Monday, January 12, 2015

Banyak Anak di Amerika Bodoh?



Hari ini saya bertemu dengan orang Amerika karena dia mau bertanya-tanya ttg Islam kepada saya dalam bahasa Inggris. (Semoga bisa dapat hidayah, karena dia sepertinya tertarik dan mau belajar lagi.)

Dalam diskusi dgn dia, dijelaskan bahwa dia mengajar di sekolah SMA umum di Amerika, seorang guru BK utk anak bermasalah. Saya tanyakan ttg kondisi di sekolah umum sekarang, dan hampir tidak bisa percaya pada jawaban dia.

Katanya, banyak anak muda sekarang tergolong bermasalah sekali. Sampai tingkat SMA pengetahuan umumnya sangat minimal sekali, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Kalau tanya ttg film, artis, musik, atau pemain olahraga, mungkin mereka tahu karena suka. Tapi utk hal2 lain, banyak sekali anak (tidak semua, tentu saja) tidak tahu apa-apa. Saya minta contoh.

Katanya, ada anak di SMA yang kalau ditanyakan siapa itu George Washington (presiden pertama Amerika), mereka tidak tahu. Siapa Abraham Lincoln (Presiden saat perang sipil yang akhiri perbudakan), mereka tidak tahu. Ada yang begitu parah smp kl ditanyakan Kanada ada di mana, mereka tidak bisa jawab (ke utara dari Amerika). Kl Kanada saja tidak tahu, Indonesia mungkin belum pernah dengar. Ada yang sebatas tahu Kanada dan Meksiko, tapi selain dari itu tidak. Menemukan Cina atau Rusia di peta tidak bisa.

Ada anak yang usia 15-18 tahun yang tidak bisa menulis dgn pena. Sejak balita, terbiasa ketik terus di HP, ipod, ipad, komputer dll. dan tidak pernah menulis. Kl disuruh menulis oleh gurunya, mereka kelihatan spt anak TK yang baru uji coba menulis dgn tangan (pelan sekali, dan banyak kesalahan).

Ilmu mereka berasal dari film dan tivi, dan hal2 penting di dunia mereka tidak tahu dan juga tidak peduli. Yang penting lulus sekolah saja (dgn cara apapun) dapat pekerjaan (apapun) dan dapat uang untuk beli barang, sambil meyakini Amerika adalah negara terhebat di dunia, dan info ttg negara lain tidak penting utk dipelajari.

Tentu saja tidak semua anak begitu, karena ada juga anak cerdas yang mau kuliah dan menjadi dokter, insinyur dsb. Tapi anak yang tergolong “bodoh” itu banyak sekali, dan terjadi krn mereka sendiri malas terima semua kesempatan belajar yang ada di depan muka. Saya jadi berpikir, kl anak itu dipindahkan ke sini, dan harus lewat jembatan Indiana Jones untuk bersekolah, mungkin langsung putus sekolah sendiri, karena malas berangkat ke sekolah.

Ternyata, anak Indonesia luar biasa dgn sikap mau belajar, dan bahkan ada yang menangis kl disuruh putus sekolah dan kerja. Di Amerika, banyak anak yang sebaliknya, malah ingin putus sekolah dan nikmati kehidupan saja, tanpa perlu banyak berpikir.

Selamat pada anak2 Indonesia yang berani berjuang dgn susah payah untuk bersekolah.

Wassalam,
Gene Netto

1 comment:

  1. Highlight : itu semua berasal dari tivi dan film dan hal2 duniawi yanh dianggap penting serta menganggap negaranya paling hebat sehingga ogah belajar negara lain. #MatikanTV

    ReplyDelete