Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

09 April, 2015

Mohon Buka Tirai Di Kelas Anak Sekolah!



Saya kunjungi beberapa SD karena teman saya sedang mencari sekolah baru, yang gurunya lebih ramah, karena anaknya trauma di sekolah yg sekarang. Saya ikut karena dia minta pendapat saya ttg setiap tempat yang dikunjungi.

Di sebuah SD, saya dapat kelas yang gelap dan lampu nyala karena tirai ditutup. Di sekolah yang kedua, saya dapat kelas yang gelap dan lampu nyala karena tirai ditutup. Di sekolah yang ketiga, saya dapat kelas yang gelap dan lampu nyala karena tirai ditutup. Saya mulai berpikir, kl saya kunjungi 100 sekolah dasar, berapa persen dari kelas itu akan ditemukan dalam kondisi gelap karena tirai ditutup sepanjang hari?

Saya ingat sebuah sekolah yg dulu dikunjungi, yg punya kelas sangat gelap seperti gua. Saya jadi kaget dan cek jendela. Mereka tidak pakai tirai, tapi pasang PAPAN di atas jendela.

Di beberapa sekolah, saya pernah tanya kenapa jendela selalu ditutup, dan selalu dapat jawaban yang sama: nanti siswa akan lihat keluar dan tidak akan fokus pada papan tulis dan guru. Jadi? Solusinya adalah tutup jendela sepanjang hari? Anak kecil tidak butuh cayaha? Kenapa tidak bikin sekolah di bawah tanah saja kl begitu?

Ini menjadi bukti atas satu hal: guru2 di semua sekolah ini belum punya “ilmu pendidikan” yang sangat dasar. Salah satu tugas utama bagi seorang guru adalah segera belajar bagaimana caranya membuat siswa fokus ke depan. Dan kl sewaktu2 mereka fokus ke luar, so what gitu lho? Bumi masih berputar. Tidak menjadi kiamat kl bbrp siswa pandang ke suatu keramaian yg terjadi di luar jendela. Dan guru yang baik dan profesional sudah tahu caranya ajak siswa utk abaikan apa yang terjadi di luar, dan kembali fokus pada tugas.

Jadi kl banyak guru tidak bisa, itu buktinya ilmu pendidikan mereka minimal. Bagaimana kl polisi bilang “sulit membuktikan tersangka bersalah” jadi sebagai solusi, semua tersangka yg ditangkap disiksa sampai mengaku? Apa itu solusi? Atau bukti polisi spt itu tidak punya “ilmu penyelidikan” yang benar?

Siswa Indonesia bukan robot. Dan sebagai anak manusia, mereka butuh CAHAYA ALAMI DARI MATAHARI. Alangkah baiknya kl semua guru mau buka tirai di semua kelas, dan belajar untuk mengatur siswa dgn ilmu pendidikan, bukan dgn tutupi pandangan mereka dan hilangan cahaya alami. Dan kl tidak bisa, kenapa tidak pasang kaca mata kuda di kepala siswa saja agar lebih mudah membuat mereka fokus ke depan?
Wassalam,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...