Wednesday, May 20, 2020

Nasib Malang Anak Yang Menjadi Yatim Di Akhir Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum wr.wb. Kemarin teman saya minta dana untuk seorang anak yang baru saja menjadi yatim. Bapaknya sopir, tapi lagi pengangguran di kampung di Banjarnegara. Mungkin sudah kehabisan uang utk beli makanan, jadi dia coba pancing ikan di sungai. Setelah 3 hari, belum pulang, dan akhirnya ditemukan mayatnya. Diduga dia jatuh ke sungai dan terseret arus. Setelah tahu suaminya wafat, istri yang ada penyakit darah tinggi langsung pingsan, dibawa ke rumah sakit, dan belum pulang.

Kedua anak itu menjadi yatim di akhir bulan Ramadhan. Saat teman saya tanyakan dana sosial, saya hanya bisa minta maaf. Semua uang di rekening sosial sudah dibagikan. Tapi alhamdulillah, ada 5 juta tambahan yang masuk ke rekening Yayasan, dan juga di rekening sosial saya di BCA. Saya kumpulkan semuanya, ditambah sisa uang saya, menjadi 6,5 juta. Sekarang, kedua rekening sosial dan rekening pribadi saya kembali kosong. Tapi insya Allah menjadi sangat bermanfaat bagi dua anak itu.

Tidak terbayang, setiap tahun ketika masuk bulan Ramadhan, anak-anak itu akan ingat, "Ini waktunya bapak wafat". Dan sampai saat ini, ibunya masih di rumah sakit. Kasihan sekali kl anak2 itu kehilangan bapak dan juga ibu di bulan Ramadhan.

Bagi semua pembaca yang keluarganya sehat, dan kulkas dan lemari penuh makanan, dan di rekening bank masih ada uang, dan masih ada pekerjaan, dan rumahnya penuh barang yang berkualitas, semoga kisah ini bermanfaat sebagai renungan. Ada banyak orang yang harus hadapi cobaan dan ujian yang lebih berat dari apa yang kita alami. Jangan berhenti bersyukur kepada Allah. Dan jangan takut bersedekah kepada anak yatim dan dhuafa. Allah yang jamin uang itu akan kembali kepada kita dengan berlipat ganda.

245. Siapakah yang mau memberi PINJAMAN kepada Allah, pinjaman yang BAIK (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan MELIPAT GANDAKAN pembayaran kepadanya dengan LIPAT GANDA yang BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
(QS. Al-Baqarah 2:245)

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud)

Wassalamu’alaikum wr.wb.
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...