Search This Blog

Labels

alam (8) amal (100) anak (299) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (60) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (570) islam (556) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (356) kesehatan (97) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (52) my books (2) orang tua (8) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (502) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (33) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (178) Sejarah (5) sekolah (78) shalat (8) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

01 August, 2024

Berpikir Secara Dalam Sebelum Ambil Risiko Menikah Dengan Muallaf

[Pertanyaan]: Suami saya kurang peduli pada ajaran Islam, dan bisa tinggalkan shalat dan puasa kapan saja kalau mengganggu dia. Perlu menunggu berapa lama sampai suami berubah?

[Jawaban]: Assalamu’alaikum wr.wb. Untuk kebanyakan wanita yang menikah dengan pria asing, yang menjadi muallaf untuk menikah, biasanya berakhir dengan penyesalan dan perceraian. Masalahnya, pria itu tidak sepenuhnya beriman dari awalnya. Hanya masuk Islam sebagai syarat untuk menikah. Setara dengan kewajiban memakai baju adat. Dipakai sehari, besoknya boleh dibuang karena tidak dibutuhkan lagi. Jadi setelah menikah, juga tidak perlu peduli pada Islam karena sudah dapat istri.

Ibaratnya begini: Bos tawarkan bonus 10 milyar kepada setiap karyawan kalau mereka masuk kantor tepat waktu. Uangnya dikasih dulu,  tanpa perjanjian. Setelah uangnya diterima, para karyawan masih sering telat. Bos hanya bisa ngomel dan bilang bahwa mereka sudah dikasih uangnya, jadi kapan mau berubah? Tetapi karyawan itu merasa tidak perlu berubah, karena sudah dikasih uangnya. Selama masih tahan omelan dari bosnya, bisa santai terus. Dan bos takut pecat karyawan itu, karena sudah kasih 10 milyar ke setiap orang. Jadi hanya bisa ngomel terus setiap hari, selama 10-20 tahun. Kurang lebih seperti itu, kondisi kebanyakan wanita yang menikah dengan muallaf.

Apakah bisa berubah? Bisa saja. Saya tahu satu kasus di mana seorang pria dari Inggris mulai shalat setelah menikah 20 tahun. Selama pernikahannya, dia tidak shalat, minum alkohol, dan merayakan Natal, dsb. Istrinya sedih karena merasa besarkan anak tanpa input dari suami sebagai Imam. Lalu tiba2 pria itu berubah dan mulai shalat. Yang saya tahu hanya 1 pria itu, dari sekitar 100an kasus yang lain. Jadi kalau berharap suami anda akan berubah, bisa terjadi. Tapi kemungkinannya hanya sekitar 1%.

Jadi anda harus memilih sendiri. Apakah puas punya suami yang kurang peduli pada Islam? Puas hidup bersama suami yang tidak bisa jadi imam, dan sering berdosa (seperti tinggalkan shalat, tidak berpuasa, minum alkohol, merayakan Natal, dll.)? Coba melakukan shalat istikharah berkali-kali dan mohon petunjuk dari Allah. Mau menunggu berapa tahun lagi dengan harapan suami akan berubah? Dan kalau ternyata tidak berubah, apa anda mau cerai atau mempertahankan pernikahan selama 20 tahun lagi? Tidak ada yang bisa memberi tahu jalan yang terbaik. Hanya Allah tahu, dan hanya anda yang bisa memutuskan.

Untuk perempuan yang belum menikah (dan bapaknya), yang penting adalah sikap pria itu. Pria itu harus masuk Islam dulu, dan dikasih waktu 6 bulan untuk belajar. Kalau terlihat mau belajar, dan bisa shalat sendiri tanpa dipaksa, dan terlihat ingin menambahkan ilmu terus, insya Allah aman untuk menikah. Tetapi kalau terlihat malas, sebaiknya shalat istikharah, lalu menunda atau membatalkan. Banyak pria yang hanya mau menikah saja, dan tidak mau berubah. Jadi jangan berharap bisa menikah dulu, lalu pria itu "diperbaiki" di tengah jalan.

Tidak ada orang yang berangkat pakai mobil yang rusak dari Jakarta ke Surabaya, sambil mengatakan, "Nanti mesinnya diperbaiki di tengah jalan saja. Tidak perlu bagus sekarang! Jangan peduli pada asap yang keluar dari mesin. Nanti hilang sendiri...!" Hanya orang gila yang yakin mobil rusak bisa diperbaiki di tengah jalan. Anehnya, banyak wanita siap menikah dengan muallaf, dan pemikiran mereka persis seperti itu: Pria yang "rusak" (tidak beriman) bisa diperbaiki di tengah jalan. Tetapi kalau sudah "dikasih 10 milyar", kenapa berharap dia mau berubah setelah dapat yang dia inginkan? Dan yang dia inginkan hanyalah istri, bukan keimanan!

Semoga bermanfaat sebagai renungan dan peringatan. Berpikir secara dalam. Shalat istikharah. Dan jangan membahayakan masa depan anda dengan seorang pria yang tidak peduli pada Allah dan Kebenaran Islam.
Wa billahi taufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...