Thursday, July 11, 2019

Jokowi Suruh Guru Mendidik Anak Untuk Era Digital, Guru Malah Hancurkan HP!

Presiden dan wapres berpidato tentang pentingnya dunia digital. Katanya siswa bisa "belajar dari mana-mana". Katanya guru harus siap berpikir tentang dunia di luar kelas, dan mendidik siswa agar mereka tidak salah hadapi dunia digital tanpa binaan gurunya. Google dan Wikipedia dikatakan alat penting dalam pencarian ilmu. Tapi harus didampingi oleh guru, agar siswa bisa belajar dengan benar, dan bukan dibiarkan cari tahu sendiri di luar waktu sekolah.

Reaksi guru pesantren: "Kami akan hancurkan HP! Siswa dilarang gunakan teknologi untuk akses informasi di luar pesantren! Teknologi berbahaya! Siswa tidak perlu belajar. Guru tidak perlu mendidik. Yang penting duduk dan ngaji saja! Zaman dulu cukup, sekarang juga cukup."

Bagaimana Indonesia mau bangkit dan menjadi pemimpin dunia, kalau para ahli agama takut hadapi dunia digital? Siswa perlu GURU untuk membinanya dalam mendalami suatu ilmu baru. Tapi di pesantren dan banyak sekolah, teknologi dianggap perusak saja. Ilmu dan pembinaan dari guru nol. Siswa harus belajar sendiri, nanti. Dan kalau jadi salah, guru angkat tangan, dan merasa tidak bertanggung jawab.
-Gene Netto

Pemusnahan Ratusan Ponsel Siswa di Jombang, HP Dipukul-pukul Pakai Palu Sampai Hancur
https://jabar.tribunnews.com

Di Kongres PGRI, Jokowi Ingatkan Tugas Guru di Era Digital
"‎Ruang kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Hati-hati sekarang sudah bergerak kemana-mana. Sekali lagi, ruang kelas bukanlah satu-satunya tempat belajar," kata Jokowi. "Dunia virtual adalah kampus, kita bisa ‎belajar dari sana. Google adalah perpustakaan kita, bisa menjadi perpustakaan kita. Wikipedia adalah ensiklopedia kita, bisa cari apa saja dan masih banyak media digital lainnya," kata Jokowi.
https://tirto.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...