Search This Blog

Labels

alam (8) amal (100) anak (299) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (60) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (570) islam (556) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (356) kesehatan (97) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (52) my books (2) orang tua (8) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (502) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (33) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (178) Sejarah (5) sekolah (78) shalat (8) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

14 August, 2024

Apakah 80 Juta Anak Indonesia Sudah Merdeka?

Assalamu’alaikum wr.wb. Pada tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Secara fisik, memang merdeka. Bagaimana dengan kondisi mentalnya? Apa benar bahwa rakyat, khususnya 80 juta anak Indonesia, sudah merdeka? Di sekolah dan rumah, banyak anak diberikan pelajaran penting: "Diam dan Taat" pada pihak yang berkuasa, walaupun mereka dzhalim. Keadilan, kebenaran, kejujuran, dan banyak konsep lain tidak penting. Semuanya boleh ditukar dengan harga yang sedikit.

Kalau seorang guru memukul siswanya lalu dilaporkan, banyak guru marah. Katanya, memukul siswa wajar. Tetapi kalau siswa memukul guru, banyak guru menjadi lebih marah dan menuntut anak itu dihukum dengan keras! Kalau guru telat, bukan masalah. Siswa telat 30 detik, dihukum. Kalau guru tidak periksa PR, bukan masalah. Siswa yang tidak kerjakan PR, dihukum. Apakah sekolah merupakan tempat adil yang mengajarkan anak untuk menegakkan keadilan dan membela kebenaran? Atau mengajarkan anak untuk siap tukar benar dan salah karena takut pada pihak yang berkuasa?

Ada ujian anak SD. Banyak pertanyaan salah, 4 jawaban dari guru juga salah. Seorang siswa jelaskan dengan sopan bahwa gurunya salah. Siswa itu dimarahi, dan dihukum. Nilainya dikurangi agar ada "efek jera", agar semua siswa belajar untuk tidak berani melawan pendapat guru yang berkuasa. Yang penting Diam dan Taat.

Seorang anak SD disuruh potong rambutnya karena "gondrong". Kata guru lain, tidak perlu. Besok siang, rambutnya anak dipotong secara paksa, agar ada efek jera. Siswa jangan berani melawan pendapat guru. Benar dan salah tidak penting. Siswa dilarang berbeda pendapat. Dilarang "melawan". Dilarang menjadi lebih benar dari gurunya. Dilarang berbeda. Dilarang berpikir secara mandiri. Dilarang kreatif. Guru selalu benar. Yang penting Diam dan Taat.

Apakah ini artinya "kemerdekaan"? Rakyat yang Diam dan Taat paling disenangi oleh penjajah dan diktator. Belanda sudah hilang, tetapi masih ada "penjajahan mental" di banyak sekolah, lembaga, rumah, dan kantor. Anak, orang tua, guru, karyawan, PNS, dan seterusnya diajarkan terus untuk selalu takut membela kebenaran. Yang penting hanyalah pendapat dari pihak yang berkuasa.

Tiga juta guru dan 100 juta orang tua bisa berubah. Ada 80 juta anak yang merupakan masa depan negara ini. Mereka harus diberikan izin untuk hidup dengan pemikiran merdeka. Harus ada izin berbeda pendapat dengan guru dan orang tua, izin menjadi mandiri, izin hidup secara bahagia di dalam dan luar sekolah, dan seterusnya. Guru harus mengajarkan semua anak untuk menegakkan keadilan, membela kebenaran, dan jangan tukar benar dan salah dengan harga yang sedikit.

Negara lain bisa kirim robot ke planet Mars, tetapi di Indonesia, anak SD malah sering dijadikan "robot" (semua anak harus sama). Lalu kepalanya para “robot” itu diisi dengan “program” yang salah agar siap Diam dan Taat pada pihak yang berkuasa. Sistem pendidikan berdasarkan “penjajahan mental” seperti ini perlu diperbaiki.

Kita harus berikan kemerdekaan berpikir kepada semua anak Indonesia dan siapkan mereka untuk menjadi generasi emas dan pemimpin dunia. Indonesia bisa segera menjadi negara yang maju dan sejahtera kalau 3 juta guru dan 100 juta orang tua mengajarkan anak untuk menjadi pemimpin, pelopor, dan penemu. Masa depan 80 juta anak tergantung apa yang kita pilih sekarang!
Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...