Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

19 November, 2018

Diskusi Agama dengan Orang Buddha

Assalamu’alaikum wr.wb., Hari Minggu saya bertemu dengan orang Buddha dari Sri Lanka yang ingin belajar ttg Islam. Saya minta dia jelaskan agamanya, lalu saya jelaskan Islam kepadanya. Ketika dia jelaskan ajaran agama Buddha (tidak mencuri, tidak berbohong, tidak mencintai dunia ini, menahan hawa nafsu, tidak berzina, tidak menyakiti orang lain, dan seterusnya), saya senyum dan bilang, “Dalam Islam juga.”

Kami membahas apa mungkin Buddha seorang Nabi Allah, karena ajarannya mirip dengan isi Al-Qur’an dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Dia berusaha jelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW ambil ajaran agama Buddha dan kemasnya menjadi Islam! Tapi setahu saya, tidak ada orang Buddha di sekitar Nabi, jadi dari mana bisa belajar? Menurut saya, lebih logis kalau Buddha dan Nabi Muhammad SAW dapat ajaran agama dari Tuhan Yang Maha Esa, lalu agama Buddha diubah setelah Buddha wafat (hilang). Dalam Al-Qur’an, dikatakan Allah kirim seorang nabi terhadap setiap kaum, jadi mungkin Buddha seorang nabi. Tetapi ajaran setiap nabi diubah setelah dia wafat. Hanya Islam yg tetap mengikuti kebenaran Al-Qur’an yg tidak pernah berubah.

Sayangnya, dia tidak percaya ada “Tuhan”, atau surga dan neraka. Ada reinkarnasi, yaitu pernah dilahirkan ribuan kali. Disebabkan dosa atau kebaikan di masa lalu, “karma” akan memberikan kebaikan atau keburukan sekarang. Kalau menjadi manusia sempurna, akan mencapai “nirwana” dan berhenti hidup (menjadi tidak ada). Saya tanya, apa lebih enak penderitan hidup berakhir dgn menjadi “tidak ada” atau hidup secara kekal dalam kebahagiaan? Dia setuju lebih enak hidup kekal dalam kebahagiaan. Saya minta dia menggunakan pemikiran logis karena saya yakin Islam adalah agama logis, karena berasal dari Tuhan, jadi bagaimana dengan ajaran agama Buddha?

Dia jelaskan bahwa karma adalah sebuah kekuatan abadi. Saya tanya, “kekuatan” seperti gravitasi, daya tarik magnet, cinta, dll.? Katanya kurang lebih begitu. Saya bertanya: Kalau karma tidak diketahui asal usulnya dan “ada” secara abadi, apa karma punya “kesadaran”? Manusia punya kesadaran, tapi daya gravitasi atau batu tidak punya. Kalau karma tidak punya kesadaran, bagaimana karma bisa memutuskan antara baik dan buruk? Gravitasi tidak bisa.

Secara logis, hanya suatu zat atau mahluk dgn “kesadaran” bisa menentukan. Apa yang menjadi dasarnya bagi “karma” untuk menentukan A baik dan B buruk? Kalau karma tidak punya kesadaran, kenapa karma peduli pada perbuatan manusia? Bagaimana karma bisa “maha tahu” ttg apa yang dilalukan dalam ribuan kehidupan seseorang, tanpa kesadaraan, lalu memutuskan bahwa dia perlu dihukum? Bagaimana karma bisa “memantaunya”, tanpa kesadaran? Saya minta penjelasan logis.

Kalau dia percaya ada kesadaran pada suatu “kekuataan abadi”, yang maha tahu ttg masa lalu dan masa depan, yang menentukan benar dan salah, yg mengirim seorang pembawa berita untuk jelaskan kita akan dihukum kalau salah dan dapat kebaikan kalau benar, maka saya SETUJU. Bedanya, dia sebutkan “karma” dan orang Muslim sebutkan “Tuhan”. Dan sebaliknya, kalau kekuataan itu setara dgn gravitasi dan tidak punya kesadaran, maka bagaimana “kekuatan” itu bisa maha tahu ttg manusia, dan bisa menentukan benar dan salah? Dan kenapa karma peduli? Dan kenapa dia mau berserah diri kepada kekuatan itu, kalau “karma” tidak punya kesadaran? Dia mengaku bingung dan tidak bisa berikan jawaban logis.

Saya tanya, KALAU bisa “bicara dengan karma”, mohon ampun atas dosa masa lalu, dan mohon kebaikan untuk masa depan, apakah dia mau bicara dengan karma? Dia bilang MAU. Lebih enak diampuni dan tidak dihukum. Saya jelaskan, orang Muslim bisa “bicara dengan karma” tetapi kami sebutkan “Tuhan” dan Tuhan punya kesadaran untuk mendengarkan kami. Jadi kalau mau “bicara dengan karma” yg punya kesadsaran, maka bisa dengan menjadi Muslim. Tidak perlu tunduk pada “keputusan karma” (yg tidak punya kesadaran), dan malah boleh MENGUBAH keputusan tentang masa depan dengan berdoa kepada Tuhan (yang punya kesadaran). Mau pilih yang mana?

Semoga Allah membuka akalnya, dan memberikan petunjuk dan hidayah kepadanya, dan menolongnya untuk menemukan kebenaran dalam Islam. Amin.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

2 comments:

  1. Wa'alaikum salam wr wb.

    very nice, kereeen abis dah !!!

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  2. aamiin...keren Om Jin. saya juga sependapat, mungkin 'agama' Budha, Hindu, awalnya dibawa oleh Nabi utusan Allah, tapi diubah oleh kaumnya sepeninggal mereka. Seperti Nasrani dan Yahudi . . . wallahu'alam bish showab

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...