Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

13 November, 2018

Bagaimana Saya Bisa Shalat Lima Kali Per Hari?

Assalamu’alaikum. Melakukan shalat 5x per hari sangat mudah. Caranya: Jangan dipikirkan terus dan laksanakan saja. (Just Do It). Jika anda perlu toilet, apakah anda: A) mencari toilet? Atau B) mengabaikan perasaan perlu kencing itu berjam-jam? Kebanyakan orang akan mencari toilet ketika mereka membutuhkannya. Jadi, kalau anda bisa buang air kecil 5x per hari maka anda juga bisa shalat 5x per hari.

Allah membuat shalat 5 waktu itu wajib. Secara logis, hanya ada dua kemungkinan: A) shalat TIDAK penting dan Allah hanya mau buang waktu kita saja; atau B) shalat SANGAT PENTING dan itulah sebabnya Allah membuatnya wajib! Sepertinya tidak logis kalau Allah mau habiskan waktu kita tanpa alasan apapun. Jadi shalat harus dianggap sangat penting bagi kita, walaupun kita kurang paham kenapa.

Banyak pekerjaan punya aturan wajib. Dokter harus melakukan persiapan yang lengkap sebelum operasi. Bagaimana kalau persiapan itu merupakan "pilihan"? Apakah anda mau izinkan dokter lakukan operasi pada tubuh anda kalau dia terlalu malas untuk melakukan semua hal yang wajib itu? Ada sebuah pihak yang berkuasa yg memutuskan bahwa persiapan itu wajib. Para dokter harus taat pada aturan.

Pilot dapat aturan wajib. Mereka harus periksa banyak hal sebelum tinggal landas. Bagaimana kalau persiapan itu merupakan "pilihan"? Apakah anda mau izinkan pilot menerbangkan pesawat anda jika ia terlalu malas untuk melakukan semua hal yang wajib itu? Ada sebuah pihak yang berkuasa yg memutuskan bahwa persiapan itu wajib. Para pilot harus taat pada aturan.

Kalau dokter abaikan aturan wajib, pasien bisa jatuh sakit atau mati. Kalau pilot abaikan aturan wajib, pesawat bisa alami keadaan darurat, atau kecelakaan. Jadi, apa yang kira-kira terjadi kalau seorang Muslim abaikan Aturan Wajib dari Allah, terutama shalat 5 waktu? Allah juga merupakan "Pihak Yang Berkuasa" atas umat manusia, dan Dia membuat Aturan-Nya itu wajib karena suatu alasan!

Untuk dokter atau pilot, hal-hal buruk akan terjadi kalau mereka abaikan aturan yang wajib. Kalau orang Muslim abaikan shalat wajib, maka mungkin keimanannya akan menjadi "sakit" dan juga bisa alami "kecelakaan". Misalnya, kita terkena kanker, atau bercerai, atau dipecat dari pekerjaan kita. Kemudian, daripada berdoa kepada Allah, kita akan abaikan Dia karena keimanan kita "sakit", dan kita mungkin akan alami "kecelakaan" dengan menjadi depresi. Tapi kalau keimanan kita kuat dan sehat, maka kita akan berpegang teguh pada Allah dan mohon Bantuan-Nya untuk mengatasi semua masalah kita.

Kita harus pilih: TAATI Allah, atau ABAIKAN Allah. Dan kalau kita tidak taat kepada-Nya, dan abaikan shalat wajib 5x per hari, maka itu setara dengan mengatakan kita tidak mau buang waktu kita untuk berdoa kepada-Nya! Lalu, mungkin pada suatu hari, kita akan teriak, "Allah, tolong bantu aku!!" Bagaimana kalau Allah menjawab: "AKU TIDAK MAU BUANG WAKTU AKU UNTUK MENOLONG KAMU!" (Sama dengan sikap kita ketika kita tidak mau "buang waktu kita" untuk berdoa kepada Allah.)

Kita harus memilih hubungan yang kita inginkan dengan Allah. Apakah kita ingin menjadi hamba-Nya yang setia, yang mengikuti semua Aturan-Nya? Apakah kita mau lakukan shalat wajib 5x per hari agar Dia selalu memperhatikan kita? Atau apakah kita ingin taat kepada Allah hanya pada saat kita lagi peduli? Kita harus memilih sendiri. Namun, kalau kita tidak mau izinkan seorang dokter yang abaikan aturan wajib untuk lakukan operasi pada tubuh kita, dan tidak mau izinkan seorang pilot yang mengabaikan aturan wajib untuk menerbangkan pesawat kita, maka seharusnya kita juga tidak menjadi Muslim yang abaikan Aturan Wajib Allah. Jika kita abaikan Aturan Allah, maka keimanan kita akan menjadi "sakit" dan alami "kecelakaan", pas pada saat kita paling membutuhkan Allah!

Jika anda sulit melakukan shalat wajib 5 waktu, maka anda hanya perlu BERDOA KEPADA ALLAH DAN MOHON BANTUANNYA!!! Pakai kata sendiri, misalnya: "Allah, tolong bantu saya untuk shalat wajib 5x per hari dan menjadi seorang Muslim yang baik. Amin." Semudah itu saja. Allah tidak pernah mau berpaling dari kita. Hanya kita yang selalu berpaling dari Dia!

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. Wassalamu’alaikum.
Gene Netto

On Facebook:
English: How Can I Pray Five Times Per Day?
https://bit.ly/2DieB57
Bahasa Indonesia: Bagaimana Saya Bisa Shalat Lima Kali Per Hari?
https://bit.ly/2Dj57qc

On Blog:
English: How Can I Pray Five Times Per Day? 

https://bit.ly/2ODkYSI
Bahasa Indonesia: Bagaimana Saya Bisa Shalat Lima Kali Per Hari?
https://bit.ly/2OH2xwu

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...