Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

09 February, 2024

Sistem Pendidikan Di Indonesia Membuat Banyak Anak Trauma

Ada teman yang berkonsultasi dengan saya tentang pendidikan anaknya, yang berusia 7 tahun, kelas 2 SD di Jakarta. Dia sudah benci sekolah, menangis, dan minta pindah sekolah. Dia sangat benci bahasa Inggris dan matematika. Saya dikasih lihat ujian bahasa Inggrisnya. Nilainya rendah sekali. Lalu saya cek jawabannya.

Struktur ujian kurang baik. Tidak sesuai dengan usia seperti itu. Tulisan tangannya juga tidak bisa dibaca karena dipaksa menulis dengan huruf sambung, padahal dia tidak sanggup dan merasa itu terlalu berat. Kalau huruf cetak cukup baik untuk usianya, dan bisa dibaca. Tapi dilarang. Harus pakai huruf sambung untuk semua tulisan di kelas, dan dimarahi dan kena hukuman kalau tidak. Jadi sebelum menulis dalam ujian, sudah trauma duluan, karena harus berkonsentrasi untuk menulis dengan huruf sambung (padahal tidak bisa), dalam bahasa asing, sambil ingat kosa kata dan tata bahasa. Ini namanya pendidikan?

Lalu ada pertanyaan2 yang penuh dengan kesalahan tata bahasa, walaupun bukan masalah serius, tetap saja kurang profesional. Tapi lebih buruk lagi adalah pertanyaan dengan dua jawaban yang bisa benar. Saya bermain bola di: A) Lapangan, B) Sekolah. C dan D salah. Jawaban yang benar hanya boleh "lapangan" sedangkan anak mungkin merasa benar kalau main bola di sekolah, tapi tidak boleh benar, karena hanya jawaban dari guru yang benar. Murid otomatis salah.

Saya melihat buku pelajaran bahasa Inggrisnya. Buku itu juga penuh dengan kesalahan tata bahasa, tapi sekali lagi, bukan perkara "fatal". Ada dua bab yang menjadi materi dari ujian. House Hold (alat2 rumah tangga) dan Transportations (transportasi). Saya lihat banyak contoh yang aneh, gambar yang tidak jelas, dan cara mengajar bahasa Inggris yang juga jauh dari ideal. Lalu dari contoh2 kurang baik itu dibuat ujian. Saya lihat 3 pertanyaan dalam ujian yang tata bahasanya tidak diterangkan di dalam buku pelajaran, jadi bagaimana siswa bisa paham? Beberapa bentuk tata bahasa diajarkan sekaligus, dengan tambahan banyak kosa kata. Orang dewasa yang tidak bisa berbahasa Inggris akan alami kesulitan, apalagi anak yang baru belajar membaca dan menulis, apalagi harus menulis dengan huruf bersambung agar tidak kena hukuman.

Ibunya anak itu tunjukkan sebuah buku teks bahasa Inggris, buatan luar negeri. Saya periksa. Isinya lebih bagus dan juga berwarna. Cara mengajar lebih tepat, dan tidak ada kesalahan. Saya tanya kenapa tidak pakai itu saja? Katanya, sekolah wajibkan orang tua beli, tapi tidak pernah dipakai. Ada 3 buku. Lalu juga ada buku untuk belajar membuat huruf bersambung. Ada 3 buku juga. Dan juga tidak pernah dipakai oleh guru di kelas.

Di tengah ujian, ada satu pertanyaan yang aneh sendiri. Harus menulis "45" dalam bahasa Inggris (fourty five) tapi anak itu jelas tidak bisa. Dan tidak masuk akal kenapa tiba2 ada pertanyaan seperti itu. Gurunya sudah jelas tidak mengerti cara membuat ujian untuk anak seusia itu, dan jelas materi di dalam buku tidak diajarkan dengan cara yang cukup jelas agar siswa bisa tangkap.

Saya tanya kepada anak itu apa dia paham kenapa jawaban dia salah, setelah diterangkan oleh gurunya? Dia langsung terlihat stres, takut, dan hampir menangis. Ternyata, ditanyakan saja tentang bahasa Inggris, dia langsung takut dan mengira akan dimarahi. Saya tanya orang tuanya kenapa. Katanya guru bahasa Inggris itu galak, selalu marah dan tidak izinkan anak2 bertanya banyak. Lalu setelah selesai ujian, kertas jawaban dibagikan dan disuruh bawa pulang tanpa keterangan apapun. Tapi itu baru guru bahasa Inggris. Katanya guru kelas lebih galak lagi, marah2 terus, dan tidak suka anak yang bertanya atau anak yang tidak mengerti. Jadi anak ini sudah tidak tahan dan minta pindah sekolah dari beberapa bulan yang lalu.

Orang tua sudah ke kepala sekolah, dan ditawarkan pindah kelas saja. Ternyata kalau guru marah2, galak, marahi anak yang bertanya, dan menolak bahas jawaban dalam ujian, maka kepala sekolah tidak bisa melakukan apa-apa. Tidak ada solusi selain pindah kelas.

Teman saya bertanya, "Kalau anak saya pergi ke sekolah, bukannya dia mesti dibuat happy, dan senang belajar, bukan menangis dan takut bertanya?" Saya tidak paham kenapa ada yang mau menjadi guru kalau senangnya galak dan marah pada anak kecil dan membuat mereka takut bertanya, dan juga tidak suka jawab pertanyaan. Itu bukan seorang guru menurut saya. Lebih cocok menjadi Satpam saja.

Saya tidak mengerti kenapa kepala sekolah tidak bisa melakukan apa-apa selain suruh anak pindah kelas atau pindah sekolah. Kejadian itu di sekolah swasta Islam, bukan sekolah umum. Jadi semua guru itu punya kontrak kerja, dan bukan PNS. Berapa banyak anak harus mengalami kondisi seperti ini di sekolah setiap hari? Usia 7 tahun sudah benci sekolah, tidak mau belajar, benci bahasa Inggris, dan takut bertanya. Apa manfaatnya sekolah, kalau membuat akan trauma seperti itu?  
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...