Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

18 February, 2021

Kenapa Gene Netto Mau Tinggal Di Indonesia?

Assalamu’alaikum wr.wb. Sebagian orang bingung kenapa saya mau tinggal di Indonesia, daripada di negara barat yang nyaman. Mungkin sebabnya adalah begitu banyak "kebetulan" yang mendorong saya untuk tinggal di sini, jadi terasa seperti Kehendak Allah. Saya lahir di Selandia Baru, dan setelah SMA, orang tua pindah ke Australia. Awalnya, saya tidak mau ikut tapi niat saya berubah. Di Australia niat saya berubah lagi, sampai ingin kuliah. Saya berniat pilih Fakultas Psikologi Anak tapi malah berubah masuk Hubungan Internasional. Saya ambil fokus terhadap Indonesia, cepat menjadi lancar dalam bahasa Indonesia, dan dapat nilai tinggi. Saya berniat pindah ke Psikologi Anak setelah 1 tahun, tapi niat saya berubah setelah dapat 2 beasiswa untuk kuliah di Jakarta (tahun 1991 dan 1995). Saya menjadi penasaran terhadap Islam karena semua teman saya Muslim. Sebelumnya saya ateis dari usia 10 tahun karena yakin semua agama tidak logis.

Saya diberitahu ada Shalat Tarawih dari Masjidil Haram di bulan Ramadhan. Saya nonton sendirian jam 2 pagi, setiap hari, selama bulan puasa itu, sambil baca teks terjemahan ayat-ayat Al Quran. Saya kaget karena belum pernah lihat kegiatan manusia yang setara. Saya mulai pelajari Islam dari buku, dan ceramah di TV (dari Zainuddin MZ, Quraish Shihab, Amien Rais, dll.). Setelah saya yakin bahwa Islam adalah agama satu-satunya yang logis di dunia, akhirnya saya merasa "terpaksa" masuk Islam (karena Islam terlalu logis).

Jadi ada banyak "kebetulan" dan hal yang terjadi tanpa perencanaan yang membawa saya ke Indonesia, dan bantu saya masuk Islam. Dalam ceramah, saya jelaskan Islam dari sisi logika, dan dari pengalaman saya yang berbeda dari kebanyakan orang, dan sering dapat komentar bahwa ceramah saya unik dan membuka wawasan baru. Jadi dari pengalaman menulis, berceramah, dan berdiskusi, saya merasa bisa bantu banyak Muslim dapat keimanan yang lebih kuat. Dari diskusi dengan saya, beberapa orang yang murtad kembali ke Islam, dan orang yang tidak shalat 30 tahun langsung shalat 5 waktu lagi (walaupun puluhan atau ratusan orang sebelum saya gagal membantu mereka).

Saya merenung tentang masa depan umat Islam dan Indonesia. Saya yakin kemajuan di sini butuh perubahan sistem pendidikan, jadi saya mulai merancang program pelatihan guru nasional yang gratis. Tetapi sulit untuk dapat dukungan, dan ketika mau kembali kerja saja, juga sulit dapat pekerjaan baru. (Misalnya, ada tawaran kerja, tetapi orang itu kena serangan jantung satu jam sebelum ketemu saya untuk teken kontrak, dan tawaran kerjanya dibatalkan.) Berkali-kali saya cari bantuan dana, tidak dapat, lamar kerja, juga tidak dapat. Ketika memutuskan mau pindah negara, selalu muncul tawaran baru, atau halangan, yang "mendorong" saya untuk tetap di sini. Dan terjadi puluhan kali selama beberapa tahun.

Saya punya cita-cita Indonesia menjadi lebih kuat dari Amerika, teknologinya lebih maju dari Jepang, kondisi negara lebih teratur dari Singapura, sistem pendidikan lebih maju dari Finlandia, jaminan kesehatan dan sosial lebih bagus dari Inggris, hukum ditegakkan, dan ada keadilan, kesejahteraan, dan kerukunan yang nyata. Langkah pertama adalah usaha "membangun kesadaran". Suatu "penyakit" hanya bisa diobati setelah ada niat untuk mengobatinya. Tetapi banyak Muslim ingin dipuji saja, agar merasa bahagia sebagai "kaum yang benar". Di saat yang sama, anak yatim dan dhuafa lapar, miskin, dan tidak punya banyak harapan. Dan masyarakat penuh dengan kriminalitas tinggi, kekerasan terhadap anak, dan keributan antara sesama Muslim yang haus kekuasaan dan uang.

Segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun negara yang kuat dan sejahtera sudah ada di sini. Sumber daya alam, sumber daya manusia, tanah yang subur, laut yang luas, keimanan, ketakwaan, dan milyaran malaikat yang siap mendoakan kita, kalau kita bersatu. Kita sendiri yang belum mau bertindak. Allah sudah ciptakan umat Islam di Indonesia dalam kondisi "siap saji" untuk menjadi pemimpin dunia. Tinggal kita bersatu, sadar, mau "mengobati diri", dan kembangkan semua yang sudah Allah sediakan bagi kita.

11. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.
(QS. Ar-Ra'd 13:11)

Saya yakin umat Islam di Indonesia bisa berubah, bangkit, bersatu, dan menjadi pemimpin dunia. Tapi banyak Muslim belum mau hadapi masalah yang nyata. Kita harus tafsirkan ayat di atas, menjadi: "Allah tidak akan mengubah keadaan [umat Islam di Indonesia] sehingga [umat Islam di Indonesia] mengubah keadaan diri mereka sendiri!" Semoga anda bisa memahami kenapa saya semangat untuk tinggal di sini. Dan insya Allah semua harapan saya bagi umat Islam bisa terwujud dalam waktu yang dekat. Aamiin, Aamiin, ya Rabbal 'Aalamiin.

Wa billahi taufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...