Thursday, October 21, 2010

Proposal Program Pelatihan Guru Nasional (Executive Summary)

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Teman-teman, ini proposal untuk sebuah program yang saya kembangkan sekarang. Kalau bisa mendapatkan dana, saya ingin membuat progam seperti ini di Indonesia, dengan harapan bisa mengubah dunia pendidikan di seluruh negara, bahkan di seluruh dunia. (Pada awalnya, saya mencari ratusan juta untuk mulai, tetapi program seluruhnya akan membutuhkan milyaran rupiah dalam beberapa tahun.)
Mohon doanya agar bisa dapat dananya dan menjalankan program ini pada suatu hari mendatang. Kalau tidak bisa dapatkan dana yang dibutuhkan, saya akan kembali mengajar saja dulu.
Terima kasih atas dukungannya.
Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene


Proposal Program Pelatihan Guru Nasional

EXECUTIVE SUMMARY

1.    Latar Belakang

    Saat ini, ada 2,6 juta guru di Indonesia. Tapi hanya 1,1 juta memiliki gelar sarjana atau Diploma 4-Tahun. Hanya 21% memiliki sertifikasi pemerintah sebagai guru. Dan 1,5 juta guru hanya memiliki ijazah SMA atau paling banyak Diploma 3-Tahun. Dari semua guru yang sedang mengajar di kelas sehari-hari, 1,5 juta bekerja sebagai guru SD. Rasio guru terhadap siswa saat ini 1:32 (meskipun idealnya untuk tingkat SD, rasio seharusnya 1:9, menurut pemerintah).
    (Informasi dari berbagai koran Indonesia pada tahun 2010, mengutip Kementerian Pendidikan.
Sebagai contoh, 9 Agustus 2010, DKI Pos, 2015, 2015, Seluruh Guru Minimal Lulus D4.) 

2.    Penjelasan Umum: Dua Program Utama

    Organisasi ini akan dibuat sebagai sebuah LSM lokal di Indonesia, dan berbasis "not-for-profit". Tujuan dari proyek ini adalah untuk melakukan upaya besar dalam pelatihan guru di Indonesia pada tingkat nasional. Sasaran proyek akan menjadi seluruh dari 2,6 juta guru yang saat ini bekerja di kelas di seluruh negara, terutama guru-guru yang hanya lulusan SMA dan tidak memiliki kualifikasi mengajar. Proyek ini akan berusaha untuk memberikan semua guru tips dan pentunjuk praktis yang segera dapat diterapkan di dalam kelas.
    Untuk mencapai tujuan ini, dua program utama akan dibuat. Program yang pertama adalah untuk membuat buku panduan guru, yang penuh dengan tips dan pelajaran untuk guru yang ingin memperbaiki kualitas dari pendidikan di dalam kelas. Buku ini akan disebarkan secara gratis kepada para guru (dicetak dan disebarkan oleh kami), dan semua bahan akan disimpan di internet dan bisa di-download secara gratis oleh semua guru.
Program yang kedua adalah untuk membuat bahan pelatihan guru. Bahan ini akan disimpan di internet, dan boleh digunakan secara gratis oleh pelatih guru yang mana saja, atau oleh kepala sekolah untuk pelatihan internal.
    Setiap kali ada seorang pelatih guru, kepala sekolah atau guru senior yang ingin membantu guru lain dengan membuat pelatihan, salah satu hal yang makan waktu lama adalah proses pembuatan bahan yang akan digunakan dalam pelatihan. (Dibutuhkan bahan untuk pelatihan 1 jam, 2 jam, 4 jam atau satu hari penuh). Dengan adanya bahan ini secara gratis di internet, para guru bisa dilatih secara lebih cepat dan lebih efektif karena pelatihnya tinggal download dan fotokopi seperlunya.
    Kedua program ini, kalau sudah jalan dan terbukti berhasil di sini, akan dikasih kepada PBB dan Unesco untuk disebarkan ke semua negara berkembang di seluruh dunia. Kalau di Indonesia bisa berhasil, di negara seperti Afganistan, Bangladesh, Bolivia, Kamboja, India, Kenya, Meksiko, Myanmar, Pakistan, Filipina, Thailand, dan Vietnam seharusnya juga bisa.
    Untuk membuat bahan untuk kedua program ini, kami akan mencari bantuan dari para professor pendidikan di manca negara, dan ajak mereka bergabung untuk mengubah kualitas pendidikan secara global dengan memberikan masukan dan pengarahan.

3.    Dana Operasional

    Yang paling utama adalah dana operasional untuk menggaji staf yang kunci. Bisa dicari dari Aus-Aid, US-Aid, Uni Eropa, negara2 lain, dan juga uang CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan dalam dan luar negeri yang mau mendukung program ini. Kalau berhasil mendapatkan dana awal untuk mulai, maka akan langsung diusahakan mendapat tambahan2 dari negara dan organisasi lain.
Organisasi ini akan dibuat berbasis “not-for-profit” dan akan diaudit oleh akutan publik (seperti PWC).


Ada beberapa program tambahan, tetapi saya potong penjelasannya supaya summary ini tidak menjadi terlalu panjang. Untuk sementara, sekian saja.

Insya Allah rencana ini akan bisa dijalankan pada suatu harui, secara baik dan efektif dengan dukungan dari semua pihak. Mohon doa restunya suapaya bisa terwujud untuk kepentingan anak bangsa dan masa depan Indonesia.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene Netto

1 comment:

  1. semoga sukses ya bang.... kalo sukses aku mau jadi pesertanya lho diundang ya....

    ReplyDelete