Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

18 February, 2021

Kenapa Islam Tidak Dibahas Dari Sisi Logika?

[Komentar]: Saya ingin sekali mendengar dakwah yang based on science tp di Indonesia ini jarang sekali ada. Jadi saya rasa kebanyakan org Indonesia mengikuti ibadah berdasarkan keyakinan adanya surga atau mendapat pahala saja. Saya pernah ditanya orang Swedia soal logika dalam Islam dan saya berusaha sebisanya. Dalam hal ini perlu juga org Indonesia mempelajari ini supaya kalau western people bertanya akan lebih mudah diterima..

[Gene]: Seorang ibu pernah minta saya bantu pemuda asing yang ingin memahami Islam. Sudah ada tujuh ustadz (sebelum saya) yang dipanggil berturut-turut ke rumahnya. Semuanya jelaskan rukun Islam, rukun Iman, dan selesai begitu saja. Tapi orang asing itu tidak tertarik, jadi apa boleh buat, dan mereka pulang.

Akhirnya keluarga itu ingat saya. Saya ketemu pemuda itu, dan bertanya ttg latar belakangnya dulu, dan pengertiannya terhadap dunia, akhirat, kehidupan, dan agama. Setelah dia jelaskan latar belakangnya di agama Kristen (yg sudah tidak diyakini lagi), saya bertanya kepadanya: Nabi Ibrahim diganti Nabi Musa. Nabi Musa diganti Yesus. Lalu Yesus diganti oleh siapa?

Dia diam, menatap saya terus, dan tidak bisa jawab. Saya teruskan: Setiap Nabi Allah sejak Adam ada penggantinya, dan tidak ada dari mereka (yang dia kenal) yang menyatakan mereka yang terakhir. Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim dsb. tidak pernah menyatakan dirinya "terakhir". Begitu juga Yesus. Jadi sikap yang logis bagi kita semua adalah selalu "menunggu Nabi berikutnya", sampai suatu saat ada yang menyatakan dirinya merupakan yang terakhir. Jadi siapa penggantinya Yesus? Dia diam terus dan tidak bisa jawab. Saya juga diam. Kami sama-sama diam selama beberapa menit sampai akhirnya air matanya mulai keluar. Lalu dia minta saya jelaskan tentang Nabi Muhammad SAW (karena dia baru tahu namanya saja).

Saya tidak bahas rukun Islam dan rukun iman. Saya hanya bahas logika, dan bagaimana kita dikasih akal yang sehat untuk mencari kebenaran, jadi merupakan tanggung jawab kita semua utk pakai akal itu dan mencari jalan Allah yang benar. Sayangnya, dia pulang ke negara asalnya besok, jadi saya tidak ketemu lagi. Saya hanya diskusi agama dengan orang yang mau hubungi saya dan terlihat ingin mencari kebenaran. (Jadi saya tidak cari dan bujuk orang yang tidak tertarik.) Tidak ada kabarnya lagi, jadi sepertinya dia berhenti belajar dan tidak masuk Islam. Tapi minimal dia sudah mulai berpikir secara jernih pada satu hari itu, mungkin suatu hari nanti akan mulai lagi.

Dari banyak pengalaman seperti itu, saya sudah saksikan bagaimana banyak Muslim dan non-Muslim terpengaruh sekali oleh diskusi tentang agama Islam yang berlandasan logika. Sayangnya, hal seperti itu cukup jarang di Indonesia dan belum menjadi prioritas dalam program pendidikan di pesantren, sekolah, dan masjid, padahal manfaatnya sangat luas.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...