Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

15 March, 2023

Anak SD Bunuh Diri, Diduga Sering Diolok karena Anak Yatim

Assalamu’alaikum wr.wb. Sudah menjadi anak yatim, menjadi korban ejekan di sekolah dan juga di masjid. Seharusnya dirangkul, disayangi, dan dibantu. Malah jadi depresi dan bunuh diri. Mau mulai dari mana? Nasib anak yatim yang buruk? Betapa banyaknya anak yang tidak punya rasa empati? Bullying? Guru yang anggap "tidak ada masalah"? Anak yang tidak tahu bisa cari bantuan di mana? Anak yang putus asa terhadap masa depan karena orang di sekitarnya (apalagi pemerintah) tidak bisa berikan motivasi dan harapan?

Banyak yang bisa dikaji. Tapi siapa yang mau buang-buang waktu mengkaji kondisi anak yatim? Pemerintah sibuk bikin jalan tol dan kereta cepat dan ibukota baru. Umat Islam sibuk renovasi masjid, dan beli barang-barang mahal agar terlihat punya gengsi. Guru sibuk dengan beban administrasi dan pekerjaan sampingan. Anak sekolah sibuk dengan beban PR dan jam belajar yang terlalu berat. Siapa yang mau peduli pada anak yatim?

Yang masuk surga berdua dengan Rasulullah SAW adalah orang yang menyantuni dan menyayangi anak yatim. Tidak ada hadits tentang jalan tol dan kereta cepat yang membawa pejabat ke surga. Tidak ada tentang orang yang sering beli barang mewah, jalan-jalan ke luar kota, dan renovasi rumah yang masuk surga. Tidak ada tentang anak yang paling banyak mengejek dan membully anak lain yang masuk surga. Jadi kenapa menyantuni dan menyayangi anak yatim tidak menjadi prioritas yang sangat tinggi? Kalau pemerintah bisa membuat kereta cepat ke Bandung dan jalan tol di mana-mana, kenapa tidak bisa kasih tunjangan 1 juta per bulan untuk setiap anak yatim?

Kasihan anak yang lahir di tengah 200 juta Muslim dan dapat beban berat menjadi yatim! Semoga bermanfaat sebagai renungan. Dan semoga anak anda tidak termasuk yang melihat anak yatim, lalu mengejeknya (tanpa sepengetahuan anda)! Apakah anda sudah mendidiknya untuk menyayangi anak yatim, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW?
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

Siswa SD Bunuh Diri Imbas Di-bully, Pemerhati Anak: Guru-Sekolah Tak Peka!
Novia Aisyah – detikEdu, Minggu, 05 Mar 2023 Jakarta - Publik dikejutkan oleh tewasnya MR (11), siswa SD asal Banyuwangi yang gantung diri lantaran diduga kerap mengalami perundungan atau bullying dari teman-temannya di sekolah dan tempatnya mengaji karena tak memiliki ayah. Bapaknya meninggal setahun yang lalu.
https://www.detik.com

Siswa SD Banyuwangi Bunuh Diri, Diduga Sering Diolok karena Anak Yatim
https://www.cnnindonesia.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...