Tuesday, December 17, 2019

Banyak Situs Muslim Di Negara Barat Kurang Berkualitas

Saya baru selesai kerja berjam2 hari ini, kirim info buku saya ke lembaga dan organisasi Islam, Islamic center, universitas, perkumpulan Muslim, dan masjid besar. Di Amerika, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Uni Eropa, Perancis, Belgia, Jerman, Itali, dan lain-lain. Mungkin totalnya 80-100 lembaga.

Dan sama seperti kemarin, ada banyak kesulitan hubungi mereka. Situsnya error, tidak bisa kirim pesan, atau alamat email salah, jadi setelah dikirim dapat pesan emailnya tidak bisa sampai. Ada banyak sekali website dengan info kontak terbatas, seperti alamat, nomor telfon lokal, dan NOMOR FAX! Baru tahu fax masih berlaku di negara2 barat. Haha. Di sini saja saya tidak pernah melihat orang memakainya. Jangan2 nomor faxnya juga mati. Dan ada banyak sekali akun Facebook untuk komunitas Muslim, tapi post terbaru? Tahun 2012 atau 2015.

Saya merasa sedih melihat hal ini. Kesimpulan sekilas saja, umat Islam di manca negara terkesan cukup gaptek, dan tidak manfaatnya internet dan media sosial untuk berdakwah. Ada post di sebuah facebook atau situs ttg acara "buka puasa bersama bulan Ramadhan tahun 2015". Tapi tidak ada penjelasan ttg agama Islam, atau info ttg apa yang mesti dilakukan seorang warga lokal yang ingin bertanya tentang Islam. Jadi tujuan utama banyak situs sepertinya internal saja utk umat Islam, dan mereka tidak memikirkan orang di luar Islam yang mau cari komunitas Muslim untuk mengenalnya lebih dalam sambil belajar agama Islam.

Kasihan orang non-Muslim. Kalau mau bertanya, belum tentu bisa dapat bantuan dari Muslim yang dekat. Padahal medsos dan internet seharusnya membuat tugas belajar tentang Islam menjadi sangat mudah sekali. Semoga bermanfaat sebagai renungan bagi kita semua.
-Gene Netto 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...