Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

11 April, 2016

Cara Hilangkan Rasa Kecanduan Pada Narkoba

[Pertanyaan]: assalammu'alaykum wr wb, ustad. Sah kah kita mengerjakan shalat, apabila kita habis menggunakan shabu-shabu? Bagaimana bisa tinggalkan narkoba? terima kasih ustad. wassalammu'alaykum wr wb.

[Jawaban]: Wa’alaikum salam wr.wb. Orang yang mabuk (atau teler dari narkoba) dilarang shalat. Jadi shalatnya tidak sah pada saat itu.

43. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendekati shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…
(QS. An- Nisa' 4:43)

Yang perlu dipikirkan bukan sah atau tidak, tapi DITERIMA atau tidak. Ketika seseorang minum alkohol (atau pakai narkoba), maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari (kecuali dia bertaubat). Shalat itu masih wajib dikerjakan, tapi Allah tidak akan peduli pada shalat itu, alias tidak dikasih pahala. Rugi sekali kalau pakai narkoba, menjadi bahagia untuk satu jam saja, tapi membuat Allah marah, dan semua shalat yang dikerjakan selama 40 hari itu menjadi sia-sia. Jadi hanya tersisa dosa pakai narkoba. Apalagi kalau juga tinggalkan shalat, maka dosanya tambah lagi.

Anda perlu mencari bantuan untuk berhenti pakai narkoba karena akan sulit berhasil tanpa bantuan. Cari ustadz yang baik hati di dekat rumah dan sering diskusi agama. Insya Allah dengan menambahkan ilmu agama, pikiran anda akan berubah, dan lama-lama narkoba bisa ditinggalkan. Cari panti asuhan dekat rumah, dan diskusi dengan anak yatim. Minta doa dari mereka agar anda bisa berubah dan menjadi orang Muslim yang lebih baik. Perhatikan kondisi hidup mereka. Anda punya uang lebih dari kebutuhan, tapi daripada beli coklat untuk menghibur hatinya anak yatim, anda buang dengan sia-sia untuk narkoba.

Apakah ada suatu hal di dunia yang menjadi "lebih baik" dengan penggunaan narkoba? Apa ada pekerjaan yang hasilnya menjadi lebih bagus? Apa ada pernikahan yang menjadi lebih indah? Apa ada orang yang tambah sehat? Narkoba itu merusak, tidak membawa manfaat, dan hanya membawa kerugian. Tapi karena anda sudah kecanduan, maka sulit untuk berhenti. Jadi harus ada usaha yang serius.

Kalau mau berubah, anda perlu hindari semua teman yang pakai narkoba. Jelaskan anda mau berubah, jangan ketemu mereka, dan hapus nomor HP-nya. Mereka akan marah. Semua orang yang merusak kehidupannya sendiri selalu begitu: Mencari teman, biar tidak merasa rusak sendirian!

Anda bisa berubah. Coba sering ikut pengajian, ketemu ustadz setiap minggu, dan kunjungi panti asuhan dan minta doa dari anak yatim. Belikan mereka mainan, makanan, atau buku dan barang-barang lain yang bermanfaat. Dan selalu berdoa kepada Allah dengan mohon bantuan hilangkan rasa kecanduan itu, agar uang anda bisa digunakan untuk urusan yang baik saja.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud)

Semoga berhasil! Amin.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...