09 November, 2020

Kenapa Terkesan Gene Netto Berikan Pendapat Negatif Terus?

[Komentar]: Terlihat penilaiannya monoton negatif. Katakan dakwah, akan tetapi sampai skrg tdk ada dakwah di postingan itu.

[Gene]: Ibu sudah bicara dengan berapa banyak orang yang masuk Islam? Saya ribuan. SEMUA orang itu, tanpa pengecualian, masuk Islam karena dua hal saja. 1) Mau menikah, dan tidak begitu peduli pada Islam (mayoritas di Indonesia). 2) Baca Al Quran, belajar ttg Islam, merasa ajaran Islam benar, masuk akal dan berasal dari Tuhan yang Maha Esa, jadi harus masuk Islam.

Yang menyatakan, "Saya terpesona dengan umat Islam setelah tinggal di tengah Muslim di Indonesia" adalah NOL PERSEN. Dari ribuan orang. Nol. Yang kagumi umat Islam 100% orang Muslim saja. Bukan yang menjadi muallaf, dan bukan non-Muslim yang memandang dari luar. Bisa dipahami? Kesan umum tentang kita di seluruh dunia, dan di sini juga, di mata banyak orang lain adalah NEGATIF. Kenapa? Karena banyak sekali Muslim sibuk memuji diri sendiri dan kebakaran jenggot kalau dikasih tahu umat Islam buruk di mata orang lain.

Saya berusaha sadarkan karena saya punya pengalaman yang insya Allah cukup luas, dan punya pandangan, pendidikan, dan wawasan yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Tetapi daripada berusaha introspeksi, banyak orang suruh saya diam, atau suruh saya puji umat Islam saja. Silahkan berpikir sendiri. Mau introspeksi? Atau mau dipuji terus?

Sudah ribuan kali saya post ayat, hadits, tafsir, berita ttg Islam, dll. dan semua post itu selalu sepi komentar, tidak dishare, dan tidak dibaca kebanyakan orang (ada data Facebook). Yang menjadi ramai hanya dua: 1) Post ttg Jokowi, yang menimbulkan keributan. 2) Post saya yang jelaskan ada masalah di umat Islam, atau bahas sebuah kontroversi, lalu ada keributan dan banyak hujatan terhadap saya. Selain itu sepi. Hampir semua post saya ttg pendidikan, kekerasan terhadap anak, lingkungan, parenting, kesehatan, hukum Islam, tafsir, pertanyaan agama, sejarah, bahasa, hukum, Indonesia, pemerintah, politik dunia, dll. selalu sepi, tidak dibaca, tidak dikomentari, dan tidak dishare.

Banyak orang Muslim terkesan tidak suka berpikir, tidak suka pendapat yang berbeda, tidak mau introspeksi, tidak mau berubah, dan berharap dipuji agar bisa merasa puas dgn diri sendiri. Mereka tidak merasa harus ikut berperan dalam memperbaiki kualitas dari umat Islam. Saya mau angkat cermin agar umat Islam bisa lihat diri sendiri. Kalau anda tidak mau lihat umat kita, dan tidak mau memahami apa yang "sakit" sehingga kita bisa "mengobatinya", maka tidak perlu ikuti apa yang saya usahakan di sini. Akan terasa terlalu berat. Silahkan nonton tivi saja dan biarkan saya kerja.
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...