Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

21 March, 2023

Anak Yang "Bodoh" Mungkin Punya Masalah Dengan Mata

Assalamu'alaikum wr.wb. Ada seorang anak SD yang cerdas dan cepat memahami sesuatu yang dijelaskan kepadanya, kata anggota keluarganya. Tapi anak laki-laki itu dicap "bodoh", dan dianggap "lambat belajar" oleh guru kelasnya, jadi diyakini ada kecacatan mental yang membuatnya tidak bisa tangkap pelajaran di kelas. Guru itu juga inginkan anak tersebut dikirim ke SLB, karena hanya dianggap sebagai beban bagi gurunya.

Saudaranya anak itu konsultasi dengan saya, dan saya dapat kesan anak itu "normal" alias bisa berpikir dan diskusi secara baik. Hanya saja dia tidak suka baca buku (jadi belajar dan kerjakan PR menjadi sulit). Saya bertanya, apa pernah dicek matanya dan telinganya? Ternyata belum. Dan setelah dicek, jadi diketahui matanya MINUS 5 !!! Jelas dia tidak akan bisa baca tulisan di papan tulis. Sebagian guru juga sering tempatkan "anak bodoh" itu di belakang kelas, agar tidak mengganggu gurunya, jadi anak dengan mata minus akan makin menderita. Apalagi dilarang pindah tempat dan duduk secara bebas.

Saya bertanya tentang guru itu. Dia seorang PNS, di sebuah SD negeri. Saya bisa paham kalau dia seorang guru honorer (dengan ilmu terbatas) di pelosok, yang jarang dapat pelatihan. Tetapi seorang guru PNS yang profesional seharusnya punya ilmu yang cukup, dan mau mencari akar masalah dengan sarankan orang tua periksa mata dan telinga anak itu sebagai langkah paling awal. Guru tidak suruh, orang tua tidak paham, dan anak tidak bisa jelaskan apa yang dia rasakan. Hasilnya adalah anak cerdas dicap "bodoh". Dan hanya bisa naik kelas karena pandai menghafal (daripada membaca).

Berapa banyak anak alami gangguan serupa, dan menderita di kelas karena gurunya anggap anak itu "bodoh" dan tidak berpikir untuk periksa matanya? Jadi kalau ada orang lain seperti guru yang menyatakan anak anda "bodoh" atau cacat mental, tapi anda yakin tidak, jangan mudah percaya. Tidak semua orang yang punya profesi siap kerja secara profesional. Mereka dibayar untuk berikan pelayanan, tapi lebih inginkan yang mudah bagi dirinya, dan anak yang tidak "normal" dan mudah diatur mau dibuang saja. Orang tualah yang harus protes dan cari informasi sendiri karena pendapat dari sebagian "ahli" tidak selalu mengandung keahlian. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...