Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

08 June, 2022

Nikmatnya Memberikan Nasehat Yang Bermanfaat

Assalamu’alaikum wr.wb. Ada orang yang konsultasi dengan saya tentang suatu masalah keluarga. Kemarin saya chatting lagi dan dia jelaskan: WA saya yang lama (dari 4 bulan sebelumnya sering dibaca berulang-ulang karena membuat hatinya tenang. Nasehat yang saya berikan alhamdulillah bermanfaat dan membantunya menghadapi masalahnya dengan sikap yang baik.

Saya jadi kaget. Sesuatu yang saya tulis, yang sifatnya "instan", bisa begitu bermanfaat sampai dibaca terus berulang kali. Nasehat yang saya tulis itu tidak dipikirkan berminggu-minggu sebelumnya, tapi hanya ditulis secara langsung sebagai balasan terhadap pertanyaan yang diberikan. Ternyata dampaknya besar dan luas. Alhamdulillah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang melepaskan satu kesulitan seorang Muslim, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesulitan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang Muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya." (HR. Muslim)

Dapat komentar dari ibu itu membuat saya bersyukur bisa menolong orang yang konsultasi. Kadang dikhawatirkan nasehat saya kurang bermanfaat atau bahkan salah. Dan karena ada orang baru yang hubungi saya terus, orang lama yang dibantu 1 kali jarang kembali untuk jelaskan dampak dari nasehat saya itu. Jadi sulit untuk tahu apa bermanfaat atau tidak. Alhamdulillah waktu yang dihabiskan untuk menolong semua orang itu tidak sia-sia. Jangan takut memberikan saran dan nasehat kepada yang membutuhkannya. Insya Allah ada hikmah dan pahala yang luas dari sisi Allah SWT.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...