Labels

alam (8) amal (101) anak (294) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (20) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (563) islam (544) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (98) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (41) muallaf (48) my books (2) orang tua (6) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (61) puasa (38) renungan (170) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (323) tanya-jawab (14) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

06 April, 2009

Kompetisi Iklan Politik Terbaik

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Setelah melihat begitu banyak iklan politik di tivi selama masa kampanye ini, ternyata ada banyak yang tidak begitu bermutu. Kemarin saya lihat iklan ini untuk pertama kali, dan langsung merasa bahwa ini sudah menjadi salah satu iklan politik yang terbaik selama masa kampanye ini. Lihat iklannya di You Tube.

Dalam hampir semua iklan yang ada, satu tokoh dimajukan dan diutamakan, seakan-akan kalau kita berfokus pada diri dia (Megawati, Prabowo, Yusuf Kalla, Wiranto, dll.) maka semua persoalan bangsa akan selesai. Tetapi di iklan yang ini, walaupun saya kira masih bisa lebih bagus lagi, ada fokus terhadap DPR yang belum bersih sebagai landasan dari sebagian besar masalah bangsa. Gambar-gambarnya cukup tepat dan musiknya juga. Makanya saya anggap salah satu iklan terbaik selama ini.

Saya jadi berfikir, kenapa tidak dibuat semacam kompetisi untuk memilih iklan politik terbaik. Yang menjadi juri adalah pengamat politik dan wartawan atau dosen, dll. Lalu, mereka bisa tayangkan dan bahas baik-buruknya setiap iklan dari berbagai sisi. Setelah itu, mereka bisa memilih iklan yang dianggap terbaik (perlu ditentukan syarat2nya), dan memberikan penghargaan. Dengan demikan, Production House dan partai politik akan mendapat dorongan untuk menciptakan iklan politik yang berkualitas (untuk pemilihan mendatang).

Hanya sebuah ide saja.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

2 comments:

  1. maksudnya iklan pks kan om.., ic
    yang bikin rata2 iklan PKS, mas ipang wahid, konsultan komunikasi politik yang punya PH jg, padahal beliau keponakannya Gusdur..tuh

    Iklan2 yg 'menggelitik'nya pernah bikin panas kubu lawan.
    Kalau dia yang bikin sih saya pasti kasih applaus..terus. Pakarnya tuh:)

    Kebanyakan iklan politik seperti 'daur ulang' janji politik ,setiap Pemilu di indonesia
    belum tingkat kenarsisan tokoh politik yang semaKin tinggi dalam TVC
    Budget iklan yang milyaran???
    apalagi kalau sampai bisa beli 'jam tayang' ehmm.

    kalau bahasa iklan: menjual kepalsuan, membeli penipu, demi sebuah citra, itulah bahasa iklan.

    saya emang mengamati iklan tersebut: hanya 2 partai yg beriklannya lumayan bagus.
    tapi kalau partai2 besar..jujur sangat memuakkan!
    semuanya terlalu berlebihan..., dan terlau membuaiii rakyat. Ya semoga penontonnya cerdas2 lha.
    engga perlu kompetisi, toh rakyat sekarang semakin banyak yg berpikir kritis

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaiku.Wr.Wb.

    Yup, setuju...itu iklan yg terbaik.

    Semoga saja PKS bisa mewujudkan DPR yang bersih. ( bukan pesimis tapi realistis...tetep..PKS gak bisa berkutik menghadapi sistem yang mencekik )

    Wassalam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...