Monday, July 03, 2017

Mendikbud Instruksikan Siswa Nyanyikan Indonesia Raya Setiap Hari



Mohon izin utk tidak setuju (kl masih boleh berbeda pendapat dgn pemerintah di Indonesia). Ide ini punya kesan “memaksakan nasionalisme dari atas ke bawah”. Ada bbrp anggota masyarakat yg tidak nasionalis. Solusi? Tidak ada. Tidak ada info, data, atau penelitian. Diskusi dgn rakyat juga tidak ada. Jadi: Pemerintah memaksakan anak nyanyikan lagu Indonesia Raya, dan simsalabim, masyarakat menjadi nasionalis. Apa terbukti ada hubungan? Tidak. Jadi kenapa nasionalisme harus diwajibkan dari atas (pemerintah)?

Perumpamaan: Ini ide yang setara. Pemerintah wajibkan anak baca satu pasal UUD45 setiap pagi sebelum sekolah, dan simsalabim, korupsi di Indonesia menjadi nol persen. Apa terbukti ada hubungan? Tidak. Kenapa mau diwajibkan? Saya anggap anak Indonesia sangat nasionalis dan bangga menjadi orang Indonesia. Jadi kenapa pemerintah butuh “program nasional” utk memaksakan anak menjadi “nasionalis”? Mana datanya yg buktikan ada masalah?

Ada suatu kaum yg tidak nasionalis (krn punya masalah dgn pemerintah, dan di semua negara juga ada), jadi 50 juta siswa harus dipaksakan nyanyi setiap hari? Dengan harapan ada efek? Sekaligus, membagikan CD lagu ke 220 ribu sekolah? Apa pemerintah belum tahu ada file digital yang bisa dibagikan secara gratis lewat email? Artinya: PROYEK produksi CD utk sekolah, ditambah proyek distribusi...

FYI, ada dua macam negara yang memaksakan seluruh rakyat melakukan suatu perbuatan supaya menjadi setia pada negara: 1) Negara diktator spt Korea Utara, dan 2) negara yang “asal coba2” terus karena tidak punya rencana matang, jadi anak bangsa menjadi kelinci percobaan. Indonesia termasuk yang mana?
-Gene Netto

Mendikbud Instruksikan Siswa Nyanyikan Indonesia Raya Setiap Hari
Sabtu, 20 Mei 2017 | 19:23
Solo- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan mulai ajaran baru tahun ini para siswa akan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari di sekolah. "Saya kira cara untuk lebih memantapkan rasa nasionalisme pemahaman terhadap Pancasila itu, jangan banyak melarang tetapi di-counter dengan aktivitas yang lebih produktif, sehingga menghilangkan kreativitas jiwa yang tidak nasionalisme," katanya.
Ia mengatakan menyanyikan lagu Indonesia Raya akan berlaku untuk semua sekolah di Indonesia. Adapun jumlah sekolah di Indonesia sekitar 220.000 sekolah dengan 50 juta siswa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...