Labels

alam (8) amal (101) anak (294) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (20) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (563) islam (544) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (98) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (41) muallaf (48) my books (2) orang tua (6) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (61) puasa (38) renungan (170) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (323) tanya-jawab (14) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

08 November, 2018

Nasib Anak Yatim, Di Negara Mayoritas Muslim

Assalamu’alaikum wr.wb., Hari ini saya diskusi dengan seorang teman. Dia ceritakan nasib 3 anak yatim yang dia kenal. Setelah bapaknya wafat, ibunya menikah lagi. Sayangnya, bapak tiri itu tidak mau terima 3 anak yatim yang bukan anak kandungnya. Jadi mereka ditempatkan di rumah saudara yang lain, seperti di rumah neneknya. Dan satu ditaruh di pesantren agar ada tempat tinggal. Tidak ada biaya hidup, tidak ada kepedulian yang dalam, dan kl sakit, teman saya yang harus mengurusnya.

Saya sudah sering dengar kisah2 seperti itu. Yang membuat saya heran adalah satu hal: Kok mau seorang ibu menikah dengan seorang pria yang tidak punya belas kasihan terhadap anak yatim? Kok bisa seorang janda mengatakan, “Iya, saya siap membuang anak saya, agar bisa menikah dengan anda!” Kalau saya seorang janda, dan Allah berikan amanah 3 anak yatim kepada saya, yang pahalanya luar biasa, lalu saya dilamar seorang pria tapi dia suruh saya usir ketiga anak yatim itu, maka saya akan mengusir pria itu dengan tegas.

Saya kurang paham kenapa banyak bapak dan ibu Muslim bisa “membuang” anaknya di negara ini. Apalagi anak itu yatim! Mau marah, mau sedih, mau protes pada pemerintah, semuanya tidak bermanfaat. Seharusnya pemerintah yg menjaga, mengawasi dan menolong semua anak yatim di sini, untuk jamin ada bantuan yang layak bagi mereka (dari uang pajak kita). Tapi malah sebaliknya, anak yatim harus cari tempat tinggal dan nafkah hidup sendiri, tanpa pengawasan atau kepedulian dari pemerintah.

Saya mau banggakan umat Islam kepada seorang muallaf asal Amerika, yang baru dua minggu masuk Islam di sini bersama saya. Malah saya terpaksa mengatakan kepadanya, “Jangan menilai Islam dari perilaku orang Muslim di sini ya! Tidak ada hubungannya! Yang diajarkan oleh Islam, jangan berharap bisa ditemukan di sini. Hanya menjadi ‘teori’ saja. Memang ada sedikit yang menjalankan, tapi mayoritas tidak!”

Semoga suatu hari negara ini akan dipimpin oleh orang Muslim yang beriman dan bertakwa, yang selalu sibuk berjuang di jalan Allah, daripada berjuang di jalan korupsi, partai dan kekuasaan bagi kalangan elit! Kalau pemimpin Muslim di sini menjalankan amanah dengan benar, Indonesia bisa menjadi pemimpin dunia. Tapi saya tidak tahu kapan umat Islam akan bangun dari dunia mimpi, dan mencari pemimpin seperti itu.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...