Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

27 December, 2012

Buku Cerita Untuk Anak Yatim



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Sekitar 2 minggu yang lalu, saya datang ke Panti Asuhan Anak Yakin di Jati Padang dengan seorang teman, untuk menghibur 20 anak yang tinggal di panti itu (ada 40 lagi di luar panti). Saat berada di ruang besar, saya lihat ada lemari kaca. Saya tanya kepada anak2 apa mereka punya buku. Katanya ada, tapi sedikit. Saya berdiri dan periksa sendiri.

Ternyata buku mereka memang tidak banyak, dan hanya ada beberapa buku yang mengandung pelajaran, seperti buku pintar atau buku sains dan teknologi, dengan sedikit gambar di dalamnya. Tidak ada buku cerita yang bisa dibaca hanya untuk merasa senang membaca. Saya merasa sedih melihat semua anak SD di situ tidak punya buku jadi saya memutuskan untuk cari buku bagi mereka. Saya tulis di Facebook bahwa ada niat beli buku untuk anak yatim di panti, dan alhamdulillah ada beberapa teman yang mau ikut menyumbang agar bisa beli banyak. Terkumpul 3 juta dari beberapa orang.

Pada minggu kemarin, saya pergi ke Gramedia dan habiskan waktu 2 jam untuk memilih buku. Dianalisa dari sisi kualitas cerita, kualitas gambar dll. Jadi bukan sekedar beli, tapi mencari yang kira-kira paling menyenangkan untuk anak SD. Akhirnya dapat 70 buku dan masih ada sisa uang untuk beli lagi minggu depan insya Allah. Hari itu juga, semua buku diantarkan kepada anak2 di panti. Pada saat saya bilang ada kado buat mereka, dan keluarkan buku2nya dari kantong plastik, semua mata mereka terbuka lebar, dan mulutnya lebih lebar lagi. Sayangnya tidak difoto. Semuanya kelihatan kaget sekali, dan sangat senang.

Saya dapat bantuan dari 2 anak untuk menulis judul2nya (agar tidak beli yang sama nanti kalau beli lagi) dan setelah ditulis, langsung dibagikan. Saat itu juga, banyak anak mulai membaca buku sendiri, jadi suasana langsung menjadi ramai karena setiap anak baca buku yang berbeda dengan suara keras.

Sekarang mereka sudah bisa belajar untuk membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan, dan insya Allah proses membaca itu juga akan membuat mereka lebih cerdas. (Sudah ada banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa anak yang sering membaca menjadi lebih cerdas ketika dewasa). Jadi insya Allah semua anak ini akan menjadi terbiasa membaca, dan kebiasaan itu akan membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan mereka.

Sekarang ada niat baru: saya mau beli mainan untuk mereka. Mungkin bagi sebagian orang, mainan tidak begitu penting. Lebih utama uang makan dan sekolah. Tapi coba bayangkan, setelah pulang dari sekolah, mereka bisa melakukan apa? Duduk saja dan menatap tembok? Sebagai anak, mereka juga perlu waktu untuk bermain. Mungkin banyak orang tua di sini tidak tahu, tetapi penelitian sudah membuktikan bahwa anak yang diberikan mainan mendapatkan IQ yang 10 poin lebih tinggi daripada anak yang tidak dapat mainan sama sekali. Jadi mainan juga penting sekali untuk membentuk otak yang pintar.

Insya Allah dalam 1-2 minggu ini, saya akan kumpulkan sumbangan dari teman2 dan beli mainan yang banyak untuk mereka. Target sementara ini adalah untuk mencari 15 juta rupiah atau lebih, dan daftar mainan sudah dibuat karena saya sudah survei ke 4 toko mainan untuk membandingkan barang dan harga, dan masih ada toko lagi yang mau dicek. Saya mau beli mobil-mobilan, kereta api Thomas, balok Lego, boneka, bahan2 untuk membuat kerajinan tangan (seperti gelang atau kalung, untuk perempuan), dan sebagainya.

Kalau ada teman yang mau ikut menyumbang untuk beli mainan, silahkan hubungi saya di email seperti biasa (genenetto@gmail.com). Kita tidak perlu menjadi kaya dulu untuk membantu dan menghibur anak yatim pada saat ini. Anak yatim tidak hanya butuh uang makan dan sekolah, tapi buku dan mainan juga penting sekali untuk memperkuat dan menyenangkan hati mereka.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Turmidzi, Abu Daud)

245. Siapakah yang mau memberi PINJAMAN kepada Allah, pinjaman yang BAIK (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan MELIPAT GANDAKAN pembayaran kepadanya dengan LIPAT GANDA yang BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
(QS. Al-Baqarah 2:245)

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

 

 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...