Tuesday, October 29, 2019

Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan?

Pak Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan. Orang dgn MBA dari Harvard menjadi Menteri Pendidikan. Orang yang punya harta lebih dari 1 triliun menjadi Menteri Pendidikan. Bagus atau tidak? Mungkin banyak yang senang. Orang berusia 35 tahun menjadi menteri. Bisa membantu Indonesia maju. Apa benar? Mungkin iya, mungkin tidak. Indonesia adalah negara yang sangat besar dan luas. Masalah paling besar di sini sulit ditentukan karena bukan satu hal saja, tapi ada daftar panjang masalah yang serius. Kalau satu diperbaiki, masih ada beberapa yang lain yang juga merupakan hambatan besar.

Dana untuk fasilitas sekolah tidak pernah cukup. Banyak sekolah rusak. Banyak sekolah tidak punya perpustakaan, atau bukunya sedikit. Ada sekolah yang kepenuhan siswa, tapi jumlah guru sedikit. Ada sekolah yang sepi, tapi penuh guru. Ada sekolah di lokasi yang buruk (banjir, tanah longsor). Ada korupsi di semua tingkat dan jaringan pendidikan. Gaji guru rendah. Gaji guru sering disunat atau dibayar telat. Separuh dari guru hanya honorer. Dari 3 juta guru, hanya 1,5 juta yang kuliah 4 tahun (Sarjana Pendidikan). Kualitas guru cukup rendah. Dan banyak yang lain.

Apa solusinya adalah pemuda yang kaya yang punya MBA dari Harvard? Ketika masuk kemdikbud, akan dikelilingi oleh pejabat2 yang ingin cepat kaya sebelum pensiun. Dikasih menteri yang suka teknologi? Kesempatan nih! Jangan heran kalau tiba2 ada proyek IT utk sekolah, proyek pengadaan laptop, proyek perubahan kurikulum, proyek buku teks digital, proyek ujian berbasis IT, dan proyek2 yang lain. Staf di kemdikbud dapat kesempatan jual proyek teknologi yang mahal lewat seorang menteri yang dukung teknologi..

Untuk memperbaiki Indonesia cukup sulit. Masalahnya banyak dan luas, jadi perlu orang yang mengerti situasinya secara lengkap. Di dunia pendidikan, saya belum pernah melihat Pak Nadiem Makarim menulis apapun tentang pendidikan, atau melakukan kajian, atau komentari riset terbaru. Islam mengajarkan, segala sesuatu akan rusak kalau diserahkan kepada yang bukan ahlinya. Seharusnya rakyat Indonesia bertanya sekarang, "Apa keahlian Pak Nadiem di bidang pendidikan?" Dan apa yang dorong Jokowi untuk pasang orang yang tidak mengerti bidang yang sangat penting itu di posisi menteri pendidikan?
-Gene Netto 

Ini Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf
Rabu 23 Oktober 2019, Andhika Prasetia - detikNews
22. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Nadiem Makarim

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...