya diperintah sholat, puasa, zakat dll, tapi tidak paham apa itu sholat, mengapa kita puasa, mengapa harus pakai Hijab, mengapa orang mau makan, tidur dan bahkan ke belakang harus berdoa lebih dulu..dll.

    untuk beberapa hal saya sendiri harus bersusah payah dan kerja keras untuk menemukan sendiri jawaban-jawabannya. mungkin ada baiknya kalau Mr. Netto bisa bikin situs untuk kita2 yang sekelas Eramuslim atau syariah on line, gimana???Insya Allah, temen2 pasti mau bantu...gimana raf?iems? (ntar mbak wati aku coba SMS-in, aku mintain pendapatnya deh...

    teman2 kita harus bergerak cepat,nih!!tapi emang agak susah juga yah mengordinisir orang...hehehe...pokoknya SAVE OUR ISLAM dah!!!come on..get up now!!!(emang bener githu ya Inggrisnya??hehe...)

    NAKULA

    ReplyDelete
  2. Ada beberapa orang yang mengusulkan hal yang sama. Kalau untuk saya secara pribadi, saya tidak punya cukup waktu untuk mengaturnya sendiri. Tetapi sudah ada teman yang mulai dengan membuat situs yang bisa digunakan, dan sekarang kami lagi mencari orang lain yang bisa menterjemahkan teks ke dalam bahasa Indonesia. Setelah sudah jadi, Insya Allah saya akan umumkan di blog juga.

    ReplyDelete
  3. ooo..ya syukur deh kalau begitu. hehehe..padahal baru aja saya punya rencana lain mau ngelamar Mr. Netto buat gabung dengan kami di situs swaramuslim. disana pengunjungnya lumayan ramai dan saya yakin banyak juga orang yang sudah baca profil anda. anggota terdaftarnya ada sekitar 3000-an orang baik muslim/non-muslim. tidak jarang disana muncul orang2 yang punya masalah dengan agama Islam dan bertanya banyak hal, diantaranya tentang hubungan Yahudi dengan dogma surga di bukit zion, apa dasarnya laki-laki Bani Quraizah dihukum mati semua, kenapa nabi poligami, siapa sebenarnya siti hajar istri Nabi ibrahim, mengapa babi dilarang, ngapain orang sholat harus ruku' dan sujud, apa bedanya kubah masjid sama kubah sinagog, sampai ada yang bertanya mengapa orang ibadah menghadap ka'bah padahal itu cuman batu. untuk beberapa pertanyaan sulit kami sudah mencoba menjawabnya tapi karena ilmu kami-kami ini kadang-kadang sangat terbatas jadi kami hanya bisa beri jawaban sebisanya. tapi karena Mr. Netto sudah punya mitra ya sudah, baguslah...

    so, kalau mungkin situs baru yang sudah dibikin 'Mr. Netto and his friend' sudah jadi, boleh dong kita-kita minta bantuannya, kali aja ntar bisa bantu kami beri jawaban kepada orang-orang yang bertanya banyak hal pada kami..terima kasih, sir.

    ReplyDelete
  4. Ada dari orang yang tidak saya kenal. Dia anggota salah satu situs dengan saya. Dia tawarkan untuk membuat website yang kemudian bisa diisi dengan teks yang diterjemahka dari bahasa Inggris, khusus untuk muallaf.
    Dia baru buat ini saja:
    http://belajar-islam.cn/home/

    Belum ada isinya. Kalau swara Muslim juga mau bikin, saya setuju. Lebih banyak lebih baik. Masa dengan ratusan juta orang Muslim, hanya ada beberapa situs yang menjelaskan dasar-dasar Islam kepada orang awam, muallaf, dan calon muallaf?
    Dibutuhkan usaha dakwah yang lebih besar.

    Wassalam,
    Gene

    ReplyDelete
  5. usaha yang bagus. nanti saya coba usulin ke redaksinya SM dulu yah. moga2 Pak Singgihnya baca...

    ReplyDelete