Wednesday, April 08, 2020

Pemerintah RI: Mulai Hari Ini Semua Harus Menggunakan Masker

Kemarin saya bertanya ttg DKI (dan banyak orang menjadi sensi). Sekarang saya tanya lagi: Dapat masker dari mana? Kalau belum paham, tahan emosi dulu, dan coba berpikir. Fungsi pemerintah bukan untuk lempar aturan saja, tapi juga untuk menyediakan solusi. Kalau tiba2 dilarang pakai mobil dan motor di DKI, pemerintah harus sediakan transportasi umum. Ini sebuah prinsip politik standar dalam semua negara demokrasi. Ada aturan, ada solusi dari pemerintah.

Jadi kalau tiba2 pemerintah wajibkan rakyat pakai masker, minum temulawak, pakai sepatu warna merah, dll. maka menjadi tanggung jawab pemerintah juga untuk bantu rakyat dapat solusi. Jadi, dari mana 270 juta orang akan dapat masker? Sebagian orang sudah punya. Banyak yang tidak. Bikin sendiri? Berapa banyak orang yang bisa menjahit? Pesan online? Kalau toko2 di pasar tutup? Kalau banyak tukang ojek sudah pulang kampung? Kalau stok di pasar tidak cukup utk 270 juta orang? Dan seterusnya.

Pemerintah benar dalam berikan kewajiban yang baik. Tapi juga harus berpikir dan membuat perencanaan agar aturan itu bisa ditaati oleh rakyat. Kalau besok polisi mulai tilang orang yang tidak pakai masker (padahal orang itu gagal beli di mana2), baru akan terasa bahwa tidak cukup lontarkan aturan saja lalu cuci tangan. Semoga bisa dipahami.
-Gene Netto

Pemerintah RI: Mulai Hari Ini Semua Harus Menggunakan Masker
Minggu, 05 Apr 2020 AN Uyung Pramudiarja – detikHealth. Jakarta - Mengikuti rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO, Pemerintah Indonesia menganjurkan penggunaan masker meski tidak sedang sakit. Masker kain lebih disarankan.
https://health.detik.com


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...