Monday, March 16, 2020

Panik Karena Corona? Buat Apa Panik?

Buat apa panik? Bodoh amat kalau harus panik hanya karena 1 virus saja. Bagaimana kalau malaikat datang sekarang dan diumumkan bulan depan akan kiamat? Baru perlu panik!! Banyak orang panik hanya karena tidak bisa habiskan uangnya di mall utk beli tas dan sepatu baru, dan tidak bisa terbang ke luar negeri utk shopping dan wisata kuliner. Panik karena sahamnya turun. Tidak biasa berpikir bahwa semua uang yg mereka miliki itu sebenarnya milik Allah. Dan mereka juga jarang bersyukur kepada-Nya. Terlalu sibuk belanja!

Buat apa kita mesti panik? Bumi masih berputar. Oksigen masih gratis. Air gratis masih jatuh dari langit. Semua orang yang bisa melihat masih bisa melihat dan tidak menjadi buta dalam 1 malam. Semua orang yang punya telinga yang baik masih bisa dengar. Semua orang yang perutnya sehat masih bisa makan. Semua orang yang dikasih tangan dan kaki yang sehat masih punya tangan dan kaki yang sehat.

Tapi tidak dipikirkan, "Selama ini semua kemampuan saya itu dipakai UNTUK APA??!! Dan APA yang Allah inginkan dari saya?!" Semua orang yang bulan kemarin sibuk korupsi masih sibuk korupsi. Semua orang yang tidak shalat bertahun-tahun tetap tidak shalat. Semua orang yang kafir tetap kafir. Semua orang yang sibuk sebarkan gosip dan fitnah masih sibuk sebarkan gosip dan fitnah. Dan semua orang yang bertahun-tahun cuek pada anak yatim masih cuek pada anak yatim.

Jadi tidak banyak yang berubah. Dunia masih sama dengan bulan kemarin. Hanya saja ada "beberapa halangan" untuk sementara. Begitu saja. Buat apa panik? Manfaatnya NOL. Bagi orang yang beriman kepada Allah dengan benar, rasa panik seharusnya tidak ada, karena sudah paham bahwa Allah Maha Kuasa dan tidak ada hal yang bisa terjadi di bumi ini tanpa izin dari Allah. Jadi tenang dan santai saja. Terus beribadah seperti biasa, memberbanyak baca Al Qur'an, memperbanyak dzikir, memberbanyak sedekah, dan menunggu cobaan ini berlalu dengan sikap tenang. Semoga bermanfaat.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...