Friday, May 08, 2009

ICW Minta KPK Abaikan DPR karena Mandulkan Pemberantasan Korupsi

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Ada yang kurang dari berita ini: seharusnya mencatumkan nama-nama anggota DPR di Komisi tersebut, dan nama partainya biar kita semua bisa tahu siapa yang paling inginkan perjuangan terhadap korupsi ditunda dulu. Sayang sekali, wartawan tidak langsung mengutip siapa anggota yang bicara begitu dan jelaskan partai mana yang anggotanya punya pikiran seperti itu.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

********
ICW Minta KPK Abaikan DPR karena Mandulkan Pemberantasan Korupsi
Jumat, 08/05/2009 08:22 WIB
Ramadhian Fadillah – detikNews

Jakarta - Rapat dengar pendapat antara KPK dan Komisi III DPR mandek. 4 Pimpinan KPK diminta oleh sejumlah anggota DPR tidak membuat keputusan sebelum jumlah pimpinannya kembali lengkap (5 orang). Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak KPK tidak menuruti permintaan DPR.

"KPK harus mengabaikan permintaan itu," ujar anggota badan pekerja Indonesia Corruption Watch Emerson Yuntho kepada detikcom, Jumat (8/5/2009).

Eson, panggilan akrabnya, menjelaskan ada kemungkinan DPR ingin membuat kevakuman di KPK. Ujung-ujungnya hal ini akan bermuara pada upaya untuk memandulkan pemberantasan korupsi.

"Kita khawatirkan semacam itu," ungkapnya.

Menurut Eson, KPK dapat bergerak dengan 4 pimpinan. Hal ini tidak melanggar undang-undang KPK. KPK pun diminta untuk lebih menunjukkan taringnya selepas kepemimpinan Antasari Azhar.

"KPK harus membuktikan harus lebih progresif tanpa Antasari Azhar," pungkasnya. (rdf/nrl)

Sumber: detiknews.com

2 comments:

  1. >>> Ada yang kurang dari berita ini: seharusnya mencatumkan nama-nama anggota DPR di Komisi tersebut, dan nama partainya biar kita semua bisa tahu siapa yang paling inginkan perjuangan terhadap korupsi ditunda dulu.Gene, tapi setelah itu ada berita berikut dari detiknews juga Anggota FPKS: Tanpa Antasari Azhar, KPK Harus Jalan Terus.

    Jadi kalopun tidak disebutkan nama anggota dewan Komisi III yang berperilaku demikian tapi paling tidak kita bisa tahu siapa anggota dewan dan dari partai mana yang tidak sependapat. Iya kan :)

    Berikut kutipannya :
    Tidak ada alasan KPK kendor. KPK tidak boleh menghentikan kegiatannya, harus jalan terus," ujar anggota Komisi III DPR Fahri Hamzah kepada detikcom, Jumat (8/5/2009).

    Menurut Fahri, apa yang sudah dirumuskan KPK bersama Antasari tidak boleh dihentikan hanya karena Antasari menjadi tersangka.

    "Apa karena Burhanuddin Abdullah masuk penjara, BI nggak boleh kerja? Apa kalau Iqbal ditahan terus KPPU berhenti bekerja? Itu aturan dari mana? Ngawur!" kata Wakil Sekjen DPP PKS itu.

    ReplyDelete
  2. Hidup Fahri Hamzah! haha. Keren. Kenapa tidak ada lebih banyak anggota DPR yang punya pendirian yang begitu kuat!

    ReplyDelete