Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

24 June, 2019

Kalau Acara Muallaf Masuk Tivi, Yang Murtad Juga Boleh?

KPI melarang acara orang pindah agama disiarkan di tivi. Menurut saya itu berlebihan, dan tidak masuk akal kalau video acara itu bisa diakses secara bebas di internet dan HP. Tapi kalau acara muallaf boleh, apa acara murtad juga boleh? Menurut saya, boleh. Tidak jadi masalah.

Saya berpengalaman diskusi dgn orang yang murtad dari Islam menjadi Kristen atau ateis. Kebanyakan dari mereka, terutama yg pindah ke Kristen, tidak bisa dibantu. Mereka lebih utamakan perasaan, emosi, dan hati. Contohnya, satu orang murtad yg diskusi dgn saya dan setuju tidak ada yang tahu siapa yang menulis Alkitab, atau apakah orang2 itu pernah bertemu Yesus, atau apakah kata2 Yesus dalam bahasa Aram (Aramaic) diterjemahkan ke bahasa Yunani dgn benar, atau apa kata2 itu memang berasal dari Yesus. Sebaliknya, dia juga setuju bahwa Al Qur'an masih murni dalam bahasa Arab, langsung dari Nabi Muhammad SAW, langsung dari Allah.

Dia setuju bahwa apa yang dilakukan orang Kristen di Gereja tidak dicontohkan oleh Yesus. Dia setuju Yesus tidak pernah masuk Gereja pada hari Minggu untuk baca Alkitab dalam bahasa Indonesia, dan menghadapi sebuah salib untuk berdoa kepada Yesus. Sebaliknya, dia setuju bahwa orang Muslim melakukan shalat dalam bahasa Arab, di masjid, berdoa kepada Allah, karena dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Setelah membahas bedanya ajaran Islam dan Kristen, dia membuat kesimpulan: Dia bermimpi lihat salib, dan ada pacar Kristen, dan semua agama sama saja, dan semua orang "baik" pasti masuk surga, jadi bukan masalah kalau menjadi Kristen!! Tidak penting asal usulnya ajaran agama itu. Yang penting merasa bahagia. Jawaban saya: Silahkan saja!!

Kenapa kita harus menolak kalau orang seperti itu ingin tampil di tivi sebagai orang yang murtad? Saya malah senang kalau anak Muslim bisa menyaksikan, dan menyadari betapa besarnya nikmat hidayah dari Allah SWT yang memungkinkan mereka menjadi anak Muslim yang saleh, rajin shalat, baca Al Qur'an, puasa di bulan Ramahdan, dll. KARENA dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Saya sudah bahas Islam dgn ribuan muallaf. Tapi yang murtad bisa dihitung dengan jari tangan karena begitu sedikit.

Kalau ada acara muallaf di tivi, mungkin ada 1000 sampai 3000 orang setiap bulan yg terlihat masuk Islam. Mereka bisa jelaskan kenapa mau terima kebenaran Islam yang logis dan jelas. Dan kalau orang Kristen mau bikin acara 3 orang murtad karena mimpi melihat salib dan ada pacar Kristen, dan mereka tidak peduli siapa yang menulis Alkitab, dan tidak peduli Yesus melakukan apa, karena orang baik pasti masuk surga, menurut saya bukan masalah. Silahkan. Biarkan rakyat Indonesia melihat kedua acara itu di tivi. Dan semoga membangun wawasan yang luas dan sikap dewasa dalam membahas perbedaan agama. Itu lebih baik dari kondisi sekarang: membahas agama lain, terancam masuk penjara!
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...