Labels

alam (8) amal (101) anak (294) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (20) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (563) islam (544) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (98) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (41) muallaf (48) my books (2) orang tua (6) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (61) puasa (38) renungan (170) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (323) tanya-jawab (14) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

27 June, 2019

Guru Pesantren Hancurkan Belasan Ponsel Murid dengan Palu

Pertanyaan saya: Berapa banyak siswa yang simpan aplikasi Al-Quran, Mpeg3 murrotal Al-Quran, Aplikasi Hadiths, dan link ke website ilmu agama Islam yang sering diakses, dalam puluhan HP yang dihancurkan itu? Guru pesantren teriak "Allahu Akbar" lalu hancurkan HP berisi aplikasi Al Quran? Menurut saya, ini memberikan pelajaran yang jelas kepada siswa. Pelajarannya begini:

"Tempat ini milik saya, bukan milik kita bersama. Anda tidak punya kepemilikan apapun di lokasi ini. Anda hanya diizinkan melintas saja, dan saya tetap berkuasa penuh. Saya membuat semua aturan. Anda dilarang punya pendapat yang berbeda ttg aturan itu. Saya melarang HP. Saya menilai jelek. Saya tidak peduli kalau ada manfaatnya. Saya berkuasa. Anda orang yang lemah. Saya melihat pelanggaran. Saya menyelesaikan dengan gunakan kekerasan dan menghancurkan barang berharga. Saya tidak peduli orang tua anda hemat uang berapa lama untuk beli HP bagi anda, agar anda bisa dengarkan murrotal Al Quran di HP. Saya yang berkuasa. Saya tidak perlu mendidik. Diam dan taat saja! Anda lemah dan tidak punya kekuasaan. Saya mau merusak. Kalau anda tidak suka, pergi saja!"

Bagi saya, kejadian ini bukan bagian dari "pendidikan" tapi malah merusak sistem pendidikan, dan berikan pelajaran yang sangat buruk kepada siswa ini. Ketika siswa itu menjadi dewasa, dan berkuasa di suatu tempat (sekolah, kantor, masjid, komunitas), mereka akan ingat pelajaran ini dan berbuat yang sama terhadap orang lemah di bawah kekuasaan mereka. Kalau sudah berkuasa, buat apa peduli pada kemauan dan haknya orang di bawah? Boleh merusak dan menghancurkan semaunya saya mereka sudah berkuasa! Merusak HP merupakan suatu pilihan. Bukan suatu keharusan. Dan pilihan itu malah merusak cara berpikir siswa karena berikan pelajaran yang buruk ttg kekuasaan.
-Gene Netto

VIDEO: Guru Hancurkan Belasan Ponsel Murid dengan Palu
Senin, 24 Juni 2019 Beredar video guru di sebuah pesantren 'marah' saat mengetahui banyak santri membawa ponsel (smartphone). Dari rekaman tersebut, ada belasan ponsel di jejerkan di sebuah meja. Guru yang marah lantas mengambil palu dan memukul belasan ponsel tersebut. Tribun Medan masih mencari tahu di mana lokasi kejadian.
https://jateng.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...