Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

28 May, 2008

Blogger atau Wordpress?

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Saya mau minta komentar. Dulu ada yang suruh saya pakai Wordpress daripada Blogger. Saya bikin account di Wordpress untuk coba-coba. Ini linknya:

http://genenetto.wordpress.com/

Saya ingin bertanya apakah teman-teman punya pengalaman dengan Wordpress dan juga Blogger sehingga bisa menjelaskan yang mana yang lebih baik dan dari sisi apa.

Saya sudah import semua post dari Blogger ke Wordpress.

Salah satu nilai plus yang saya lihat adalah di template Wordpress bisa langsung membuat blog dengan 3-4 kolum, tetapi di Blogger harus otak-atik code sendiri karena semua template Blogger hanya 2 kolum. (Saya sudsah baca caranya membuat blogger dengan 3 kolum, tetapi agak rumit. Mungkin saya coba pada akhir minggu ini, ketika semua pembaca lagi libur).

Terus, di Wordpress, tinggal klik pada satu icon bila ingin membuat Read More di tengah post (hanya summary yang tampil). Tetapi di Blogger, harus edit code lagi.

Sebaliknya, satu hal yang membuat saya jauh lebih senang dengan Blogger adalah post yang lama bisa dikumpulkan sebagai link list supaya orang yang baru ketemu blog saya bisa langsung lihat post lama yang bermanfaat tanpa harus cari-cari sendiri di archive. Misalnya, sebagian artikel tentang Islam atau Pendidikan langsung tampil dan tidak perlu dicari.

Sepertinya di wordpress tidak ada fasilitas ini.

Kalau dari sisi design, saya lebih suka Wordpress. Lebih mudah membuat Read More di tengah post, gayanya lebih baik (kayanya), lebih user-friendly. Tetapi kalau pindah ke sana, link ke post yang saya anggap bermanfaat dan ingin ditampilkan di main page akan hilang ke dalam archive saja.

(Saya juga berfikir apakah sudah waktunya membuat webpage saja. Mungkin dengan itu lebih mudah karena fasilitasnya akan jauh lebih luas lagi daripada Blog.)

Bagaimana komentar anda? Apakah ada yang punya pengalaman pindah dari Blogger ke Wordpress atau sebaliknya? Bisa memberi saran?

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

1 comment:

  1. Salam Blogger. Dari Komunitas Blogger Unsri http://blog.unsri.ac.id

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...