Search This Blog

Labels

alam (8) amal (100) anak (299) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (60) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (570) islam (556) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (356) kesehatan (97) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (52) my books (2) orang tua (8) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (502) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (33) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (178) Sejarah (5) sekolah (78) shalat (8) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

22 August, 2024

Apa Yang Dilakukan Gene Netto untuk Indonesia?

Assalamu’alaikum wr.wb. Ini sebagian dari hal-hal yang pernah saya lakukan sejak 1995, untuk memajukan Indonesia. (Ini bukan untuk pamer, tetapi untuk menjelaskan saja.)

Selama 15 tahun, saya mengajar bahasa Inggris di Jakarta. Murid saya lebih dari 10.000 orang. Saya memberikan pelatihan dan pembinaan guru dan siswa di berbagai tempat selama 20 tahun, tanpa tarif. Saya sudah menolong ribuan orang dengan konsultasi gratis, tentang Islam, urusan muallaf, pendidikan, psikologi anak, parenting, pernikahan, masalah pribadi, business development, dsb. Hampir setiap hari ada permintaan konsultasi yang baru.

Saya sudah ceramah di ratusan masjid, kantor dan pengajian, tanpa tarif. Saya pernah berikan ceramah Maulid Nabi di Masjid Istiqlal di depan Menteri Agama. Saya sudah berikan ceramah motivasi kepada ribuan siswa, yatim, dan dewasa, agar mereka semangat berjuang, walaupun miskin. Kadang, saya diskusi dengan orang yang tidak shalat selama 20-30 tahun, dan biasanya mereka langsung mulai lagi setelah diskusi dengan saya 1 kali. Saya juga bertemu orang yang ingin murtad, dan membantu mereka agar tetap Muslim, atau kembali ke Islam kalau sudah murtad.

Saya sering mencari dana untuk menolong anak yatim, dhuafa, anak cacat, pengobatan, bakti sosial, pesantren, jompo, dll. Dari itu, saya sudah bantu puluhan ribu orang di berbagai wilayah. Saya sudah kumpulkan dan salurkan lebih dari 3 milyar rupiah, tanpa potongan atau biaya.

Saya pernah berusaha mendirikan lembaga nasional untuk menolong ribuan orang yang menjadi muallaf di Indonesia setiap tahun. Awalnya, Kementerian Agama mendukung, tetapi tarik dukungannya setelah kami bersikap “anti-korupsi”. Teman-teman saya patah hati, dan program itu dibubarkan.

Saya pernah mengusulkan “Menteri Urusan Anak”. Presiden SBY setuju, tetapi jumlah menteri terlalu banyak. Jadi, nama “Menteri Pemberdayaan Perempuan” diubah pada tahun 2009 menjadi “Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak”. Saya dapat perubahan nama, tetapi belum dapat menteri yang fokus pada 80 juta anak.

Ada berita tentang 12 ribu paedofil Australia yang masuk Bali setiap tahun. Saya berusaha membuat daftar cekal agar mereka diblokir. Saya berusaha membangun hubungan antara Imigrasi Indonesia, polisi dan imigrasi Australia. Saya hubungi beberapa kedutaan yang lain dan ajak bergabung juga. Akhirnya saya berhenti, karena semua pihak bersikap pasif dan menunggu saya bertindak sendirian, tanpa dukungan.

Saya berusaha membentuk sebuah Forum Diskusi Nasional, untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap anak. Saya hubungi berbagai ahli pendidikan, agama, budaya, psikologi, dan ajak mereka bersatu. Akhirnya saya berhenti, karena semua pihak bersikap pasif dan menunggu saya bertindak sendirian, tanpa dukungan.

Saya mendirikan "Yayasan Bambu Biru" dengan teman saya Dr. Irwan Kreshnamurti SpOG, sebagai wadah untuk menciptakan beberapa program berskala nasional untuk memajukan Indonesia. Yang utama adalah Program Pelatihan Guru Nasional yang gratis, untuk menolong 3 juta guru dan 70 juta siswa. Tetapi program itu belum bisa dikembangkan, karena saya tidak bisa dapat dana atau dukungan. Sekarang, saya juga tidak bisa dapat visa untuk kerja di dalam yayasan, jadi mungkin akan dibubarkan.

Dengan teman-teman dokter, saya pernah membuat program pengobatan skabies (kudis) yang dilaksanakan di beberapa panti asuhan dan pesantren. Skabies adalah penyakit kulit gatal yang disebabkan oleh parasit. Lewat yayasan saya, direncanakan Program Nasional. Tetapi belum dikembangkan, karena semua pihak bersikap pasif dan menunggu saya bertindak sendirian, tanpa dukungan.

Saya sudah menulis buku "Searching for God and Findiing Allah" (Mencari Tuhan, Menemukan Allah) yang membandingkan ajaran agama Islam dan Kristen. Puluhan orang masuk Islam setelah baca Draft, dan beberapa Muslim batal murtad. Alhamdulillah, sudah terbit sebagai ebook dalam bahasa Inggris, tetapi saya masih sakit setelah kena Covid 2 kali, jadi belum melakukan marketing global. Insya Allah nanti juga ada paperback, audio book, dan terjemahan dalam puluhan bahasa asing.

Setelah 20 tahun tinggal di Indonesia, saya hanya memiliki komputer, HP, pakaian dan buku. Tidak ada rumah, deposito, tanah, emas, saham, mobil atau motor. Selama 15 tahun kerja sebagai guru dulu, gaji saya habis setiap bulan, karena selalu ada beberapa orang Indonesia yang minta tolong. Kebanyakan dari sumbangan itu adalah untuk dana pengobatan.

Saya merasa yakin Indonesia bisa bangkit dan menjadi negara maju yang kuat dan sejahtera, dan pemimpin dunia. Tetapi rakyat Indonesia harus bersatu. Saya membahas masalah serius di Facebook dan dalam ceramah, agar semua orang bisa memahami masalahnya yang perlu dihadapi. Saya berusaha dan bertindak sendiri, dengan niat memajukan umat Islam dan bangsa Indonesia. Tetapi saya terbiasa dengan orang Indonesia yang menghina saya, atau suruh saya diam dan pergi dari sini. Mereka hanya suka orang bule yang memuji batik atau gamelan, dan tidak suka orang bule yang ajak umat Islam berpikir secara kritis. Mereka lebih suka buang muka daripada hadapi masalah. Yang penting menjadi sejahtera sendiri, dan tidak perlu peduli pada saudara atau tetangga.

Saya berharap rakyat Indonesia bisa bangun dari dunia mimpi, dan bersatu, dan Indonesia bisa menjadi negara yang kuat  dan sejahtera, dan berhasil menjadi salah satu pemimpin dunia. Amin.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.  
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...